Menggelembungkan Bisnis



Penggelembungan bisnis? Bukannya yang menggelembung itu balon ya? He he. Mungkin yang kerap kita dengar di media massa belakangan ini bukan penggelembungan bisnis tapi masalah penggelembungan dana. Pengelolaan sebuah bisnis harus diatur dengan baik agar hasilnya tidak diam dititik tertentu saja. Jangan sampai bisnis kita tidak ada peningkatan yang signifikan. Atau istilahnya hanya segitu-gitu aja. Oleh karena itu, perlu kita ketahui beberapa tahap agar bisnis kita dapat menggelembung atau mengembang.
Sebagai CEO ISIC Indonesia, Wempy Dyocta Koto memberikan pendapatnya jika ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk dapat mengembangkan bisnis. Hal yang bisa kita tiru dari keberhasilannya sebagai seorang CEO dari berbagai macam produk ini antara lain yaitu:
Tonjolkan Sisi Isinya
Buat terobosan baru dan menciptakan inovasi yang dapat menarik minat pelanggan kita. Contohnya, banyak sekali usaha kuliner yang memanfaatkan ayam atau bebek untuk dibuat menjadi berbagai macam olahan. Buat inovasi yang terbaru, misalnya dengan membuat berbagai macam olahan dari daging burung puyuh. Disamping khasiat dan nutrisinya yang baik, masih jarang kita temukan kuliner dari burung puyuh.
Perhatikan Cara Packaging
Untuk bisnis kuliner misalnya, cara penyajian yang menggugah selera makan pelanggan harus lebih diperhatikan. Packaging dengan desain yang bagus dan unik juga dapat menjadi daya tarik tersendiri untuk meningkatkan penjualan.
Buat SOP  atau Standard Operating Procedures
SOP adalah suatu daftar instruksi yang mencakup mengenai operasi yang menentukan prosedur yang pasti tanpa menghilangkan keefektifannya. SOP dapat membuat system manajemen suatu bisnis menjadi lebih berkualitas. Contohnya, penetapan jam buka-tutup tempat usaha kita.
Educate Soal Produk atau Jasa
Berikan informasi atau pengetahuan tentang produk kepada pelanggan kita. Tunjukkan semua keunggulan dari produk kita. Setidaknya timbul rasa minat yang ditunjukkan oleh pelanggan dari kegiatan kita memberikan informasi.
Tularkan Semangat Berbisnis Pada Orang Sekitar
Berbagi tidak hanya berupa materi saja, ilmu pun bisa kita bagi dengan orang di sekitar kita. Dengan berbagi akan menimbulkan rasa senang dihati dan menambah pertemanan. Menularkan semangat untuk berbisnis pun dapat kita lakukan. Banyaknya teman yang memiliki bisnis dapat kita gunakan untuk membangun jaringan di bisnis yang kita jalani. Terciptanya jaringan kerjasama yang menguntungkan, sambung menyambung dan makin banyak orang yang memiliki usaha sendiri merupakan tujuan untuk menularkan semangat bisnis.
Dengan mempraktekan semua kiat tersebut, diharapkan bisnis yang kita jalani bisa terus meningkat.
           
           

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}