Cara Jitu Atasi Depresi dan Stres

Cara Jitu Atasi Depresi dan Stres (gbr:google)
Pernah mengalami gangguan tidur atau gangguan nafsu makan? Mudah tersinggung atau mudah sekali marah dengan hal-hal sepele? Merasa ingin menangis sendiri tanpa sebab? Hati-hati, barangkali itu salah satu tanda kita mengalami depresi atau stress. Alangkah lebih baik jika kita mengetahui Cara Jitu Atasi Depresi dan Stres. Keluar dari masalah tersebut.
Banyak faktor yang dapat membuat orang mengalami stress, bisa dari dalam diri sendiri maupun dari lingkungan. Sebuah penelitian mengungkapkan, jika perempuan lebih rentan terkena depresi atau stres. Faktor kejiwaan, emosi serta hormonal biasanya paling sering memicu depresi pada perempuan

Apabila merasa hati tidak tenang, mudah marah atau perasaan mulai tidak stabil, maka ada beberapa langkah jitu yang dapat mengatasi depresi atau stress. Beberapa diantaranya adalah :
Minta dukungan atau bantuan pada orang terdekat.  Membagi keadaan hati yang dirasakan. Komunikasikan dan cari pemecahan masalahnya.
Ketika kita mengalami stres, mandi dengan air dingin dapat membuat badan terasa lebih rileks.Temperatur yang dianjurkan sekitar 12-18 derajat celsius. Karena suhu air tersebut sangat baik untuk meredakan ketegangan, mempersempit aliran darah dan meningkatkan tingkat gula darah. Otot-otot pada tubuh pun mengalami relaksasi sehingga memungkinkan terjadinya keadaan rileks. 
Bagi umat muslim, shalat juga memiliki pengaruh yang dahsyat dalam menjaga kesehatan badan dan hati.
Shalat merupakan sebuah meditasi handal yang dapat memberi manfaat positif bagi jiwa seseorang. Penelitian Itzhak Fried dari UCLA School of Medicine beserta koleganya, mengungkapkan jika sujud pada sholat akan meningkatkan rasa tenteram, damai dan bahagia. Dan otomatis menekan perasaan emosi, cemas, marah, gelisah dan semacamnya. Melakukan ibadah sholat dengan khusu dan ikhlas dipercaya dapat menenangkan jiwa.
Puasa juga merupakan cara jitu atasi depresi dan stres.
Ketika menjalani puasa, kita dituntut agar dapat mengendalikan emosi dan amarah. Harus memiliki kemampuan dan kemauan untuk menahan hawa nafsu. Alan Cott melakukan penelitian terhadap pasien gangguan jiwa di rumah sakit Grace Square, New York. Menjalankan terapi puasa pada pasien selama 30 hari. Hasilnya sungguh mengejutkan, pasien yang tidak bisa disembuhkan dengan terapi medis, ternyata bisa sembuh dengan terapi puasa. 
Terapi untuk penderita stres dan depresi lainnya adalah membaca Al - Qur'an. Hal ini telah diyakini sejak dulu, sejak zaman para sahabat Rosululloh. 
Tersiar kabar ketika suatu waktu ada seseorang yang mendatangi sahabat Rosul bernama Ibnu Mas'ud dan meminta nasihatnya. "Wahai Ibnu Mas'ud, berilah nasehat yang dapat kujadikan obat bagi jiwaku yang sedang gelisah.  Dalam beberapa hari ini, aku merasa tidak tenteram, jiwaku gelisah dan pikiranku kusut, makan tidak enak, tidur pun tak nyenyak. " 
Maka Ibnu Mas'ud menasihati, " Kalau penyakit itu yang menimpamu, bawalah hatimu untuk mengunjungi tiga tempat. Yaitu tempat orang yang membaca Al Qur'an, engkau baca Al Qur'an atau engkau dengar baik-baik orang yang membacanya. Atau engkau pergi ke majelis taklim yang mengingatkan hati pada Allah. Atau engkau cari waktu dan tempat yang sunyi, di sana engkau berkhalwat (menyendiri), beribadah kepada Allah SWT. Umpama di tengah malam buta saat orang sedang tidur nyenyak, engkau bangun dan mengerjakan shalat malam meminta pada Allah agar diberi hati yang lain karena hati yang kamu pakai itu bukan lagi hatimu."
Cerita singkat tersebut menunjukkan seberat apapun penyakit jiwa yang di derita oleh seseorang, akan sembuh jika dihadapkan pada Al Qur'an. 
Selain semua cara itu, depresi dan stres dapat kita minimalisir dengan cara meluangkan waktu dan mencari hiburan untuk diri sendiri. Perbanyaklah bersyukur apapun kondisi kita selama ini. Hindarkan untuk selalu menjadi yang sempurna. Menuntut diri agar selalu sesuai dengan rencana yang telah kita rencanakan.
Artikel lainnya :
Pengaruh Lamanya Mandi dan Manfaatnya
Waspada dengan Gejala Baby Blues
Etika Bepergian
Delapan Manfaat Berjalan Kaki
Benarkan Cara Berdoa Kita?

7 comments:

  1. shalat dan puasa emang cara yg bagus banget buat stres saat kita sholat kita bisa mengadu pada tuhan tentang apa yg memebuat kita stres dan apa yg terjadi hari ini pada kita, tuhan pasti mendengar segala doa yg telah kita ucapkan saat bersujud padanya,
    nice post kak,
    nice to meet you kak :)

    http://litarachman.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. makasih tipsnya...baca alquran bikin ademm

    ReplyDelete
  3. mandi sholat terus baca alquran, langsung adem rasa nya

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}