Indahnya Berbagi Ilmu dan Bermanfaat untuk Orang lain



Alangkah indahnya, jika semua orang yang telah mendapatkan sebuah ilmu lalu bisa  disebarkannya kepada orang lain. Seperti yang dikatakan oleh Wempy Dyocta Koto, pendiri dan CEO Wardour and Oxford, perusahaan yang bergerak di bidang konsultan pengembangan bisnis international, bahwa cycle of knowledge harus terus berputar. Kita harus bisa terus bermanfaat bagi orang lain.
Secara umum, kita mengetahui jika ilmu dapat disebarkan hanya oleh orang-orang tertentu saja. Guru misalnya, dengan pengetahuan yang diperolehnya, bisa menyebarkan ilmunya kepada murid-murid. Tapi apakah hanya tugas seorang guru untuk menyebarkan ilmu? Tentu saja tidak, semua orang bisa melakukannya.
Berbagai cara dapat kita lakukan untuk menyebarkan ilmu kita agar bisa bermanfaat bagi orang lain. Dengan cara berbincang-bincang, saling menasehati kepada sesama teman, juga salah satu cara untuk bisa menyebarkan ilmu. Atau melalui media sosial, dengan pertemanan di dunia maya, kita dapat membuat status yang bermanfaat dan tidak mengharuskan kita untuk selalu berada di satu tempat untuk berbagi ilmu.
Lihat saja, Indari Mastuti penyandang Perempuan Inspiratif Nova (2010), Perempuan Inspiratif Indonesia Majalah Kartini (2012), Finalis Wanita Wirausaha Femina (2012), Juara 3 Kartini Awards (2012), Juara 1 Sekar Womenpreneur (2012) dan masih banyak lagi penghargaannya, mempunyai kegiatan membagi ilmunya dari rumah. Wanita yang memutuskan untuk meninggalkan hingar bingar dunia karier dan memutuskan untuk berumah tangga, melahirkan ide untuk membangun bisnis dari rumah. Dengan ilmu yang dimilikinya, Indari membangun sebuah komunitas perempuan. Di komunitas ini, hampir setiap hari atau bisa dibilang setiap saat, Indari membagikan semua ilmunya kepada anggota komunitas. Melalui system online, kegiatan berbagi ilmunya tidak hanya dapat dinikmati oleh orang sekelilingnya, tapi bagi setiap orang di penjuru dunia bisa merasakan manfaat dari ilmu yang diberikan oleh Indari Mastuti.
Wempy Dyocta Koto dan Indari Mastuti adalah contoh dari orang-orang yang selalu bersemangat untuk berbagi ilmu. Wempy bahkan mengatakan, bahwa jika suatu saat dia mati, dia ingin semua ilmu yang disebarluaskan dan manfaat dari semua itu dapat berumur lebih panjang dari umurnya. Sangat mulia. Bagaimana dengan kita? Sudahkah kita berbagi ilmu dan bermanfaat buat orang lain ?


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}