Waspada dengan Penyakit Selulitis

Anak demam (sumber disini)

Baru saja, saya mendapat kabar bahwa seorang teman anak saya Haikal, dirawat di rumah sakit. Salah seorang bunda mengabarkan, jika Ira (bukan nama sebenarnya) dirawat sudah satu minggu di rumah sakit pemerintah yang ada di kota kami. Menurut bundanya, Ira terkena Penyakit Selulitis. Beberapa bunda, termasuk saya sebenarnya belum begitu familiar dengan nama penyakit ini.
Salah satu teman akhirnya menemukan apa sebenarnya penyakit Selulitis tersebut. Setelah googling, diketahui ternyata Selulitis adalah penyakit yang menyerang bagian kulit. Ditandai dengan kemerahan, pembengkakkan, nyeri jika ditekan dan sakit pada kulit yang disebabkan adanya peradangan pada jaringan ikat kulit.
Bunda Ira bercerita, jika anaknya mengeluhkan rasa tidak enak badan yang disertai demam dan menggigil. Gejala demam dan menggigil sebenarnya terjadi ketika Bakteri Streptococcus dan Staphylococcus menyerang kulit yang tebuka. Seperti pada celah-celah kulit yang tidak terlihat oleh mata atau luka yang terbuka. Peradangan itu juga terjadi karena sebuah proses yang dialami tubuh untuk bereaksi terhadap bakteri. Bagian tubuh yang sering terkena penyakit ini yaitu lengan, kaki bagian bawah, sekitar leher dan kepala. Sedangkan Ira mengalami infeksi di bagian kaki. Pada kulitnya timbul warna merah dan terasa panas ketika dipegang sehingga menyebabkan kakinya bengkak
Selulitis dapat diobati melalui penggunaan antibiotik. Karena antibiotik dapat menghentikan penyebaran infeksi dan merupakan analgesik yang mengurangi rasa sakit. Beruntung, Ira cepat dibawa ke rumah sakit dan mendapatkan perawatan di sana. Bila tidak diobati, akan menyebabkan terjadinya sepsis (keracunan darah), necrotizing fasciitis (infeksi jaringan yang lebih serius), atau endokarditis (infeksi yang menyerang katup pada jantung).
Menurut berita terbaru, Ira sudah dapat pulang hari ini. Kondisinya sudah lebih baik. Mengambil pelajaran dari semua ini, marilah kita menjaga kebersihan kulit seluruh anggota keluarga kita. Terutama anak-anak yang sangat rentan dengan kebersihan badan dan lingkungan sekitarnya.

Kasih Sayang Seluas Samudera




Mengapa saya terlambat menyadarinya? Setelah saya menikah lalu pergi dari rumah ibu untuk mengikuti suami, di saat itulah baru menyadari jika beliau begitu menyayangi saya. Masih terkenang sampai sekarang, bagaimana beliau mengantarkan saya di depan rumah  kala itu. Secara tidak sengaja saya melihat mata ibu berkaca-kaca, hidungnya memerah. Saya terhenyak. Terdiam dan tidak tahu harus berbuat apa. Dalam perjalanan meninggalkan rumah ibu, tanpa terasa air mata saya tidak terbendung lagi. Begitu menyesali semua itu. Mengapa saya terlambat menyadarinya?

Puspa Iptek Kota Baru Parahyangan

Gedung Jam Matahari (sumber disini)
Catatan kali ini saya akan coba merangkai perjalanan ketika mendampingi anak untuk mengikuti study tour SDIT Alamy ke Kota Baru Parahyangan. Seperti study tour sebelumnya, anak-anak menyambut kegiatan ini dengan begitu antusias. Mereka sudah membayangkan akan melalui semua kegiatan yang baru bersama teman-temannya.Sesampainya rombongan di Kota Baru Parahyangan, anak-anak tidak langsung menuju Gedung Iptek.

BBM Naik, Tak Perlu Panik !

