Fenomena Badai Petir di Langit Kota Subang

Tadi malam, 7 Januari 2015 sekitar jam 18.00 sampai dengan jam 20.00 warga Subang dihebohkan dengan penampakan langit yang terang benderang. Kilatan petir sambar-menyambar tiada henti. Biasanya petir terjadi pada saat hujan dan munculnya petir akan disusul dengan suara gemuruh guntur. Tapi hal ini tidak terjadi semalam. Tidak ada suara gemuruh sama sekali.
        Petir yang terjadi terus menerus di atas langit Kota Subang          
Beberapa orang mencoba mengabadikan fenomena yang jarang sekali terjadi. Buat sebagian lainnya malah panik dan ketakutan. Mengkhawatirkan jika ini merupakan gejala alam yang akan diikuti oleh sebuah bencana alam. Akhirnya bermunculan berbagai rumor tentang kemungkinan yang sedang terjadi. Saat itu saya sedang berada di Gelanggang Olah Raga, mengantarkan anak saya berlatih bulu tangkis. Di seberang gedung tersebut terdapat lapangan sepak bola, sehingga memungkinkan siapapun yang berada di sana, dapat dengan leluasa melihat langit yang menjadi terang benderang itu.
Serombongan bapak-bapak yang hendak bermain bulu tangkis sempat memberitahu kepada kami, jika itu terjadi karena Gunung Tampomas meletus.
Gunung yang berada di Sumedang itu memang terlihat jelas dari arah Kota Subang. Teman saya sempat khawatir jika memang benar gunung itu akan meletus. Karena dari rumahnya, gunung itu bisa dilihat dari kaki gunung hingga puncaknya.
Selang beberapa menit kemudian muncul lagi kabar jika petir yang berkilatan di langit itu bukan berasal dari gunung meletus, tapi terjadi karena adanya badai petir di atas Gunung Ceremai. Gunung yang terletak di 3 kabupaten yaitu Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka.
Simpang siur ini terus menjadi pembicaraan warga tadi malam. Mengenai kabar Gunung Tampomas meletus ternyata tidak terbukti kebenarannya. Karena ternyata, tidak ada gunung yang meletus tadi malam.
Info terbaru yang di dapatkan, badai petir ini bisa saja terjadi karena adanya Awan Cumulusnimbus. Awan ini bentuknya menjulang tinggi, padat dan mengandung banyak muatan listrik. Sehingga akan terlihat petir yang saling menyambar. Apapun penyebab timbulnya kilatan petir semalam, semoga tidak akan terjadi apa-apa.

Artikel lainnya :
Ikan Bakar Etong Khas Subang
Ayam Goreng Dan Baby Fish Goreng ala Rumah Makan Mang Yeye
Berendam Air Panas di Ciater
Bagaikan Berenang Di Atas  Awan
Serunya Perjalanan Antara Bandung-Ciater

15 comments:

  1. Di Sidoarjo kemarin padahal cerah lho mbak cuacanya. Tapi memang langit pas hari Jumat lalu warnanya pas senja bagus, kuning kemerahan gitu. syag saya lupa mengabadikannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...saya suka sekali dengan warna langit waktu senja ..semburat orangenya itu...bagus sekali. Sayang lupa diabadikan ya mbak..

      Delete
  2. ngeri banget nih mbak, kog berani yah fotonya hihi kalau saya sudah ngumpet dibawah kasur :D Mampir yah di www.novawijaya.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. .antara penasaran ingin lihat sama rasa takut..bercampur..

      Delete
  3. Ngeri...ah..kayak yang di Kelud itu ya mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mbak...kawan saya juga bilang gitu...peristiwanya kayak yang di Kelud...mudah-mudahan tidak ada apa-apa

      Delete
  4. Dari Bandung bagian barat juga keliatan

    ReplyDelete
  5. cumulusnimbus sama kumolonimbus sama atau beda sih? -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saja...cumulusnimbus itu bahasa latinnya dari kumolonimbus

      Delete
  6. Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Foto ini diambil dari daerah Sindangpalay Subang. Merupakan tempat yang terletak di dataran tinggi.

      Delete
  7. Katanya kecelakaan ais asia juga disebabkan badai petir semacam ini.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}