Ladang Uang dari Hobi



Ladang uang dari hobi? Tentu saja bisa. Seperti yang tertulis di postingan sebelumnya, salah satu kiat untuk membangun bisnis adalah dengan mencari potensi di dalam diri kita sendiri. Cari hobi dan minat kita yang dapat digunakan untuk menjadi sumber penghasilan. Seperti yang dilakukan oleh Muhammad Adji Santika, dia menemukan bisnis dari hobi bermain game. Bersama 2 orang kawannya yaitu Panji Santosa Sunariman dan Karunia Ramadhan membentuk tim yang mereka namai Tinker Games. Mereka terinspirasi untuk berinovasi dalam bidang mobile game developer.
            Dari hobi ini, mereka pun mengikuti kompetisi Lomba Nokia Features Phone & Windows SmarthPhone. Bukan hanya games biasa yang diciptakan, melainkan mereka membuat games yang memuat unsur-unsur lokal, asli Indonesia. Kita bisa menemukan latar belakang budaya sunda di game mereka yang bernama Inheritage : Boundary of Existence. Sungguh kreatifitas yang membanggakan.
            Dukungan dari pemerintah membuat mereka menjadi lebih semangat untuk terus berkarya di bidang mobile game ini. Terbukti dengan adanya kerjasama mereka dengan Direktorat Jenderal Ekonomi Kreatif Berbasis Media, Design dan Iptek Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).
            Tidak hanya di dalam negeri, di luar negeri mereka juga mengikuti berbagai kegiatan yang berhubungan dengan games. Seperti Europegamer Expo dan Tokyo Game Show. Di tahun 2013 mereka juga diberi kepercayaan untuk mewakili Indonesia pada Eurogames Expo 2013 di London.
            Perkembangan bisnis di bidang games terus memacu mereka untuk terus berinovasi. Terbukti dari 10 games yang mereka ciptakan, telah ada 5 games yang dipublish. Game yang paling sering di download adalah Pig Rider. Game ini telah diunduh oleh 70.000 penggunanya. Sedangkan game yang paling banyak mendapatkan perhatian dan respon dari masyarakat adalah Inheritage : Boundary of Existence yang berlatar belakang kebudayaan sunda.
Muhammad Adji Santika, Co Founder dan CEO Tinker Games berharap bisnisnya terus mendapat respon yang positif dari pecinta game baik dari dalam negeri atau dari luar negeri. Mobilitasnya yang tinggi tidak menghalangi harapannya untuk dapat membuat co-working space di Kota Bandung.
           

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}