Hari Senin 17 Nopember 2014, untuk kesekian kalinya pemerintah menaikkan harga BBM. Harga BBM bersubsidi jenis premium naik dari Rp 6.500 per liter menjadi Rp 8.500 per liter. Sedangkan solar naik dari Rp 5.500 menjadi Rp 7.500 per liter. Harga baru ini berlaku mulai Selasa, 18 November 2014 pukul 00.00 WIB.
Reaksi yang ditimbulkan akibat kenaikan ini sungguh beragam. Beberapa pihak menganggap jika harga BBM memang sudah seharusnya dinaikkan untuk mengalihkan subsidi ke sektor yang lain. Bagi masyarakat kalangan atas, kenaikan ini sepertinya tidak begitu dirasakan. Tetapi untuk kalangan menengah ke bawah, naiknya harga BBM begitu mempengaruhi jalannya perekonomian keluarga. Kenaikan harga BBM yang diikuti dengan kenaikan harga kebutuhan pokok, begitu dikhawatirkan oleh mereka. Kondisi ini juga memicu timbulnya demontrasi yang menuntut agar  upah para buruh dinaikkan.
sumber gambar berasal dari sini
Sebenarnya jika kenaikan harga BBM memang perlu dilakukan demi pengalihan ke sektor lain, kita tidak perlu panik menanggapinya. Semoga saja semua pengalihan subsidi tersebut benar-benar efektif sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya.
Mari kita siasati keadaan ini dengan berbagai cara. Langkah yang dapat diambil diantaranya :
  • Mari melihat keadaan keuangan kita. Apa saja yang perlu diperbaharui. Cari pos-pos pengeluaran yang sebenarnya tidak begitu penting. Pangkas pengeluaran itu dari daftar.
  • Hemat dalam menggunakan alat-alat listrik. Matikan AC dan water heater yang tidak digunakan. Hematlah dalam penggunaan listrik.
  • Gunakan kendaraan pribadi secara bersama-sama. Orang tua yang hendak pergi bekerja dapat menggunakan kendaraan pribadi bersama dengan anak-anaknya yang hendak berangkat ke sekolah.
  • Bila memungkinkan, lebih baik menggunakan transportasi umum.
  • Hindari mondar-mandir ketika pergi keluar rumah. Usahakan, sekali keluar rumah semua keperluan dapat terpenuhi. Karena jika banyak mondar-mandir, bahan bakar pada kendaraan akan cepat habis.
  • Optimalkan penempatan investasi. Uang yang ada di bank dan tidak dipakai, lebih baik diinvestasikan. Pilih investasi yang dapat menambah nilai mata uang di masa depan seperti investasi emas, properti atau bergabung di pasar uang.
Dengan beberapa langkah ini, semoga kita dapat melalui kenaikan harga BBM dengan penuh ketenangan. Hindari panik! Yakinlah jika rejeki itu ada yang mengatur. Berusaha dan berdoa agar terus ditambah rejeki dan kesehatan. Lalu bagaimana menurut teman-teman, ada langkah lagi untuk menghindari kepanikan pasca kenaikan harga BBM ?

Bapakku adalah Idolaku


Bapak, idola bagi saya. Beliau sosok yang sederhana, tegas dan displin. Saya nyaman berbicara dengannya. Karena selalu mau mendengarkan anak-anak  berbicara sampai selesai, sebelum menanggapinya. Sebagai anggota TNI, bapak  tegas dan keras pada bawahannya. Tapi tidak kepada anak-anaknya. Sikapnya tidak membuat saya takut, tapi lebih ke arah segan. Dengan kharismanya, dapat membuat kami menangis ketika dinasehati. Padahal itu disampaikan dengan suara pelan tanpa ada bentakan sedikitpun. Sampai sekarang selalu terkenang, kebiasaan beliau mengusap kepala kami dan menepuk pundak kami perlahan ketika berbicara. Terima kasih Pak, semua perhatian dan kasih sayangmu akan selalu terkenang.

