Wisata Alam Pangjugjugan Cilembu, Sumedang

Setiap liburan sekolah, anak-anak selalu menghabiskan liburan bersama nenek kakeknya. Karena kami tinggal di kota yang berbeda, menyebabkan orang tua kami ingin menghabiskan waktu berlibur bersama cucu-cucunya. Liburan sekolah kemarin, kami mengunjungi tempat wisata yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal orang tua kami. 
Kami mengunjungi tempat wisata atas usul salah satu tetangga  yang menunjukkan sebuah tempat wisata yang bagus dan adem di daerah Cilembu, Sumedang.
Kami memilih mendatangi tempat itu, karena orang tua tinggal di perbatasan Bandung - Sumedang. Kemudian kami mengunjungi Wisata Alam Pangjugjugan. Dari Bandung menuju lokasi tersebut memakan waktu sekitar 1 jam - 1,5 jam jika dalam keadaan lancar. Jaraknya dari jalan raya kurang lebih 2 km. 
Daerah yang terkenal dengan ubi madunya ini, memang asri dan segar. Pohon-pohon besar meneduhi jalan yang kami tapaki. Tiket masuk ke wisata ini terbilang murah, cukup dengan 5.000 rupiah di hari biasa dan 7.000 rupiah di Hari Sabtu, Minggu dan hari libur. Kolam renang yang tidak begitu besar menyambut kami di depan pintu masuk. Untuk masuk ke kolam renang diharuskan membayar tiket 5.000 rupiah. Di sebelah kolam renang, dapat dijumpai bermacam-macam permainan anak. Seperti jungkt-jungkit, ayunan dan yang menarik, di sana tersedia mainan tradisional egrang.
Untuk melatih keberanian dan melatih keseimbangan di Wisata Alam Panjugjugan menyediakan berbagai macam kegiatan outbond. Disamping untuk perorangan, tempat wisata ini juga menyediakan paket untuk perusahaan atau organisasi yang beranggotakan banyak orang. Suasananya yang masih asri dan belum banyak terjamah dapat dijadikan tempat untuk menenangkan diri. Bermalam di tempat yang dipenuhi pohon pinus, suara air yang bergemericik dari air terjun yang tidak begitu besar. Dan apabila kita beruntung, di siang hari kita bisa melihat burung elang terbang melayang di langit Pangjugjugan.


Selain outbond, pengunjung juga dapat menikmati kegiatan menunggang kuda, memancing, memetik strawberry maupun terapi ikan.
Tempat ini menyediakan vila atau penginapan yang beragam. Dari yang kapasitasnya kecil sampai yang dapat memuat puluhan orang. Bentuk bangunannya pun bernuansa tradisional. Motif bilik terdapat di beberapa bangunan yang ada di sana. Patung-patung yang terbuat dari kayu menghiasi beranda depan bangunan. Tekstur tanahnya yang tidak rata menjadikan tempat ini semakin unik. Tidak perlu khawatir kepanasan, karena banyak ditemui pohon markisa yang tumbuh di atas jalan yang menghubungkan berbagai tempat disana.



Untuk penikmat alam dengan suasana yang sejuk, diiringi gemericik air dan lengkingan suara burung elang, tempat wisata ini bisa menjadi alternatif tujuan wisata.  Tempat wisata ini terletak di Desa Cilembu, Kec. Pamulihan Kabupaten Sumedang.

4 comments:

  1. Tempatnya indah dan enak dijadikan tempat wisata bersama keluarga dan orang-orang yang kita sayangi.

    Salam

    ReplyDelete
  2. Setuju Pak...tempatnya enak untuk wisata bersama keluarga

    ReplyDelete
  3. Sering lewat Sumedang, tapi selama ini mengira bahwa Sumedang hanya identik dengan tahunya yang empuk dn ubi Cilembunya yang manis.
    Ternyata ada pula obyek wisata alam yang menarik ...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}