Menangkap Ide untuk Menulis



Ide untuk membuat tulisan ini, sebenarnya timbul dari status seorang penulis handal dan terkenal, Indari Mastuti. Suatu ketika, Indari menuliskan status di facebooknya tentang bagaimana caranya mendapatkan ide menulis. Kesibukannya di depan komputer yang seringkali memakan waktu lama, membuatnya kurang memperhatikan pentingnya berolah raga. Tapi setelah dipikirkan lagi akhirnya Indari membuat pilihan untuk meluangkan waktunya agar dapat berolahraga. Indari mencoba mengkolaborasikan dua kegiatan sekaligus. Dan siapa sangka, idenya untuk menulis 2 buah buku dapat ditemukannya ketika melakukan olah raga dengan treadmill. Dua keuntungan yang dapat diperolehnya, kesehatan dan ide untuk menulis.
Itu merupakan salah satu contoh, jika ide untuk menulis dapat ditemukan dimana saja. Mungkin saja ide menulis dapat tercipta ketika kita sedang menonton televisi atau mendengarkan radio. Informasi yang disediakan oleh media elektronik ini cukup terkini dan terpercaya. Sehingga bisa dijadikan sumber ide untuk menulis.
Dengan berbincang dengan orang lain,  juga bisa mendatangkan ide. Berdiskusi tentang banyak hal bisa menimbulkan ide pemikiran baru mengenai suatu masalah yang akan kita ungkapkan. Di samping itu curhatan atau pengalaman hidup yang benar-benar terjadi pun, bisa dibuat tulisan yang menarik. Tentu saja dengan meminta ijin terlebih dahulu kepada orang tersebut. Bagaimana dengan buku? Tentu saja buku selain memberikan informasi yang kita butuhkan, bisa menjadi bahan perbandingan untuk membuat suatu tulisan. Selain buku, kita juga bisa menggali ide untuk menulis melalui internet. Internet merupakan perpustakaan yang mendunia. Apa saja yang kita ingin ketahui dapat dengan mudah kita dapatkan disini. Termasuk ide untuk menulis.
Ada lagi, latar belakang pendidikan juga dapat membantu memunculkan ide untuk menulis. Banyak orang menulis berdasarkan ilmu yang dimilikinya yang kemudian telah diterapkan di dalam kehidupan nyata lalu menuangkannya menjadi sebuah tulisan. Apakah anda suka berhayal? Melamun? Ketika sedang melamun pun, terkadang bisa mendatangkan ide untuk menulis. Terutama menulis fiksi. Banyak penulis fiksi yang memiliki daya khayal yang berkarakter sehingga alur ceritanya bisa kelihatan  nyata.
Begitu banyak orang yang ingin mengekspresikan diri dengan cara membuat tulisan baik yang berbentuk fiksi atau nonfiksi. Akan tetapi terkadang mendapatkan kendala darimana akan menulis, dan apa yang akan ditulis. Dengan mengetahui sumber ide untuk menulis, semoga dapat menggali ide tersebut dan mengekspresikannya dalam bentuk sebuah tulisan. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}