Bijak Mengelola Bonus Akhir Tahun Demi Masa Depan

Akhir tahun merupakan waktu yang ditunggu-tunggu bagi para pegawai atau karyawan. Karena pada akhir tahun biasanya perusahaan membagikan uang bonus kepada karyawannya. Bagi karyawan, uang bonus akhir tahun ini, kerap dianggap sebagai pendapatan tidak terduga. Dan ada kecenderungan orang akan bersikap lebih reaktif, menggunakan uang bonus tanpa melakukan perencanaan yang matang.
 
http://www.nurulfitri.com/2014/08/bijak-mengelola-bonus-akhir-tahun.html

Bahkan seringkali dana yang didapat pada akhir tahun tersebut, dihabiskan untuk membelanjakan barang-barang yang konsumtif. Selain itu bonus yang didapat setahun sekali ini juga dianggap sebagai uang yang harus dinikmati. 

Apakah salah untuk menikmatinya? Tentu saja tidak. Namun alangkah  bijaksananya bila semua yang mendapatkan uang bonus ini, bisa menggunakannya dengan lebih cermat. Dan juga alangkah baiknya jika lebih bijaksana menggunakan uang tersebut, setelah sebelumnya mengingat pada kewajiban-kewajiban yang masih harus dibayar. 

Sebenarnya Apa Bonus Akhir Tahun Itu?

Bonus akhir tahun itu bentuk apresiasi perusahaan terhadap kinerja karyawannya. Jumlah bonus akhir tahun ini tergantung perjanjian antara karyawan dan perusahaan dan biasanya tidak diatur dalam UU Ketenagakerjaan.

Karena tidak diatur dalam undang-undang, perhitungan jumlah bonus akhir tahun pun berbeda-beda pada setiap perusahaan. Ada yang dihitung dari persentase masa kerja atau berdasarkan jabatannya. Jadi semkain lama masa kerjanya atau semakin tinggi jabatannya, semakin besar pula persentase bonusnya.

Cara Mengelola Bonus Akhir Tahun

Dalam pengelolaan keuangan keluarga kita tentu memiliki pos-pos pengeluaran tertentu yang wajib dibayarkan, bukan? Selain itu, bisa saja menggunakan uang bonus akhir tahun untuk sesuatu yang bisa lebih menghasilkan di masa yang akan datang. Seperti untuk modal atau alternatif lainnya.

Jadi, ada beberapa pilihan untuk menggunakan uang bonus dengan bijak demi masa depan. 

1. Dijadikan Sumber untuk Menambah Income. 

Bonus akhir tahun bisa jadi tambahan sumber income dalam bentuk tabungan atau investasi. Semua pendapatan itu diharapkan dapat mendatangkan manfaat pada waktu yang akan datang dengan jumlah yang lebih besar daripada dinikmati untuk saat ini. 

Investasi yang dapat digunakan seperti saham, reksadana, obligasi maupun deposito. Atau untuk cara yang lebih tradisional yaitu investasi di emas dan properti. Bagi yang paham dunia bisnis, bisa menginvestasikan uang bonusnya untuk sektor bisnis. 
Namun sebelumnya, ada baiknya jika memahami terlebih dahulu, bagaimana cara melakukan investasi. Kita harus paham betul mengenai resiko dan besarnya penghasilan yang nanti akan kita dapatkan.

2. Mengurangi Biaya Pengeluaran

Kita bisa menggunakan uang bonus untuk melunasi atau mengurangi pengeluaran tiap bulan. Misalnya dengan melunasi atau memperbaharui cicilan rumah atau kendaraan bermotor yang harus kita bayar setiap bulan. Dengan memperbaharui dana yang harus dikeluarkan, kita juga dapat mengurangi besarnya cicilan atau bunga yang harus dibayar.

3. Melunasi Utang

Apabila selama ini ada yang menunda pembayaran karena keterbatasan dana, dengan adanya bonus akhir tahun maka bisa memakai dana tersebut untuk melunasi utang. Langkah ini dinilai bijak karena bisa membantu keuangan kita di masa depan.

4. Membuat Dana Darurat

Menyiapkan dana darurat sangat penting demi kesehatan keuangan di masa depan. Dana darurat ini bisa bermanfaat dalam jangka panjang untuk mengantisipasi kejadian darurat yang tidak diharapkan.

