Menjadi Pribadi yang Bermanfaat

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain (HR. Ahmad, Thabrani, Daruqutni).”  Hadist tersebut telah sering kita temui dan kita dengar bukan? Bagaimana menjadi manusia yang baik? Jadilah pribadi yang bisa bermanfaat bagi orang lain. Untuk bisa bermanfaat tidak harus menunggu menjadi orang kaya dahulu. Karena hakekatnya bermanfaat bukan dilihat dari banyaknya materi yang diberikan.
Seorang sociopreneur, bisa bermanfaat bagi orang lain dengan cara berbagi pengetahuan tentang ilmu bisnisnya. Sociopreneur adalah orang yang melakukan suatu bisnis lalu turut memberikan kontribusi langsung kepada masyarakat di sekitarnya. Seperti yang dilakukan Titin Agustina, salah satunya. Tina, panggilan akrab dari Titin Agustina ini merasa prihatin dengan keadaan di sekitar rumahnya. Perekonomian di lingkungannya masih serba kekurangan. Melihat itu, muncul ide untuk menciptakan lapangan pekerjaan agar bisa membantu perekonomian warga di sekitarnya. Dibentuklah Kraviti, usaha yang melakukan pelatihan kerajinan dari kain perca batik.
Dengan ilmu yang dimilikinya, Tina mengajak warga sekitar untuk berkarya. Dari kain perca tersebut, mereka mengolahnya menjadi Bed cover, Table cloth & Runner. Tidak hanya sampai disitu, Tina melakukan regenerasi pelatihan yang bertujuan agar orang yang telah dilatihnya dapat memberikan pelatihan yang serupa kepada orang lain. Tahun 2012, Tina sebagai founder, owner sekaligus managing director Kraviti, melebarkan sayap keperduliannya terhadap lingkungan melalui kegiatan pembinaan  dengan memberdayakan penghuni lapas wanita Bandung.
Di lapas wanita Bandung, Tina membagi ilmu ketrampilannya dan membimbing penghuni lapas tersebut untuk memiliki tabungan dari hasil kerja mereka. Agar dapat dipergunakan oleh mereka untuk lebih mandiri ketika telah keluar dari lapas. Banyak orang yang sudah dapat merasakan manfaat dari ilmu yang diajarkan oleh Tina.
Menjadi pribadi yang bermanfaat dengan menularkan ilmu yang dimiliki, tidak saja dilakukan oleh Tina. Ada seorang penulis terkenal yang menjadi pribadi bermanfaat kepada orang di sekitarnya. Indari Mastuti penulis handal yang telah menghasilkan ratusan artikel dan lebih dari 50 buku ini, juga selalu menebarkan ilmu yang dimilikinya kepada orang di sekitarnya.
Indari Mastuti penyandang Perempuan Inspiratif Nova (2010), Perempuan Inspiratif Indonesia Majalah Kartini (2012), Finalis Wanita Wirausaha Femina (2012), Juara 3 Kartini Awards (2012), Juara 1 Sekar Womenpreneur (2012) dan masih banyak lagi penghargaannya, mempunyai kegiatan membagi ilmunya dari rumah. Wanita yang memutuskan untuk meninggalkan hingar bingar dunia karier dan memilih untuk menjadi ibu rumah tangga, melahirkan ide untuk membangun bisnis dari rumah.
Indari berpendapat jika dia bisa menjalankan bisnis dari rumah, ibu rumah tangga masih terus bisa berkarya tanpa harus meninggalkan anak-anak. Dengan ilmu yang dimilikinya, kemudian Indari membangun sebuah komunitas perempuan di dunia maya. Komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN) dan Komunitas Ibu-ibu Doyan Bisnis (IIDB). Di komunitas ini, hampir setiap hari atau bisa dibilang setiap saat, Indari dapat membagikan semua ilmu tentang kepenulisan dan bisnis kepada anggota komunitas. Melalui sistem online, kegiatan berbagi ilmunya tidak hanya dapat dinikmati oleh orang sekelilingnya, tapi bagi semua orang dari setiap penjuru dunia bisa merasakan manfaat dari ilmu yang diberikan oleh Indari Mastuti.
Dengan membagi ilmu yang kita miliki, tentu saja tidak akan mengurangi ilmu kita. Bahkan dengan membaginya kita akan semakin mahir dengan bidang ilmu yang kita kuasai. Dan yang terpenting, menjadi orang yang bermanfaat untuk orang lain menambah pahala bagi kita. Sudahkan kita bermanfaat bagi orang lain?

                                                                  Indari Mastuti

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}