Bersepeda Untuk Menjadi Sahabat Alam

Kebiasaan menggunakan sepeda sudah saya lakukan sejak kecil. Masih saja teringat ketika ibu membelikan saya sebuah sepeda mini. Bermula dari keprihatinan ibu ketika melihat saya hanya disuruh mendorong sepeda milik seorang teman. Ibu tidak mau melihat anaknya hanya mendorong tanpa diperbolehkan menaiki sepeda milik teman tersebut.
Sore harinya, setelah menanyakan berapa harga sepeda itu, ibu mengajak bapak pergi ke toko sepeda. Membeli sepeda yang menjadi impian saya. Beruntung, toko tersebut, jual sepeda yang diinginkan oleh saya. Kendaraan beroda dua itu, selain selalu saya gunakan untuk bermain di sore hari, juga sesekali kami gunakan untuk berkunjung ke rumah kerabat dekat.
Ibu memiliki seorang kakak yang tinggal sekitar 1 kilometer dari rumah kami. Dengan alasan berolah raga serta mengurangi emisi BBM, keluarga kami menggunakan sepeda ke sana. Melewati kebun dan lapangan rumput beriringan, begitu sangat menyegarkan. Sepanjang jalan kami bisa menikmati keindahan alam.  Sambil sesekali bersenda gurau.
Kebiasaan untuk lebih dekat dengan alam dan sekitarnya, tetap saya terapkan hingga saat ini. Setelah berkeluarga dan memiliki anak, kebiasaan menjadi sahabat alam diturunkan pada kedua anak saya. Kami sekeluarga menyadari betapa pentingnya berolah raga. Terutama untuk suami saya yang sehari-harinya bekerja duduk di belakang meja. 

Suami saya kurang menyukai, bersepeda dengan Polygon kesayangannya di dalam kota. Dia lebih senang berkeliling ke tempat yang banyak ditumbuhi pepohonan. Bersepeda mengunjungi tempat yang asri tentunya menjadi pelepas penat setelah seminggu bekerja. Di akhir pekan, suami saya kerap berolah raga dengan menggunakan sepeda gunung warna putih miliknya. Sesekali anak-anak pun turut serta berkeliling menyusuri kebun dan pesawahan dengan menggunakan sepeda lipat polygon mereka. 
Akhir pekan gowes dengan sepeda gunung di sekitar hutan karet
Gak mau kalah dengan ayahnya, ade ikut bersepeda di sekitar hutan karet
Selain itu, kami pun kerap ikut serta  menjadi sahabat alam dalam kegiatan car free day yang diadakan di kota kami. Kegiatan tersebut berlangsung setiap Hari Minggu mulai jam 7 pagi hingga jam 9 pagi. Kami mengenalkan acara tersebut pada anak-anak, agar mereka juga peduli akan alam sekitarnya. Dalam acara itu kami memberi pengetahuan pada mereka, jika lingkungan menjadi bersih tanpa asap kendaraan bermotor. Di samping itu, penggunaan kendaraan bermotor akan berdampak pada polusi udara dan polusi suara.
Anak-anak senang sekali bersepeda di jalan yang bebas dari kendaraan bermotor. Bersama dengan pengendara sepeda lain menyusuri jalan protokol yang bebas polusi. Suasana pagi hari yang berudara bersih, menambah kesegaran pikiran dan badan. 

Cusss...ade ngebut bersepeda di car free day dengan Sepeda Lipat Polygon
 
Istirahat melepas lelah, usai bersepeda mengelilingi stadion olahraga
Anak-anak senang sekali bisa bersepeda di udara yang bebas polusi. Akibatnya, mereka selalu mengajak kami untuk bersepeda tidak hanya di Hari Minggu. Jika sekolah libur, anak kami tetap rajin bangun pagi karena ingin berkeliling dengan sepeda mereka. 
Tulisan ini diikutsertakan dalam  "Polygon Blog Competition #2 - Sahabat Alam"

7 comments:

  1. baca sepeda Polygon jadi ingat punya kakak ipar saya juga Polygon, Mbak. Memang beli sepeda sebaiknya yang bagus kayak Polygon. Awet dan nyaman walaupun merogoh kocek agak dalam :)
    Saya juga pengen nih rajin bersepeda. Dulu pernah punya sepeda, trus dijual, bwahahaha. Moga2 bisa beli ;agii dan bisa mendekat ke alam dengan mengayuh sepeda. Hemat energi, tak ada polusi.

    Semoga menang ya kontesnya Mbak ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas Belalang.. yang penting awet dan bagus walaupun harus merogoh agak dalam ya..he..he..
      Aduuh kenapa dijual atuuh.. ayo beli lagi mas.. :)

      Delete
  2. mengenal alam dgn bersepeda...syip bngt mbk multi manfaat *_*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak...multi manfaat. Sekali kayuh dua tiga pulau terlampaui..hi..hi

      Delete
  3. Banyak manfaatnya ya. Bisa rekreasi dan olahraga. Menyehatkan tentunya.
    Salam

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}