Menikmati Indahnya Tanaman Wijaya Kusuma yang Berkhasiat

Tahukah teman? Hari ini, 5 November diperingati sebagai Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional? Demi memeriahkan peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (halagh..!!)  saya coba posting tanaman yang menghiasi halaman depan rumah. Saya termasuk penggemar tanaman yang memiliki bunga cantik. Kebetulan di depan rumah ditanami Bunga Wijaya Kusuma yang saat ini sedang menampilkan keindahan mahkotanya. Lihatlah begitu cantiknya bunga yang berwarna putih ini.
Bunga Wijaya Kusuma

Sayangnya bunga yang indah ini tidak mekar setiap waktu. Saya harus bersabar untuk melihat bunga ini mekar, karena Bunga Wijaya Kusuma hanya mekar sempurna di malam hari. Menjelang pagi, bunganya agak sedikit menutup dan terlihat layu. Untuk mendokumentasikan keindahan bunga yang hanya berlangsung 2-3 hari, suami saya yang memiliki hobi "cuprat-cepret" berhasil mengambil beberapa gambar bunga ini sesaat setelah hujan turun.
Bunga Wijaya Kusuma yang telah berusia lebih dari satu hari
Sempat nengok di om Wiki, dituliskan disana bahwa Bunga Wijaya Kusuma mempunyai nama latin Epiphyllum Anguliger. Tanaman bunga berjenis kaktus, masuk pada divisi anthophita, bangsa opuntiales dan kelas dicotiledoneae. Berasal dari daerah Amerika yang memiliki iklim tropis yaitu Venezuela dan Caribia. 
Selain keindahannya ternyata tanaman ini memiliki khasiat juga loh... Daunnya dapat digunakan untuk meredam rasa sakit dan menetralisir pembekuan darah. Caranya, daun ditumbuk halus kemudian dioleskan pada luka yang kemudian dibungkus dengan perban. Sedangkan bunganya dapat dipakai untuk mengobati bisul. Tempelkan Bunga Wijaya Kusuma pada bisul sebelum tidur secara teratur dapat mempercepat penyembuhannya.
Betapa indah dan banyak manfaatnya menanam Bunga Wijaya Kusuma bukan? Bagaimana dengan teman-teman, puspa apa yang ada di halaman teman-teman?

17 comments:

  1. belum pernah liat bunga ini lah kak, seperti nya cantik ya kalau dilihat dari foto apalagi ada manfaatnya pulak tanaman ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. cantik sekali loh..sampe gak bosen ngeliatnya..he..he :)

      Delete
  2. sger ya mbk klo rumah bnyk tnaman aplagi skrng Indonesia memanas...suhunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mbak...sayangnya kalo musim panas, tanaman ini jarang berbunga :(

      Delete
  3. Melihat foto bunga habis terguyur hujan segeeer banget mata. Sayang ya mekarnya malam hari dan sebentar pula. Bunga ini jarang ditemui ya Mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mbak...sayang mekar-mekarnya hanya malam hari saja...coba kalo sepanjang hari ya...segeer ngeliatnya

      Delete
  4. wijaya kesumanya cantik.
    dulu ada di depan rumah, cuma bunganya sedikit... cuma satu

    ReplyDelete
    Replies
    1. bunganya hanya sedikit? barangkali kurang pupuk ya..

      Delete
  5. wijaya kesumanya cantik, dan banyak lagi.

    ReplyDelete
  6. Bunga wijaya kusuma memang cantik. Saya sangat menyukainya. Apa lagi jika di depan rumah ada tanaman tersebut.

    ReplyDelete
  7. Cantik banget bunganya. Apa lagi kalau pas habis terkena hujan atau di pagi hari terkena embun.

    ReplyDelete
  8. Jaman aku kecil kalau pengin lihat bunga ini mekar sampai ngantuk2,dan minta dibangunin kalau dah nyeprok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mbak...menikmati keindahan bunga ini hanya malam hari ya..

      Delete
  9. bunga ini indah sekali memang jika dilihat di malam hari. biasanya adik saya yang perempuan selalu ingin memfoto keindahannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di foto untuk dokumentasi ya..sayang untuk dilewatkan :)

      Delete
  10. Halo, butuh Dus makanan dari kertas yang ramah lingkungan dan tidak berbahaya seperti styrofoam? Greenpack jawabannya. Kemasan dengan mutu food grade sehingga tanpa alaspun tidak masalah. Keuntungannya dapat pula dibranding dengan restoran masing2 dengan gratis.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}