Andena Hirma Putri : Mahasiswi Unpad, Finalis Nasional Wirausaha Muda Mandiri



Siapa tidak kenal batik? Setelah ada pengakuan dari UNESCO, batik menjadi budaya Indonesia yang sangat membanggakan. Corak baju yang satu ini sangat digemari dan digunakan untuk acara resmi atau pun acara santai Belakangan ini corak batik makin berkembang, tidak hanya terpaku oleh pakem tradisional. Salah satu entrepreneur muda yang melakukan inovasi corak batik modern adalah Andena Hirma Putri. Mahasiswi Fakultas Peternakan Unpad tahun 2009.
Berani memulai, ambil peluang dan tidak takut pada sebuah kegagalan karena kegagalan merupakan bagian dari proses pembelajaran, adalah prinsip yang dipegang oleh Andena. Dan itu menghantarkannya sebagai salah satu perwakilan Jawa Barat menjadi Finalis Nasional Wirausaha Muda Mandiri bidang kreatif yang diselenggarakan oleh Bank Mandiri. Entrepreneur muda yang bergerak di bidang fashion khususnya batik ini menamakan produk usahanya, Andena Batik.
Tidak hanya baju, produk yang dihasilkan Andena juga tas, sepatu, wedges hingga dompet. Dengan kreatifitas yang dimiliki Andena, warna-warna batik yang cenderung gelap dirubahnya menjadi warna terang seperti orange, pink, merah dan hijau. Corak batiknya pun diperbaharui tanpa menghilangkan sisi budaya Indonesia yang harus dilestarikan. Yang patut di banggakan adalah, Andena memasukkan alur sebuah cerita di corak batiknya. Seperti cerita dari daerah Jawa Barat, cerita mengenai Sangkuriang, kesenian Tari Jaipong bahkan sejarah Bandung Lautan Api di torehkannya di produk Andena Batik.
Kesuksesan Andena menjadi Finalis Wirausaha Muda, tidak menjadikannya lupa akan tugasnya sebagai seorang pelajar. Dia sadar jika pendidikan merupakan hal yang utama. Oleh karenanya, manajemen waktu merupakan hal yang sangat penting bagi dirinya dan para mahasiswa yang ingin terjun ke dunia usaha. Intinya adalah membagi waktu dengan baik. Harapan ke depannya, seperti yang diungkapkan Andena di website Unpad, dia ingin mempunyai galeri batik nusantara. Dia berharap galeri itu merupakan pusat batik nusantara khas Andena Batik, dengan warna-warna anak muda dan motif yang tidak meninggalkan sisi dari kebudayaan bangsa.

1 comment:

  1. Assalamualaikum.wr.wb.. boleh ga saya minta contact person teh andena hirma puteri? Terimakasih mohon konfirmasinya.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}