Mengenal Profesi Konsultan Pajak



            Berbicara soal pajak, semua orang selalu teringat tentang kasus penggelapan yang dilakukan oleh oknum pejabat yang menangani soal ini. Rumitnya perhitungan pajak dan ketidakpercayaan masyarakat terhadap pegawai pajak, membuat perusahaan atau perorangan wajib pajak enggan untuk membayar pajak.
            Menurut Zeti Arina yang menjabat sebagai CEO di Artha Raya Consultan, sebenarnya tugas utama seorang konsultan pajak adalah sebagai pemberi edukasi yang wajib menuntun kliennya untuk membayar pajak dengan benar, hemat dan tidak menyalahi aturan sehingga kewajiban kepada negara dapat terlaksana dengan baik. Pengusaha wajib pajak dapat menggunakan jasa konsultan pajak untuk menghindari proses yang dianggap rumit. Yang jadi permasalahannya, belakangan keahlian seorang konsultan pajak yang mengetahui seluk-beluk perpajakan, disalahgunakan oleh perusahaan untuk memanipulasi data agar mengurangi besarnya pajak yang harus dibayarkan. Dalam hal ini, kejujuran dari pihak wajib pajak dan konsultan pajak lebih diutamakan.
            Banyak ditemukan kasus, perusahaan tidak mau membayarkan pajaknya karena memiliki dokumen yang tidak lengkap. Dan ketika konsultan membantu agar pajak bisa dibayarkan pun, perusahaan terkadang tidak mengetahui jika dalam kasus tertentu bisa saja pajak yang telah dibayarkan ternyata lebih dari yang seharusnya. Sebagai konsultan pajak yang lebih paham soal ini, sudah sepatutnya memberitahukan kepada perusahaan pembayar pajak  mengenai kelebihan uang pajak yang telah disetorkan tersebut.
            Zeti Arina yang telah menjalani profesi sebagai konsultan pajak selama 17 tahun, sangat paham seluk beluk mengenai pajak. Ditunjang dengan keaktifannya sebagai pengurus Ikatan Konsultan Pajak Indonesia dan berpengalaman menangani berbagai macam kasus perpajakan. Oleh karenanya, dia berharap profesi konsultan pajak bisa memberikan informasi untuk menuntun kliennya membayar pajak dengan benar, hemat dan tidak menyalahi aturan. Rumitnya perhitungan pajak yang harus dibayar dan peraturan yang cenderung selalu berubah, menjadikan sebuah tantangan tersendiri bagi profesi konsultan pajak. Yang terpenting adalah membantu klien untuk membayar pajak dengan tidak menyalahi aturan dan dapat melaksanakan kewajibannya kepada negara.
           

1 comment:

  1. pemberi edukasi yang wajib menuntun kliennya untuk membayar pajak dengan benar, hemat dan tidak menyalahi aturan sehingga kewajiban kepada negara dapat terlaksana dengan baik, namun 99% pengusaha kita curang, anggapan mereka buat apa gunakan konsultan pajak kalo merekA mau bayar pajak?

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}