Kembalikan Keceriaan Kami

Illustrasi : kidswithcancers.blogspot.com


Aku terdiam, tidak tahu harus berkata apa. Kenapa harus kanker? Anak manis seperti Hira harus mengalami masa kecil yang begitu berat. Menderita kanker darah yang dapat merengut nyawanya sewaktu-waktu. Siapa sangka, dia yang dahulunya begitu ceria, bahkan cenderung terlalu aktif kini nampak lemah dan lesu.  Berbagai permainan yang membutuhkan kekuatan fisik sangat digemari oleh Hira. Mengendarai sepeda, lari berkejar-kejaran, mengunakan otoped, semua dilakukan dengan begitu lincah.
Begitu sedih, ketika akhirnya kami sekeluarga mengetahui jika dia menderita penyakit kanker darah. Penyakit yang menyerang sel darah merahnya. Kami benar-benar tidak mengira ini akan terjadi pada Hira yang begitu manis dan lincah. Bermula dari keluarnya darah segar dari lubang hidung dan gusi yang selalu berdarah membuat dokter akhirnya mendiagnosa dia terkena penyakit kanker darah.
Kesehatannya yang makin lama makin menurun membuat Hira harus menjalani perawatan secara intensif di rumah sakit. Dokter dan perawat kini menjadi teman setia Hira menjalani hari-harinya. Keluarganya pun secara bergantian menemaninya. Wajah cerianya kini hilang entah kemana. Kami mau, dia menikmati masa kecilnya dengan penuh keceriaan. Secara bergantian kami pun berusaha mengembalikan keceriaan Hira. Permainan yang disukainya kami sediakan. Tak lupa, kami pun bergantian mengajaknya bermain agar Hira melupakan sakit yang dialaminya sejenak.
Beruntung Hira menjalani pengobatan di salah satu rumah sakit swasta yang memperhatikan kebutuhan anak-anak yang mengalami gangguan kesehatan. Menyediakan kamar perawatan menyerupai kamar tidur anak yang dihiasi bermacam-macam gambar kartun  dan pernik-pernik yang lucu. Rumah sakit ini begitu perhatian akan proses penyembuhan pasien anak yang secara fisik dan emosional sangat membutuhkan kasih sayang dari orang tuanya.
Serupa dengan upaya yang dilakukan oleh Ronald McDonald House Charities (RMHC)  dengan menghadirkan Family Room untuk rumah sakit besar yang merawat pasien anak. Dengan adanya Family Room, interaksi antara orang tua dan anak bisa terjalin dengan lancar. Kasih sayang yang diberikan pada anak dari orang tuanya dapat dilakukan di ruangan ini. Di dalam ruangan ini menyediakan berbagai fasilitas yang dapat mendukung interaksi mereka. Diharapkan interaksi ini memberikan peran penting bagi proses penyembuhan dan proses tumbuh kembang anak di masa penyembuhannya. Yayasan RMHC yang telah ada di 57 negara termasuk Indonesia ini merupakan organisasi non profit yang memiliki misi untuk menciptakan, menemukan dan mendukung program-program yang secara langsung meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan anak di seluruh dunia.
Dukungan dan keikutsertaan setiap orang dalam program yang diadakan oleh yayasan ini sangat diharapkan.. Salah satu kampanye untuk mendukung ini adalah stripes for love .Bagi anda yang ingin berpartisipasi memberikan kasih sayang kepada mereka, dapat bergabung dengan kampanye ini dengan cara menuliskan kata-kata motivasi di micrositenya, atau membeli kaos stripes for love.





No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}