Buang Racun dalam Tubuh Menggunakan Detox Juice dan Detox Water




Siapa yang tidak ingin memiliki tubuh yang sehat dan kuat? Tentu saja setiap orang mau memiliki tubuh yang sehat, kuat dan bisa berumur panjang. Berbagai cara dilakukan orang untuk itu, mengkonsumsi makanan sehat, rajin berolahraga dan lain sebagainya. Tapi apakah dengan semua itu dapat menjamin tubuh kita sehat?
Kita hidup di tengah jaman yang penuh dengan polusi. Makanan yang terdapat bahan pengawet di dalamnya pun masih sering kita jumpai. Polusi dan bahan pengawet makanan merupakan racun di tubuh kita. Tidak semua racun yang ada di dalam tubuh kita dapat langsung bisa dikeluarkan. Metabolisme setiap orang berbeda. Untuk mengeluarkan racun yang telah terlanjur masuk dan ada di dalam tubuh, salah satu caranya kita dapat menggunakan cara detox.
Detoxification atau yang disingkat detox adalah sistem pembersihan secara natural, proses pembersihan dan pembasmian racun dalam tubuh. Racun-racun yang dapat membahayakan tubuh ini dikeluarkan melalui keringat, air seni dan tinja. Bermacam-macam detox yang kita kenal. Diantaranya detox water dan detox juice.
Untuk membuat detox juice dan mendapatkan manfaat yang maksimal, kita harus memperhatikan cara-caranya. Seperti yang tertera di buku yang berjudul Detox Juice karya Greiche Dian. Di dalamnya terdapat 40 resep detox juice, dipaparkan dengan jelas oleh lulusan Teknologi Industri Pertanian IPB  ini. Yang harus diperhatikan untuk membuat jus adalah :
1.      Pilihlah buah atau sayur yang masih segar. Karena di dalam buah dan sayur yang segar kandungan zat gizinya masih lengkap.
2.      Gunakan penghalus buah atau sayur yang masih menyisakan ampas. Serat yang tersisa pada sayur dan buah dapat berguna untuk tubuh.
3.      Ketika hendak mengkonsumsi jus, hendaknya jangan langsung ditelan. Tapi disimpan dahulu sebentar di dalam mulut, lalu dikunyah. Ini dilakukan untuk merangsang keluarnya enzim pencernaan sehingga makanan dapat lebih mudah dicerna.
4.      Hindari menambahkan gula pada jus. Karena kandungan gula di dalam buah sudah cukup tinggi. Terlalu banyak gula juga dapat merugikan tubuh. Untuk menyiasati pemakaian gula pada jus, kita dapat menambahkan madu. Atau kita memilih buah yang manis untuk dibuat jus.
5.      Disamping mengkonsumsi jus, dapat didampingi juga dengan memakan potongan buah segar. Karena kandungan seratnya masih banyak. Potongan buah sangat berguna terutama untuk anak-anak yang membutuhkan banyak serat.
6.      Setelah selesai membuat jus, segeralah diminum. Jangan biarkan jus terlalu lama disimpan di dalam lemari es. Karena kandungan gizi dan vitaminnya akan berkurang
Sedangkan mengenai detox water, kita dapat mempelajarinya lebih dalam di buku berjudul Detox Water karya Drg. Deasy Rosalina. Dokter gigi lulusan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia tahun 2006 yang sekarang menetap di Gyeongsan, Korea Selatan. Di buku itu, dia mengupas secara tuntas 50 resep detox water. Bagaimana menyiasati penggunaan air untuk dijadikan bahan detoksifikasi. Takaran yang sesuai dan merubah rasa air agar tidak membosankan bagi penggunanya.
Kita banyak menemukan bahan untuk membuat detox di sekitar kita, tidak perlu yang mahal-mahal. Jadi tunggu apa lagi? Mari kita buang racun yang ada di tubuh kita dengan detox. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}