Manajemen Waktu Berkat ODOA



Kegiatan menulis pada awalnya bagi saya hanya sebagai kegiatan menyalurkan hobi. Sebagai ibu rumah tangga, yang sebagian besar waktunya ada di rumah. Untuk menopang hobi itu, saya mulai bergabung dengan komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis. Disana ternyata saya bisa mendapatkan ilmu yang banyak sekali. Tidak hanya sekedar ilmu tentang kepenulisan tapi seluk-beluk ibu rumah tangga bisa dibahas di komunitas tersebut.
Dari komunitas itu pula, saya mendapatkan pencerahan. Dari hobi yang kita miliki, kita bisa mendapatkan penghasilan. Seorang ibu rumah tangga ternyata bisa menghasilkan uang dari dalam rumah. Di IIDN, ibu-ibu yang bergabung disana, diarahkan bagaimana menulis dengan baik dan menjadikan tulisannya sebagai bisnis. ODOA adalah salah satu sarana untuk belajar menulis. One Day One Artikel mengajak para pesertanya untuk terus menghasilkan tulisan setiap hari. Karena pada prinsipnya, orang akan semakin bagus tulisannya jika sering berlatih.
Sebagai ibu rumah tangga, ODOA merupakan pekerjaan tambahan selain pekerjaan rumah tangga. Untuk bisa mencapainya, kita harus bisa pandai-pandai mengatur waktu. Pekerjaan rumah, mengurus anak dan suami tidak boleh ditinggalkan. Setiap orang memiliki waktu yang sama, 24 jam. Tapi tidak setiap orang bisa memanajemen waktu dengan baik. Pertama kali ketika saya mengikuti ODOA, ada beberapa pekerjaan yang terpaksa tidak bisa saya selesaikan. Tapi seiring waktu, saya mulai memaksakan diri untuk bisa memanajemen waktu dengan baik.
Berangkat dari tulisan Indari Mastuti di bukunya yang berjudul Virus Mompreneur, yang di dalamnya terdapat cara bagaimana memanajeman waktu dengan baik. Berharap bisa mengatur waktu sehari-hari dengan efektif. Menurutnya, beberapa hal yang harus diketahui adalah ;
1.      Pentingnya memiliki prioritas pekerjaan. Sebagai ibu rumah tangga yang harus menyelesaikan semua tugasnya ditambah tugas ODOA, ibu diharapkan dapat membuat prioritas pekerjaan mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu.
2.    Gunakan agenda. Dengan agenda, kita dapat melihat pekerjaan apa saja yang harus kita lakukan. Baik yang harian, bulanan atau setahun.
3.    Keseimbangan waktu antara menulis ODOA dan keluarga. Seimbang disini bukan berarti memberi waktu yang sama banyaknya. Tapi diharapkan waktu sebagai ibu dan istri bisa efektif, sekaligus juga efektif dalam meluangkan waktu untuk menulis.
Kemampuan memanajemen waktu adalah kunci kesuksesan bagi siapapun. Dengan ODOA, ibu rumah tanggapun bisa belajar bagaimana memanajemen waktunya dengan baik. Menentukan prioritas pekerjaan di rumah agar bisa tetap mengerjakan ODOA.  Semoga bisa terus konsisten mengerjakan ODOA.

Permudah Belanja di Mal dengan Touchpoint


Menjelang hari lebaran, mal akan sangat dipenuhi oleh pengunjung untuk berbelanja keperluan lebaran. Semakin dekat dengan lebaran, mal yang penuh sesak akan membuat pengunjungnya merasa tidak nyaman. Merasa kesulitan untuk mencari toko atau gerai yang akan mereka tuju merupakan salah satu masalahnya. Tapi sekarang tidak perlu khawatir lagi. Untuk memanjakan pelanggan, mal besar di Jakarta telah menyediakan Touchpoint. Touchpoint merupakan alat yang dapat mempermudah para pelanggan berbelanja di mal

Bentuk dari Touchpoint sendiri seperti Iphone raksasa. Memiliki layar sentuh berukuran 42 inci yang dapat memberikan informasi mendetail sesuai dengan kebutuhan pengunjung mal.


