Tips Membuka Cabang Perusahaan



Memiliki cabang perusahaan dimana-mana? Kenapa tidak. Mempunyai cabang perusahaan merupakan impian bagi setiap pengusaha. Karena dengan memiliki cabang, perusahaan dan produk kita akan banyak dikenal oleh pelanggan. Dan tentu saja jangkauan dengan pelanggan menjadi lebih dekat dan bermanfaat bagi pelanggan.
Banyak alasan mengapa pengusaha ingin mempunyai cabang. Untuk mengembangkan bisnis agar lebih terkenal, bisa menciptakan lapangan kerja untuk masyarakat sekitar dan ingin ikut serta membangun perekonomian bangsa bisa saja menjadi alasan untuk membuka cabang perusahaan.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum kita membuka cabang perusahaan. Sudianto Oei, seorang CEO dari HYPERNET yang telah menjalankan bisnisnya hingga daerah yang terpencil di Indonesia, memberikan kiat yang harus diperhatikan untuk membuka cabang.
Menurutnya, harus diperhatikan apakah terdapat  pasar atau tujuan target konsumen di wilayah yang akan dibangun cabang perusahaan. Hal ini sangat penting, terutama bagi perusahaan yang bergerak di bidang jasa. Melayani konsumen langsung dan mempermudah operasionalnya. Kemudian cermati pula, bagaimana perkembangan wilayah itu pada 10 tahun ke belakang dan perkiraan 10 tahun kedepan.  Sebab, untuk wilayah yang perkembangannya pesat, tentu akan didukung oleh fasilitas umum yang memadai seperti jalur transportasi.
Selain itu, yang perlu diperhatikan pula, apakah ada sektor perbankan atau industri lain yang dapat mendukung . Misalnya, perusahaan dapat berjalan bila di wilayah itu ada bank atau jasa pengiriman. Yang tidak kalah penting, kita harus mengetahui bagaimana reaksi atau tanggapan pemerintah setempat bila kita hendak membuka cabang perusahaan. Karena ini bisa mempengaruhi ketika kita hendak membuat surat ijin usaha. Terjaminnya keamanan usaha kita oleh pemerintah setempat di wilayah tersebut juga harus dipertimbangkan.
Apabila semua hal yang harus kita pertimbangkan itu tidak bisa tersedia, tentu saja pilihan terakhir adalah tidak membuka cabang di wilayah tersebut. Tetapi itu tergantung pilihan anda sendiri. Hal inilah yang menjadi pertimbangan Sudianto Oei di dalam membuka cabang usaha penyedia jaringan internetnya. Saat ini HYPERNET telah memiliki banyak cabang sampai ke pelosok negeri. Semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}