Manajemen Waktu Berkat ODOA



Kegiatan menulis pada awalnya bagi saya hanya sebagai kegiatan menyalurkan hobi. Sebagai ibu rumah tangga, yang sebagian besar waktunya ada di rumah. Untuk menopang hobi itu, saya mulai bergabung dengan komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis. Disana ternyata saya bisa mendapatkan ilmu yang banyak sekali. Tidak hanya sekedar ilmu tentang kepenulisan tapi seluk-beluk ibu rumah tangga bisa dibahas di komunitas tersebut.
Dari komunitas itu pula, saya mendapatkan pencerahan. Dari hobi yang kita miliki, kita bisa mendapatkan penghasilan. Seorang ibu rumah tangga ternyata bisa menghasilkan uang dari dalam rumah. Di IIDN, ibu-ibu yang bergabung disana, diarahkan bagaimana menulis dengan baik dan menjadikan tulisannya sebagai bisnis. ODOA adalah salah satu sarana untuk belajar menulis. One Day One Artikel mengajak para pesertanya untuk terus menghasilkan tulisan setiap hari. Karena pada prinsipnya, orang akan semakin bagus tulisannya jika sering berlatih.
Sebagai ibu rumah tangga, ODOA merupakan pekerjaan tambahan selain pekerjaan rumah tangga. Untuk bisa mencapainya, kita harus bisa pandai-pandai mengatur waktu. Pekerjaan rumah, mengurus anak dan suami tidak boleh ditinggalkan. Setiap orang memiliki waktu yang sama, 24 jam. Tapi tidak setiap orang bisa memanajemen waktu dengan baik. Pertama kali ketika saya mengikuti ODOA, ada beberapa pekerjaan yang terpaksa tidak bisa saya selesaikan. Tapi seiring waktu, saya mulai memaksakan diri untuk bisa memanajemen waktu dengan baik.
Berangkat dari tulisan Indari Mastuti di bukunya yang berjudul Virus Mompreneur, yang di dalamnya terdapat cara bagaimana memanajeman waktu dengan baik. Berharap bisa mengatur waktu sehari-hari dengan efektif. Menurutnya, beberapa hal yang harus diketahui adalah ;
1.      Pentingnya memiliki prioritas pekerjaan. Sebagai ibu rumah tangga yang harus menyelesaikan semua tugasnya ditambah tugas ODOA, ibu diharapkan dapat membuat prioritas pekerjaan mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu.
2.    Gunakan agenda. Dengan agenda, kita dapat melihat pekerjaan apa saja yang harus kita lakukan. Baik yang harian, bulanan atau setahun.
3.    Keseimbangan waktu antara menulis ODOA dan keluarga. Seimbang disini bukan berarti memberi waktu yang sama banyaknya. Tapi diharapkan waktu sebagai ibu dan istri bisa efektif, sekaligus juga efektif dalam meluangkan waktu untuk menulis.
Kemampuan memanajemen waktu adalah kunci kesuksesan bagi siapapun. Dengan ODOA, ibu rumah tanggapun bisa belajar bagaimana memanajemen waktunya dengan baik. Menentukan prioritas pekerjaan di rumah agar bisa tetap mengerjakan ODOA.  Semoga bisa terus konsisten mengerjakan ODOA.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}