Ikan Bakar Etong Khas Subang

Ikan Bakar Etong A' Badru










Sambal kecap + lalapan sebagai pelengkap Ikan Bakar Etong
Memiliki hobi menikmati kuliner khas laut atau seafood? Barangkali sebagai penikmat seafood, olahan hasil laut seperti udang, cumi-cumi, kepiting dan kerang sudah tidak asing bukan? Bagaimana dengan Ikan Etong?  Ikan ini hidup di dasar laut dan terdapat di daerah pesisir yang berlumpur dan berpasir. Ikan etong memiliki kulit keras dan kasar. Sebenarnya  dahulu tidak begitu diperhatikan oleh para nelayan. Tapi belakangan ketika kulitnya dikelupas dan diolah dengan cara dibakar, ternyata dagingnya yang tebal terasa nikmat di makan.
Berkunjung ke Kota Subang, ada yang kurang rasanya bila tidak menikmati makanan khas kota ini. Salah satunya Ikan Bakar Etong A' Badru yang terletak di Jalan Eyang Dongdo, depan SMP Negeri 1 Subang. Rumah makan ini sayangnya hanya buka di malam hari saja. Jika hendak berkunjung ke tempat ini, saya sarankan tidak dalam keadaan perut yang sangat kosong. Kenapa? Soalnya pengolahan ikan bakar ini lumayan cukup memakan waktu. Jadi kalau datang dalam perut yang kosong, ditakutkan pingsan duluan karena saking lamanya..he..he...Ralat deh, gak sampai berjam-jam kok! Cukup menunggu sekitar setengah jam sampai 1 jam. Karena seperti masakan seafood lainnya, pengolahan ikan bakar ini memang cukup lama supaya ikan bisa matang sampai ke dalam. Selain waktu pengolahan, banyaknya pengunjung juga menentukan lamanya ikan bakar yang dipesan sampai ke meja kita. Begitu banyaknya pembeli, sehingga tempat makan ini memberi pengunjungnya nomor antrian loh..
Penasaran dengan rasanya? Sekilas daging ikan ini hampir sama dengan daging ayam tanpa tulang. Yang membuat orang-orang ketagihan untuk terus menikmatinya adalah bumbunya begitu menyerap sampai ketulang-tulangnya. Gurih dan tidak ada rasa amis khas makanan laut. Lezatnya ikan bakar ini begitu lengkap ditambah dengan sambal kecap yang terasa manis dan pedas.  Isi sambalnya terdiri dari bawang, cabai rawit dan tomat yang semuanya diiris kecil-kecil. Di lengkapi sedikit sambal pecel dan  irisan jeruk purut menambah aroma segar di sambal.
Bagaimana dengan harganya? Cukup terjangkau deh.. Ikan bakar ini di hargai sesuai dengan ukurannya yang dapat kita pilih sebelumnya. Ikan yang berukuran antara 40 cm - 60 cm ini,  dapat dibeli dengan kisaran harga antara 25 ribu - 40 ribu rupiah.
Ikan Etong (sumber gbr dari sini)

4 comments:

  1. Pasti sangat nikmat. Sambal kecap dan lalapan itu ditambah ikan bakarnya itu menu yang saya sangat suka. Lama tidak menikmati kuliner seperti ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nikmat...gurihnya ikan bakar + sambal yang rasanya manis pedas..yummy.. :)

      Delete
  2. Yang namanya ikan bakar dengan tekstur ikan berkulit tebal dan keras enak lsg dibakar sama kulitnya bu, Pasti lebih segar.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}