Diusia 72 tahun dan telah memiliki 6 orang cucu, bapak masih terlihat sehat dan bugar. Semoga sehat terus ya Pak.

"Foto ini untuk memperingati Hari Ayah Nasional dan diikutsertakan dalan Lomba Foto Blog "Aku dan Ayah" di Surau Inyiak"


Filosofi Ayam Betina Versus Penyu

Ayam betina bertelur
Siapa tidak mengenal ayam betina? Ayam dengan bulu yang tebal, memiliki jengger yang tidak panjang dan berbadan agak bulat. Pernah mengamati bagaimana ayam betina ketika sedang bertelur? Berapapun jumlah telurnya, ayam betina memiliki kebiasaan  memberi pengumuman pada dunia jika dia telah bertelur..he..he.. Coba saja amati. Ketika ayam betina bertelur, suaranya akan terdengar sampai ke penjuru kampung. Berpetok-petok... eh mengeluarkan suara dengan tiada hentinya, ya kan?
Penyu : illustrasi bersumber dari sini
Lain ayam betina, lain lagi dengan penyu. Dua makhluk ini sama-sama berkembang biak dengan cara bertelur. Tapi mereka memiliki kebiasaan yang berbeda. Ketika penyu bertelur, hampir tidak ada satupun makhluk lain yang mengetahui selain dirinya sendiri. Berjalan secara perlahan, nyaris tanpa suara. Mencari tempat yang jauh dari manapun. Ketika sudah ditemukan tempat yang dirasa tepat dan aman, penyu akan menggali lubang untuk menyimpan telurnya.
Penyu yang sedang bertelur

Penyu akan menggali tanah hingga ke dalam. Menyembunyikan telurnya. Setelah mengeluarkan telurnya, penyu akan menutup rapat tanah itu sehingga tidak akan ada yang menyadari jika di bawah tanah, telur yang jumlahnya banyak itu berada disana. Lalu, penyu akan pergi meninggalkan telur-telur itu tanpa ada niatan sedikitpun untuk menengoknya kembali.
Sungguh cara bertelur yang sangat berbeda dengan ayam betina tadi bukan?
Ustad Dedi Sugandi ketika mengisi pengajian yang saya ikuti kemarin, berpesan untuk melihat dan mempelajari serta mengambil hikmahnya. Bagaimana cara dua makhluk ini bersikap ketika telah selesai bertelur. Dihubungkan dengan sikap dan perilaku kita sebagai makhluk Tuhan yang telah  dibekali akal pikiran. Mungkin akan kita temui, ada sebagian orang yang bertingkah laku seperti ayam betina. Ketika telah menghasilkan sesuatu atau usai berbagi pada yang lain, akan bersuara lantang untuk mengumumkannya pada dunia. Tidak perduli  banyak atau sedikit, bermanfaat atau tidak. Selalu saja bersuara agar orang lain dapat melihat bahwa dirinya telah menghasilkan dan telah berbagi dengan yang lain.
Bagaimana dengan orang yang bersikap seperti penyu ketika selesai bertelur? Orang ini memiliki karakter yang tidak ingin semua orang mengetahui apa yang telah dia hasilkan. Melakukan semua prosesnya secara sembunyi-sembunyi agar tidak ada yang mengetahuinya. Ketika  sudah berbagi, orang dengan tipe ini akan bersikap seolah-olah belum melakukan hal itu. Dia tidak berniat melihat kembali ke belakang dan mengingat-ingatnya kembali.
Tetapi, ada pula orang yang sengaja memberitahukan keberhasilannya kepada semua orang dengan tujuan memberikan motivasi bagi yang lain. Berharap kesuksesan dapat menulari orang lain untuk mengikuti jejaknya. Ingin orang lain bisa sukses bersama-sama dengan dirinya. Agar tidak ada lagi orang yang kekurangan di sekitarnya. Tentu saja, orang dengan karakter seperti ini tidak termasuk ke dalam tipe seperti penyu atau ayam betina ketika habis bertelur. Lalu bagaimana dengan teman-teman? Kita termasuk yang mana ya..? Hi..hi..hi