 Fungsi utama dari Touchpoint adalah :
  • Sebagai mesin pencari bagi pengunjung mal. Para pengunjung dapat dengan mudah mencari toko/gerai yang akan dituju. Jenis produk atau jenis layanan yang akan dicari pun dapat kita ketahui informasinya melalui alat ini
  •  Mesin pemandu arah. Dengan alat ini, kita bisa mengetahui letak gerai/toko yang akan dicari secara mendetail. Kita juga akan mendapatkan panduan bagaimana mencapai tempat yang kita inginkan.
  • Info promosi dan acara. Dengan  touchpoint, kita dapat mengetahui promosi yang sedang diadakan oleh toko/gerai tertentu yang ada di mal. Atau mengetahui kapan akan diadakan acara tertentu di mal, seperti pertunjukan musik.
  • Mesin yang memfasilitasi pengunjung yang setia datang ke mal. Pengunjung yang memiliki kartu anggota, dapat mencatat semua pengeluarannya di mal tersebut lalu mendapatkan poin. Poin yang terkumpul akan mendapatkan hadiah sesuai jumlah poin yang didapat. Dengan touchpoint, pengunjung juga dapat mencetak voucher secara langsung. Voucher ini mencakup potongan harga pembelian hingga menu tambahan secara gratis di resto.

Touchpoint dapat dijumpai di mal besar di Jakarta, seperti Senayan City, Central Park, Plaza Indonesia, Baywalk Mall dan Kuningan City.

   



Buang Racun dalam Tubuh Menggunakan Detox Juice dan Detox Water




Siapa yang tidak ingin memiliki tubuh yang sehat dan kuat? Tentu saja setiap orang mau memiliki tubuh yang sehat, kuat dan bisa berumur panjang. Berbagai cara dilakukan orang untuk itu, mengkonsumsi makanan sehat, rajin berolahraga dan lain sebagainya. Tapi apakah dengan semua itu dapat menjamin tubuh kita sehat?
Kita hidup di tengah jaman yang penuh dengan polusi. Makanan yang terdapat bahan pengawet di dalamnya pun masih sering kita jumpai. Polusi dan bahan pengawet makanan merupakan racun di tubuh kita. Tidak semua racun yang ada di dalam tubuh kita dapat langsung bisa dikeluarkan. Metabolisme setiap orang berbeda. Untuk mengeluarkan racun yang telah terlanjur masuk dan ada di dalam tubuh, salah satu caranya kita dapat menggunakan cara detox.
Detoxification atau yang disingkat detox adalah sistem pembersihan secara natural, proses pembersihan dan pembasmian racun dalam tubuh. Racun-racun yang dapat membahayakan tubuh ini dikeluarkan melalui keringat, air seni dan tinja. Bermacam-macam detox yang kita kenal. Diantaranya detox water dan detox juice.
Untuk membuat detox juice dan mendapatkan manfaat yang maksimal, kita harus memperhatikan cara-caranya. Seperti yang tertera di buku yang berjudul Detox Juice karya Greiche Dian. Di dalamnya terdapat 40 resep detox juice, dipaparkan dengan jelas oleh lulusan Teknologi Industri Pertanian IPB  ini. Yang harus diperhatikan untuk membuat jus adalah :
1.      Pilihlah buah atau sayur yang masih segar. Karena di dalam buah dan sayur yang segar kandungan zat gizinya masih lengkap.
2.      Gunakan penghalus buah atau sayur yang masih menyisakan ampas. Serat yang tersisa pada sayur dan buah dapat berguna untuk tubuh.
3.      Ketika hendak mengkonsumsi jus, hendaknya jangan langsung ditelan. Tapi disimpan dahulu sebentar di dalam mulut, lalu dikunyah. Ini dilakukan untuk merangsang keluarnya enzim pencernaan sehingga makanan dapat lebih mudah dicerna.
4.      Hindari menambahkan gula pada jus. Karena kandungan gula di dalam buah sudah cukup tinggi. Terlalu banyak gula juga dapat merugikan tubuh. Untuk menyiasati pemakaian gula pada jus, kita dapat menambahkan madu. Atau kita memilih buah yang manis untuk dibuat jus.
5.      Disamping mengkonsumsi jus, dapat didampingi juga dengan memakan potongan buah segar. Karena kandungan seratnya masih banyak. Potongan buah sangat berguna terutama untuk anak-anak yang membutuhkan banyak serat.
6.      Setelah selesai membuat jus, segeralah diminum. Jangan biarkan jus terlalu lama disimpan di dalam lemari es. Karena kandungan gizi dan vitaminnya akan berkurang
Sedangkan mengenai detox water, kita dapat mempelajarinya lebih dalam di buku berjudul Detox Water karya Drg. Deasy Rosalina. Dokter gigi lulusan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia tahun 2006 yang sekarang menetap di Gyeongsan, Korea Selatan. Di buku itu, dia mengupas secara tuntas 50 resep detox water. Bagaimana menyiasati penggunaan air untuk dijadikan bahan detoksifikasi. Takaran yang sesuai dan merubah rasa air agar tidak membosankan bagi penggunanya.
Kita banyak menemukan bahan untuk membuat detox di sekitar kita, tidak perlu yang mahal-mahal. Jadi tunggu apa lagi? Mari kita buang racun yang ada di tubuh kita dengan detox. Semoga bermanfaat.

