Bermain Profesi di "Kota Mini" Kidzania


Kidzania - Pacific Place Shopping Mall
Kidzania adalah tempat wisata yang memiliki konsep edutainment. Dibangun mirip dengan keadaan kota aslinya. Ada gedung, pertokoan, jalan dan kendaraan yang berjalan mengelilingi kota dalam ukuran anak-anak. Di dalam arena Kidzania, anak dapat mencoba profesi atau pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh orang dewasa.
Wahana ini aman bagi anak-anak. Karena di sana ada Zupervisor yang memandu anak untuk mengetahui suatu profesi dan bagaimana menjalankan pekerjaan tersebut. Selain diperkenalkan jenis-jenis profesi, di Kidzania juga dipelajari tentang perekonomian. Ketika anak menjalankan sebuah profesi tertentu, maka anak akan diberi imbalan berupa gaji dalam bentuk Uang Kidzos. Gaji yang mereka peroleh setelah melakukan pekerjaan, dapat mereka nikmati sendiri. Seperti membeli suatu barang atau menggunakan jasa yang ada di sana.
Melihat banyak hal positif yang dapat diperoleh oleh anak, pihak sekolah tempat anak saya belajar sangat tertarik untuk mengunjunginya. Maka tahun ini Kidzania, ditentukan sebagai tempat tujuan study tour.
Berangkat sekitar jam 5.30 pagi dari Subang, akhirnya rombongan sampai di Pasific Place- Jakarta sekitar jam 9.30 pagi. Anak-anak begitu gembira ketika mengetahui mereka telah tiba di tempat tujuan.
Beda anak, beda keinginan untuk menjalankan profesi. Untuk anak perempuan, banyak yang menjalani peran sebagai model, sekolah akting, menjadi kapster, dokter anak, perawat dan lain sebagainya. Sedangkan bagi anak laki-laki, profesi yang dapat dimainkan pun sangat beragam. Seperti pilot, pembalap, polisi atau sebagai teknisi, reporter, dokter, peneliti dan lain-lain. Sebenarnya, semua profesi dapat dilakukan oleh setiap anak, tanpa melihat jenis kelaminnya. Apapun bisa dijalani oleh anak, sesuai dengan keinginan mereka.
Profesi Pemadam Kebakaran merupakan profesi yang sangat diminati anak-anak
Bermain profesi menjadi pemadam kebakaran, anak-anak akan dilatih bagaimana caranya memadamkan api. Mereka juga diperkenalkan suasana tempat kerja, sarana dan alat-alat yang menunjang pekerjaan. Di area ini, anak diberikan pengetahuan untuk mencegah terjadinya kebakaran di rumah dan apa yang harus dilakukan jika terjadi kebakaran.
Setelah diberi seragam untuk menjadi seorang pemadam kebakaran, anak akan dibimbing untuk naik ke dalam mobil pemadam. Berkeliling  di dalam "kota mini" dengan menggunakan sirine sangat menyenangkan bagi mereka. Selanjutnya di salah satu sudut kota, para pemadam ini dilatih cara memadamkan api dengan hidran.
"Cepaat..cepaat..padamkan apinya anak-anak..!" seru kakak Zupervisor
Selain pemadam, ada juga profesi petugas pom bensin. Zupervisor di area ini, membimbing anak untuk mengoperasikan mesin pengisi bensin. Petugas pom bensin berhak mendapatkan uang dari mobil yang telah diisi bensinnya.
Petugas SPBU sedang menunggu mobil yang akan mengisi bensin
Untuk mengetahui proses pembuatan suatu produk, banyak area yang dapat dikunjungi. Anak dapat mengetahui cara membuat mie instan, membuat kue, membuat coklat, membuat bedak atau cara membuat handuk di Kidzania. Misalnya di pabrik pembuatan handuk. Anak dapat mempelajari proses pembuatan handuk, mulai dari kapas kemudian diolah hingga menjadi kain handuk yang berkualitas dan higienis.
Belajar menempelkan gambar di atas handuk
Sesaat sebelum memasuki Kidzania, Haikal begitu tertarik dengan moncong pesawat sungguhan yang ada di depan tempat ini. Demi memenuhi keingintahuannya, dengan semangat dia menuju area airport untuk menjadi seorang pilot. Dengan flight simulator, Haikal belajar menerbangkan pesawat dengan dibimbing oleh Zupervisor. Selain menjadi pilot, anak juga dapat memilih menjadi seorang pramugari.
Silahkan menikmati penerbangan anda! Pilotnya bergaya dulu ya....hi..hi
Para professional Tire Mechanic sedang berbaris untuk membuat kartu identitas
Biasanya anak laki-laki selalu menyukai profesi yang dekat hubungannya dengan kendaraan. Salah satunya, menjadi mekanik. Mereka diajak untuk mengetahui bahan dasar ban, fungsi ban bagi kendaraan dan tekanan ban yang aman untuk kendaraan.
Setelah selesai mendengarkan penjelasan, anak-anak pun dapat terjun langsung mempraktekkan cara bongkar pasang ban pada kendaraan. Akhir sesi, mereka mendapatkan kartu identitas yang dapat dibawa pulang. Selain kartu identitas mekanik, Haikal juga memiliki SIM yang dapat digunakan untuk mengendarai kendaraan di arena Kidzania. Anak saya begitu senang menjalani semua profesi. Karena  bisa mendapatkan uang dari hasil kerjanya dan dapat membawa pulang hasil karya selama di sana.
Sayangnya, waktu yang disediakan arena ini hanya sekitar 7 jam saja. Dari jam 9 pagi hingga jam 4 sore. Sedangkan profesi yang disediakan di sana begitu banyak. Rasanya tidak cukup jika bermain di Kidzania hanya sehari saja. Untuk dapat mencoba semua profesi yang ada, dibutuhkan waktu yang cukup lama.
Kartu Identitas Mekanik dan SIM

12 comments:

  1. Waa serunya.. anak-anak bisa merasakan aneka profesi layaknya dunia nyata yaa..:)

    ReplyDelete
  2. hihihihi... Keren banget kotanya.. :D Semoga nanti bisa jalan-jalan kesana. :D

    ReplyDelete
  3. weleeeh weleeehh... jalan-jalan melulu, nih... asyiik.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he..kebetulan mbak, di sekolah anak ada study tour. Emaknya ikut, pengen tau anak milih profesi apa aja... :)

      Delete
  4. Anak-anak pasti seneng neh... Sebab, keinginan anak untuk jadi ini dan itu dapat langsung duwujudkan dalam permainan profesi ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuul...bisa jadi bahan buat mereka untuk memilih profesi yang disukai :)

      Delete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang saya tahu, baru ada di Jakarta Pak..
      Betul, sangat menambah pengetahuan anak-anak.

      Delete
  6. ...dan orang dewasa pun mendadak pengen jadi anak kecil lagi supaya bisa main :D Sayangnya nggak bisa ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak...pengen nyobain, soalnya waktu masih kecil, belum ada arena bermain ini..hi..hi..

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}