 

Rambut Putih (Uban) sebagai Nasihat

Rambut putih (uban)
Mulai menemukan rambut putih di antara rambut hitam yang ada di kepala kita? Rambut putih atau uban jika mulai muncul menghiasi kepala sering diidentikan dengan usia yang tidak muda lagi. Tapi seiring perkembangan jaman, uban tidak hanya terdapat di kepala orang yang sudah tua, kini beberapa anak muda sudah mendapati rambut putih di kepala mereka.
Penyebab rambut putih amat beragam. Kurangnya asupan oksigen pada batang rambut dapat menyebabkan rambut berwarna putih. Faktor keturunan juga dapat menyebabkan uban datang lebih cepat sebelum waktunya. Selain itu faktor iklim, pengaruh tingkat stres serta pola hidup dapat mempengaruhi timbulnya rambut putih.

Berburu Kereta Api Tua di Ambarawa

Kereta Api Tua di Museum Ambarawa
Anak laki-laki saya yang bernama Haikal, sejak kecil sangat menyenangi kereta api. Bermula dari kesukaannya menonton Film Kartun Thomas and Friends, Haikal jadi menyukai kendaraan besi ini. Ketika liburan sekolah 3 tahun yang silam, saya dan keluarga besar berkunjung ke rumah kakek di Ambarawa. Demi memenuhi keingintahuannya, kami mengajak anak-anak berkunjung ke museum kereta api. Ternyata, Museum Kereta Api Ambarawa dahulunya merupakan stasiun yang dialihkan fungsinya menjadi tempat wisata. Di musium ini masih terdapat kereta api bergerigi yang merupakan salah satu dari 3 kereta yang masih ada di dunia. Selain di Ambarawa, kereta api bergerigi lainnya terdapat di Swiss dan India.

Cara Mendapatkan Uang Melalui Bisnis Online

Illustrasi sumber dari google


Menjelang diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada tahun 2015, pemerintah diminta oleh Bank Indonesia untuk mempercepat berbagai upaya yang menunjang peningkatan perekonomian di negara kita. Banyak faktor yang dapat meningkatkan laju perekonomian sehingga menjadi negara yang kuat secara financial. Salah satunya, dibutuhkan para pebisnis yang handal dalam menghadapi situasi ekonomi yang tidak menentu dan lapangan pekerjaan formal yang sulit didapatkan.
Kebebasan financial kerap kali dijadikan alasan yang paling digembor-gemborkan oleh pelaku bisnis. Suatu kebebasan yang dimana semua keinginan dan kebutuhan bisa tercukupi. Selain itu, kebebasan waktu yang bisa dinikmati menjadi hal paling dipertimbangkan. Beberapa alasan inilah yang belakangan membuat jumlah pebisnis semakin meningkat.

Peran Ayah dalam Pengasuhan Anak

Di dalam suatu keluarga, pembagian peran (ibu mengurus anak dan rumah, sedangkan ayah bertugas mencari nafkah), dalam kondisi sekarang sudah dianggap jadul alias tidak sesuai lagi dengan tantangan perkembangan yang ada.
Sebagai sebuah keluarga, ayah merupakan bagian yang tidak terpisahkan. Anak-anak sekarang tumbuh di jaman yang penuh dengan tantangan dan ujian. Mereka butuh sosok yang dapat melindungi dan dijadikan sandaran menghadapi semua itu. Tentu saja yang dimaksud adalah ayah dan ibu. Keduanya tidak bisa dipisahkan. Tidak boleh saling lepas tanggung jawab atau menyerahklan pengasuhan hanya pada salah satu pihak saja. Jadi, apa saja yang dibutuhkan seorang anak dari ayahnya? 

