Berwawasan Luas, Tidak Pikun di Usia 90 Tahun

Eneh, begitu kami memanggil nenek dari suami saya ini. Tanggal 12 September 2014 kemarin, umur Eneh genap 90 tahun. Alhamdulillah, diusianya beliau masih terlihat sehat dan bugar. Tidak dipungkiri, di usia ini ada beberapa kemampuan Eneh yang berkurang. Pendengarannya kini tidak sejelas ketika masih muda. Jenis makanan yang dikonsumsi oleh Eneh, makanan yang bertekstur lembut dan halus disesuaikan dengan keadaan giginya yang tinggal satu. Terlihat lucu bila melihat Eneh mengunyah makanan. Buyut-buyutnya yang berjumlah 16 orang  dari 8 orang cucu terkadang senyum-senyum menahan geli melihat Eneh mengunyah makanan. Bahkan cucu yang terkecil, dengan isengnya terkadang menirukan cara beliau makan.. :D
Eneh merupakan sosok perempuan yang multi talenta. Beliau pandai melukis, merajut dan menyulam. Keahliannya di bidang seni lukis menjadi sumber penghasilan di masa produktifnya dulu. Eneh pernah bekerja di perusahaan milik Belanda sebagai pegawai yang bertugas melukis kap lampu pada tahun 1949 - 1954. Tempat kerja Eneh masih dapat kita temui di Kota Bandung. Bangunan tua yang ada di seberang Gedung Konferensi Asia Afrika Bandung. Bekerja dengan mr. Bosscha yang begitu memperhatikan pegawainya merupakan salah satu hal yang membuat Eneh betah berkarya disana. Walaupun ada tawaran untuk menjadi pegawai negeri saat itu, Eneh tidak berminat meninggalkan pekerjaannya. 
Selain kegemarannya melukis, Eneh sangat gemar membaca. Semua jenis bacaan akan habis dilahap oleh Eneh. Dari bacaan ilmiah, berita terkini hingga entertainment semua menjadi bahan bacaannya. Semua yang dibaca dapat diingat dengan baik oleh Eneh. Di usianya yang sudah 90 tahun, beliau masih bisa menjawab pertanyaan dari buyut-buyutnya mengenai letak geografis suatu negara, perkembangan politik saat ini dan gosip terkini para selebritis. Eneh terkadang lebih update dari kami cucu-cucunya...he..he..
Pengetahuannya yang banyak dan bisa selalu up to date tidak terlepas dari kegemaran Eneh yang suka membaca. Cerita yang terjadi puluhan tahun yang lalu pun masih bisa diingatnya. Kebiasaan yang harus bisa ditiru oleh kami cucu dan buyutnya. Dengan membaca semua hal dapat kita ketahui. Semoga kami bisa mengikuti kebiasaan Eneh yang gemar membaca, mempunyai wawasan yang luas juga tidak pikun di masa tuanya.

3 comments:

  1. Subhanalloh..panjang umur ya dan tidak pikun...bisa menyaksikan anak dan cucu serta cicitnya..Alhamdulillah :)

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah...Eneh masih hapal dan ingat semua cucu dan cicitnya

    ReplyDelete
  3. acungkan jempol untuk sang nenek ini luar biasa diumurnya yang 90 ini daya ingatnya masih bagus

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}