Kiat Membangun Bisnis




Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, angka pengangguran di Indonesia sampai saaat ini mencapai 7,39 juta orang. Banyaknya jumlah lulusan tidak sebanding dengan lapangan kerja yang tersedia. Untuk mengurangi pengangguran, pemerintah mengharapkan agar masyarakat tidak bergantung bekerja dengan orang lain  tapi menciptakan lapangan pekerjaan itu sendiri. Dengan memiliki bisnis sendiri dan menyediakan tempat bekerja, diharapkan tingkat pengangguran dapat diturunkan.
Untuk membangun bisnis, ada kiat-kiat tertentu. Wempy Dyocta Koto sebagai CEO ISIC Indonesia membagi kiat membangun bisnis agar bisa berhasil, menurutnya untuk membangun suatu bisnis kita harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
Pahami Hobi dan Minat yang Ada Di Dalam Diri Kita
Bisnis yang dibangun berdasarkan dari hobi, dapat membuat kita menikmati setiap proses dalam menjalankannya. Kepuasan yang dicapai bukan semata berdasarkan jumlah uang yang kita dapatkan, tapi kita juga mendapatkan kepuasan batin di dalam menjalankannya. Bisnis yang dijalankan berdasarkan kepuasan hati, tidak akan membuat kita mudah putus asa bila menemui kegagalan. Kita akan dengan senang hati mencari teknik yang baru dan segera mempraktekkannya.
Tentukan Brand atau Merek
Sebuah merek sangat penting dalam keberhasilan bisnis kita. Merek yang menarik pelanggan tentunya dapat membuat bisnis yang kita jalankan menjadi lancar. Gunakan kata yang unik dan berbeda.Merek yang unik akan mudah diingat oleh pelanggan.
Tentukan Target Bisnis
Kita bisa melihat disekeliling kita untuk memulai bisnis. Apakah kita berada di lingkungan mahasiswa? Mahasiswa yang kita bidik pun beragam. Jika terdapat tipe mahasiswa kutu buku, kita bisa mempunyai alternatif bisnis berjualan buku. Atau untuk mahasiswa yang fashionable, kita bisa menyediakan berbagai ragam fashion yang dibutuhkan oleh mereka.
Selain itu, mungkin saja di sekitar kita banyak ibu yang bekerja di kantoran. Sehingga mereka mungkin membutuhkan jasa penitipan anak atau jasa katering. Banyaknya anak sekolah di lingkungan kita pun dapat kita manfaatkan untuk membangun bisnis bimbingan belajar. Bagaimanapun lingkungan di sekitar kita, bisa dipelajari dengan seksama untuk memulai bisnis yang tepat.
Dari semua kiat yang dibagikan oleh Wempy Dyocta Koto ini, diharapkan dapat memberikan pencerahan untuk memulai atau mengembangkan bisnis kita. Semoga bermanfaat.

Related post :
           

1 comment:

  1. sangat bermanfaat. sukses selalu
    salam kenal.
    http://terapijaritangan.blogspot.com/

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}