6 Keuntungan Investasi Emas Batangan

Emas batangan atau logam mulia (sumber : logammulia.web.id)
Beberapa hari yang lalu, saya diajak oleh seorang sahabat untuk menghadiri seminar yang mengulas tentang Cara Ampuh Investasi Emas. Sebenarnya saya sudah lama mengetahui tentang investasi di bidang emas ini. Tapi saya tidak begitu mengerti bagaimana cara berinvestasinya dan keuntungan berinvestasi logam mulia.
Seminar yang saya ikuti kemarin dipandu oleh Bp. H. Hartono, SE. Beliau menceritakan pada kami para peserta seminar, tentang pengalaman beberapa orang terdekatnya yang berhasil menunaikan ibadah haji dengan berinvestasi emas.

Seminar Cara Ampuh Investasi Emas
Sahabat beliau beruntung dapat menunaikan ibadah haji berkat berinvestasi emas. Nilai rupiah cenderung menurun serta dipengaruhi oleh inflasi. Hal ini berpengaruh pada biaya ONH yang cenderung naik pada waktu yang akan datang. Sedangkan harga emas cenderung naik setiap tahunnya. Inilah yang membuat sahabatnya berhasil menunaikan ibadah haji karena nvestasinya.
Emas merupakan logam mulia yang dijadikan tolak ukur kemakmuran. Oleh karena itu, permintaan emas terus meningkat. Di sisi lain, jumlah emas yang tersedia sangat terbatas. Hal inilah yang menyebabkan harga emas selalu mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.
Hal yang menyebabkan emas begitu istimewa adalah posisi emas sebagai cadangan devisa negara, logam yang dijadikan sarana investasi dan dipergunakan untuk perhiasan. Emas merupakan alternatif investasi yang aman guna menjaga Porfolio Aset dan tidak terpengaruh inflasi. Sangat liquid  dalam memenuhi kebutuhan dana yang mendesak guna memenuhi kebutuhan modal kerja untuk prngrmbangan usaha atau menyehatkan cashflow keuangan bisnis. Logam mulia ini bersifat praktis serta bersifat prifacy.

Kita dapat menemui berbagai macam bentuk emas seperti uang logam, perhiasan dan emas batangan. 
Pada seminar kemarin, Pak Hartono mengungkapkan 6 keuntungan Investasi Emas Batangan yaitu :
  1. Emas batangan atau logam mulia bebas pajak
  2. Dapat dijual di mana saja di seluruh dunia
  3. Ketika dijual, logam mulia tidak dikenakan potongan ongkos pembuatan.
  4. Harganya mengikuti standar internasional 
  5. Jika kita membeli logam mulia, akan mendapatkan sertifikat standar internasional
  6. Kadar logam mulia sebesar 99,99% atau 24 karat.   
Bagi masyarakat awam, mendengar istilah emas batangan, sepertinya membayangkan ukuran emas dalam ukuran besar dan harganya mahal. Anggapan itu tidaklah tepat, karena saat ini, logam mulia tersedia dalam berbagai pecahan. Mulai dari 1 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, 250 gram, 500 gram dan 1000 gram.
Dalam seminar kemarin, dibahas pula mengenai keunggulan berinvestasi logam mulia dibandingkan dengan emas dalam bentuk perhiasan. Seperti diketahui, jika kita memerlukan dana tidak terduga, kita dapat menjual perhiasan yang kita miliki. Namun seringkali harga jual yang kita terima, lebih rendah dibandingkan ketika kita membeli perhiasan. Karena biasanya dikenakan biaya pembuatan. 
Perhiasan yang akan kita jual pun tidak bisa di mana saja. Jika menjual di toko emas yang lain, biasanya jauh di bawah dari harga sewaktu kita beli.
Nah, ternyata berinvestasi di logam mulia lebih menguntungkan bukan? Bagaimana, tertarik berinvestasi emas? Oh ya, kita dapat membeli logam mulia ini dengan cara diangsur di PT Pegadaian terdekat.

Artikel Lainnya :
Investasi Untuk Mempersiapkan Dana Pendidikan 
Bijak Mengelola Bonus Akhir Tahun 
Stop Tidak Perduli Dengan Perencanaan Dana Pensiun
Punya Masalah Keuangan? Ini Dokternya
Akibat Tidak melek Perpajakan

13 comments:

  1. Dari dlu pngen bnget invest emas mbk...trnyta bnyk klebihannya ya..syip

    ReplyDelete
  2. sampai sekarang kok ya saya belum berani mencoba inves emas -,- apa ada trik khusus ya?

    salam kenal, mampir ya kalau sempat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trik khusus? untuk berinvestasi emas? Dari yang saya ikuti kemarrin, pembicara mengajak kami untuk belajar menyisihkan setiap hari. sedikit demi sedikit jika sudah cukup baru dibelikan emas

      Delete
  3. Teh Nurul hatur nuhuun infonya :)

    ReplyDelete
  4. Benar nih. Emas batangan masih tetap jadi investasi pilihan saya.

    ReplyDelete
  5. saya beli emas di tahun 2011 di harga 518000 pwr gram nya..setelah itu emas turun terus..cuma 2 minggu kemaren harga ada di atas lima 5 ratus ribu..
    investasi emas ngga semudah yang ada bayangkan kalo modal cekak
    tetapi di tahun 2010 saya menikmati kenaikan emas 100000 /gram Dalam waktu 6 bulan...sebelum agustus ini kesempatan anda beli

    ReplyDelete
  6. wah, thanks banget infonya.
    mungkin saya beberapa tahun lagi akan memberanikan diri buat investasi emas..

    ReplyDelete
  7. Saya dari awal menikah selalu beli logam mulia untuk tabungan pendidikan anak anak saya. Emas adalah investasi jangka panjang, jika untuk beli lalu jual lagi sebaiknya jangan.

    ReplyDelete
  8. Aku mau coba invest emas juga nih. Newbie dlm dunia investasi

    ReplyDelete
  9. Harga emas kadang turun lumayan drastis mbak. Tapi memang yang namanya investasi, ada naik turunnya ya. Saya pernah untung lumayan untuk modal minus 1 juta 4 tahun yang lalu. Tidak tahu kalau sekarang kecuali kita bisa membeli secara mencicil di beberapa tempat.

    ReplyDelete
  10. Embah Putri dan Emak sering ngasihat agar saya jangan beli gombal (pakaian) saja, lebih baik beli emas. gampang njualnya juga jika perlu uang
    Terima kasih tipsnya
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  11. udah dari dulu aku ikutan investasi ini ;).. Lwt cicilan salah satu bank syariah mba. cicilanny ringan, dan ntr emasnya akan kita terima pas udh lunas...aku lbh suka cara gini krn aku boros bgt..hrs dipaksa utk nyicil spy bisa kebeli :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}