Tumbuhkan Kreatifitas Pada Anak Melalui Pendidikan Seni



Orang sering berpendapat, jika anak yang pintar itu adalah anak yang mempunyai nilai bagus di bidang akademik. Dan ada yang memandang sebelah mata pada anak yang mempunyai prestasi di bidang seni. Tetapi sebenarrnya seni dapat mempengaruhi perkembangan otak anak. Buat apa anak yang cerdas secara teori tapi tidak bisa bersosialisasi dan kurang peka pada lingkungan sekitarnya. Menurut para ahli, seni mempunyai pengaruh penting untuk perkembangan otak anak, mengasah kreatifitasnya dan peka terhadap lingkungan sekitarnya.
Seni adalah media paling nyaman dan menyenangkan yang mampu memikat anak untuk mempelajari apapun. Seni berada di wilayah estetika. Pembentukan nilai estetika pada anak dapat menstimulasi perasaan cerdas yang dapat mengarahkan anak untuk mengendalikan emosinya. Anak dapat mengetahui kapan dan cara yang tepat mengutarakan emosinya. Kita dapat melihat dari keberhasilan seorang Stefi Siera Ngangi, yang mempunyai jiwa seni dan menghantarkannya menjadi pribadi yang sukses.





Siera, begitu dia dipanggil, memiliki bakat menari sejak kecil. Khususnya seni tari balet. Dari jiwa seninya melahirkan kreatifitas yang dapat membantu masa depannya. Ketika memutuskan untuk melanjutkan sekolah ke luar negeri, orang tua Siera memberikan ijinnya dengan syarat, dia bisa melanjutkan studinya dengan biaya sendiri. Melalui seni bakat yang dimilikinya, Siera memilih untuk mendirikan sekolah informal yang bergerak di bidang balet. Stefie’s House of Creativity pun didirikannya di daerah Bekasi. Dengan kreatifitas yang dimilikinya, dia membuka sekolah tersebut hingga dapat membantu membiayai sekolahnya di luar negeri.
Kepekaannya pada lingkungan ditunjukkannya juga dengan membangun sekolah formal yaitu Kiwikids Preschool dan Kindergarten, Kiwi School. Siera sangat perduli dengan pendidikan anak-anak usia dini. Melihat perkembangan anak yang belum bisa apa-apa hingga anak bisa mandiri merupakan hal yang sangat menyenangkan baginya. Untuk mendukung sekolah yang didirikannya, Siera pun mengikuti pendidikan di luar negeri. Kegigihannya untuk terus berguna untuk lingkungannya merupakan cerminan betapa dia begitu peka pada lingkungannya.
Dari sosok Siera, dapatlah kita melihat betapa pendidikan informal seperti pendidikan seni dapat mempengaruhi perkembangan otak, mengasah kreatifitas anak dan yang paling penting adalah mengasah kepekaan anak pada lingkungan. Sehingga anak tidak hanya pintar secara teori saja.





Selayang Pandang Indari Mastuti Management




Indari Mastuti Management (IMM) adalah manajemen yang bergerak di bidang pelayanan mengenai trainer, coach dan public speaker yang dilakukan oleh Indari Mastuti. IMM didirikan pada tanggal 13 Juli 2014, dan berpusat di Kualalumpur. Segment pasar IMM premiun yaitu yang dijangkau masyarakat kelas menengah atas, seperti pengusaha. Selain perorangan, grup, juga menangani in house training untuk berbagai perusahaan. Manajemen ini juga akan menangani semua jadwal yang akan dilakukan oleh Indari dalam setiap kegiatannya mengajar di bidang creative writing.
Latar belakang didirikannya IMM ini berangkat dari keyakinan Indari akan personal brandingnya yang menonjol di bidang coaching khususnya di bidang kepenulisan. Untuk mendukung semua itu, maka dibangunlah IMM. Sebagai founder Indscrpt Creative, dia membuat IMM secara terpisah dari Indscript yang lebih ke pelayanan jasa. Kelak, jika peserta dari IMM menghasilkan tulisan, naskah tersebut tetap akan disalurkan oleh Indscript. Sehingga kedua bisnis ini akan saling mendukung.
Melalui IMM diharapkan akan lahir penulis-penulis hebat yang akan melengkapi kesempurnaan buku-buku di Indonesia. Menurut Indari, bisnis ini akan membuktikan bahwa Indscript Corp terus melakukan inovasi bisnis. Meski IMM bukan dibawah naungan Indscript, karena foundernya sama, maka ini yang akan terus meningkatkan brand Indscript sebagai perusahaan jasa penulisan yang menjadi leader di Indonesia dengan inovasi-inovasi barunya.


.comment-content a {display: none;}