Bijak Mengelola Bonus Akhir Tahun Demi Masa Depan

5. Investasi Pengembangan Diri

Bonus akhir tahun bisa juga dimanfaatkan untuk investasi pengembangan diri. Misalnya mengunakan dana tersebut untuk ikut pelatihan, workshop atau seminar untuk pengembangan diri. Selain itu bisa juga dengan membeli barang yang bisa digunakan untuk meningkatkan keterampilan atau keahlian kita seperti membeli laptop untuk belajar desain grafis atau keahlian lainnya.

6. Digunakan untuk Biaya Liburan

Kita juga bisa menyimpan bonus akhir tahun untuk mempersiapkan anggaran liburan masa depan. Simpanan tersebut bisa sangat berguna ketika kita butuh dana yang cukup besar untuk liburan.

7. Persiapkan Dana Pensiun

Memiliki dana pensiun sangat bermanfaat untuk masa tua nanti. Ketika sudah tidak bisa bekerja karena memasuki masa pensiun, dana akhir tahun ini bisa menolong untuk pengeluaran di masa tua.

8. Apresiasi untuk Diri Sendiri

Bonus akhir tahun juga bisa digunakan untuk mengapresiasi diri sendiri. Setelah bekerja selama satu tahun, kita juga perlu memanjakan diri sendiri. Memberikan apresiasi karena sudah bisa bekerja sepanjang tahun.

9. Membuat Asuransi Kesehatan

Memperhatikan soal kesehatan tentunya menjadi hal utama dalam mempersiapkan masa depan. Saat ini ada banyak jenis asuransi kesehatan. Kita bisa memilih produk asuransi kesehatan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kita.

Nah, itulah beberapa alternatif dalam mengelola bonus akhir tahum. Pikirkan dan pertimbangkan dengan matang ketika hendak menggunakan bonus akhir tahun. Kemampuan mengelola keuangan ini sangat penting terutama untuk sobat yang merencanakan bonus akhir tahun untuk kesehatan keuangan di masa depan.

Artikel Terkait :

Salam takzim

Post a Comment

7 Comments

  1. Wah...mauuu bonus akhir tahun. Hum...suami ada ga ya? Haha...cek-cek ah. Tapi beneran tuh, jangan langsung foya-foya atu dah...Pilah-pilah untuk hal bermanfaat. Makasih sharingnya...

    ReplyDelete
  2. Harusnya memang begitu ya mbak...terkadang yang sulit itu nahan diri untuk beli ini itu. Mungkin sekedar reward untuk diri sendiri ga masalah, tapi kalau sudah kemana2 tak tahu mana butuh dam ingin, itu yang susah.

    ReplyDelete
  3. Senangnya bisa dapat bonus akhir tahun, tapi memang harus hati-hati dalam penggunaannya, ya. Pelunasan utang memang harus diutamakan, ya, karena kewajiban dunia akhirat itu. Juga persiapan dana pensiun, menurut saya juga penting biar bisa istirahat dengan tenang setelah tua nanti, heee....

    ReplyDelete
  4. MasyaAllah sudah mau ganti tahun, tinggal menghitung hari. Alhamdulillah pastinya dapat rezeki bonus akhir tahun. Tinggal PR-nya adalah membuat pos pengelolaan biar nggak kalap, padahal masih ada tanggungan yang menunggu untuk dibayarkan. Terima kasih tipsnya, Mbak

    ReplyDelete
  5. Waaa jadi inget nih daku belum terima bonus akhir taun ini huhuhu... semoga segera masyuk dan mendarat cantik di rekening pakboz deh hehehe. Biar bisa hiling

    ReplyDelete
  6. Bonus akhir tahun itu mirip THR, ya teh. Kalo nggak bijak pengelolaannya yang ada habis aja.
    Anw tips-nya bisa diterapkan, nih. Biar bonus nggak seperti air mengalir tanpa muara, hehe.

    ReplyDelete
  7. Sebagai guru ASN, tidak pernah dapat bonus akhir tahun, tapi biasanya yg bikin sebagian guru kalap belanja itu adalah kalau sertifikasinya cair.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^