Menikmati Kuliner di atas pohon ala Dusun Bambu

Lutung Kasarung, tempat makan di atas pohon

tempat makan dibuat dari susunan ranting pohon
Mau merasakan sensasi asyiknya menikmati kuliner di atas pohon? Yuk mari berkunjung ke Tempat Wisata Dusun Bambu. Area unik yang dinamakan Lutung Kasarung ini merupakan tempat makan berbentuk bulat telur yang terbuat dari susunan ranting pohon. Tempat bulat satu dan tempat bulat yang lainnya dihubungkan dengan jembatan yang terbuat dari kayu. Eh..posisinya yang lumayan tinggi, dapat menjadi tantangan tersendiri bagi phobia ketinggian..he..he..

Tangki Cinta Pada Anak

sumber illustrasi

Membayar janji, untuk sharing hasil parenting yang diadakan di SDIT A'lamy kepada bunda-bunda yang tidak hadir di acara kemarin. Ilmu parentingnya saya  tulis disini aja ya bunda-bunda....
---------------------
Acara parenting kemarin agak sedikit berbeda dari kegiatan serupa di bulan sebelumnya. Jika sebelumnya  narasumber parenting hanya Bunda Maya yang merupakan seorang  psikolog sekaligus orang tua murid di sekolah kita,  kemarin suami beliau ikut mendampingi untuk mengisi materi juga. Dr Riyanto, seorang dokter yang menekuni bidang hypnotherapy berkenan berbagi ilmunya kepada peserta parenting skill yang hadir. Selain narasumber yang lebih dari satu orang, pemberian materi pun gayanya berbeda. Jika sebelumnya narasumber langsung membeberkan materi, kemarin kami diberi kuis  untuk mengetahui bagaimana caranya sebagai orang tua untuk mengisi tangki cinta kepada anak terlebih dahulu, sebelum memaparkan materi.
Tangki cinta? Apa sebenarrnya tangki cinta ? 

Menikmati Indahnya Tanaman Wijaya Kusuma yang Berkhasiat

Tahukah teman? Hari ini, 5 November diperingati sebagai Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional? Demi memeriahkan peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (halagh..!!)  saya coba posting tanaman yang menghiasi halaman depan rumah. Saya termasuk penggemar tanaman yang memiliki bunga cantik. Kebetulan di depan rumah ditanami Bunga Wijaya Kusuma yang saat ini sedang menampilkan keindahan mahkotanya. Lihatlah begitu cantiknya bunga yang berwarna putih ini.
Bunga Wijaya Kusuma

Tips Membangun Karakter Anak Tahan Banting

Setiap pulang sekolah, anak saya selalu antusias menceritakan pengalaman mereka di sekolah tadi. Beragam cerita yang selalu mereka kemukakan. Tapi untuk anak saya yang kecil, Haikal selalu menceritakan hal yang hampir sama setiap hari. Menurut ceritanya, di sekolah hampir setiap hari ada yang menangis. Tidak terkecuali anak lelaki saya ini..haduuuh.. !! :( walaupun hampir terbilang jarang, tapi pernah menangis ketika sedang bermain di sekolah dan secara tidak sengaja tertendang.
"Kenapa adek nangis, malu dong sama temen-temen.." kata Saya suatu hari.
"Gak malu ah..soalnya temen-temen juga banyak yang suka nangis." jawab Haikal dengan santai.

Ikan Bakar Etong Khas Subang

Ikan Bakar Etong A' Badru










Sambal kecap + lalapan sebagai pelengkap Ikan Bakar Etong
Memiliki hobi menikmati kuliner khas laut atau seafood? Barangkali sebagai penikmat seafood, olahan hasil laut seperti udang, cumi-cumi, kepiting dan kerang sudah tidak asing bukan? Bagaimana dengan Ikan Etong?  Ikan ini hidup di dasar laut dan terdapat di daerah pesisir yang berlumpur dan berpasir. Ikan etong memiliki kulit keras dan kasar. Sebenarnya  dahulu tidak begitu diperhatikan oleh para nelayan. Tapi belakangan ketika kulitnya dikelupas dan diolah dengan cara dibakar, ternyata dagingnya yang tebal terasa nikmat di makan.
.comment-content a {display: none;}