Manfaat Tidur Dalam Keadaan Gelap

Bertemu dengan saudara memang sangat menyenangkan. Bisa bercengkerama, ngobrol ngalor-ngidul sampai gak kenal waktu. Namun, semua  kesenangan itu, terkadang menjadi keributan ketika menjelang waktu tidur. Loh..kenapa jadi ribut ya..?
Kebiasaan tidur kami berbeda. Saya suka tidur dalam keadaan gelap, minimal ada sedikit cahaya tidak jadi masalah. Tentunya saya yakin jika ada manfaat tidur dalam keadaan gelap. Tapi, saudara saya menyukai tidur dalam keadaan lampu yang menyala. Bagi saya, sinar lampu terlalu menyilaukan mata , sehingga sulit untuk dipejamkan. 
Selain itu, saya juga berusaha untuk mengikuti apa yang telah dicontohkan oleh Rosululloh. Dalam sebuah hadist, Rosululloh bersabda :

" Padamkanlah lampu di malam hari apabila kamu akan tidur,tutuplah pintu,
 tutuplah rapat-rapat bejana-bejana dan tutuplah makanan dan minuman." (Muttafaq'alaih)

Tentunya kita yakin, jika semua yang dicontohkan oleh Rosul pasti ada hikmah dan manfaatnya. Ternyata, kebiasaan tidur dalam keadaan gelap dapat membantu tubuh meregenerasi sel tubuh. Keadaan yang gelap sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memperbaiki sel-sel yang telah rusak selama seharian.
Aktifitas kita pada siang hari, membuat beberapa sel tubuh kita rusak. Maka tubuh akan menggantinya di malam hari, tentu dengan kondisi yang gelap.
Hal ini diperkuat oleh ahli biologi, Joan Robert yang mengatakan bahwa tubuh baru bisa memproduksi hormon melatonin ketika tidak ada cahaya. Hormon ini merupakan salah satu hormon kekebalan tubuh. Melatonin dipercaya mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit, seperti kanker payudara dan kanker prostat.
Penelitian lain yang dilakukan di Inggris juga menyebutkan jika cahaya dihidupkan di malam hari, dapat memicu ekspresi berlebihan dari sel-sel yang membentuk sel kanker.
Profesor Russle Reiter dari Texas University juga melakukan penelitian dan menjelaskan jika kita tidur dan tidak mematikan lampu selama 1 menit, maka otak kita akan mendeteksi bahwa lampu menyala seharian dan ini mengakibatkan produksi zat melatonin menurun.
Tulisan yang tertera dalam Manfaat Ibadah-ibadah Harian menjelaskan, jika manfaat lain dari melatonin adalah sebagai antioksidan yang larut dalam air dan lemak. Fungsinya untuk meningkatkan kekebalan tubuh, membantu merelaksasi otot, membantu meningkatkan mood dan menghilangkan ketegangan.
Nah..benar bukan? Semua yang dicontohkan oleh Rosululloh pasti mengandung manfaat. 
Kayaknya saudara saya itu, perlu mengetahui manfaat tidur dalam keadaan gelap. Tapi saya tidak perlu terlalu memaksakannya. Karena setiap orang memiliki kebiasaan masing-masing. Bagaimana dengan anda..?

19 comments:

  1. baru tahu kalau tidur dalam gelap ada manfaatnya, makasih ya

    ReplyDelete
  2. aku juga senang dan amat sangat nyenyak kalo pas tidur lampunya dimatikan :)

    ReplyDelete
  3. waktu kecil tidurnya harus ada lampu kecil mbak. Tapi sekarang, enak banget tidur dalam gelap. Apalagi setelah tau manfaatnya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya anak kecil memang takut tidur dalam gelap ya.. :D

      Delete
  4. Aku tadinya terbiasa tdr terang2an, trus semenjak nikah, suami selalu rajin matiin lampu, awalnya berasa sumpek krn gelap, lama2 terbiasa, dan skrg klo mau tdr tp lampu masih nyala malah gk bs tdr. :D

    ReplyDelete
  5. Yang gelap dan remang-remang emang lebih asyik :D

    ReplyDelete
  6. Yang gelap dan remang-remang memang lebih asyik :D

    ReplyDelete
  7. yang pasti lebih nyaman dan bikin pulas

    ReplyDelete
  8. anakku kalo dimatiin lampu jadi gabisa tidur malah mba :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasa itu mah mbak..anak kecil takut gelap ya ..

      Delete
  9. kadang lebih nyaman tidur saat gelap, tapi di tempat baru belum terbiasa *penakut* heee
    salam kenal ya bu :)

    ReplyDelete
  10. tidur dalam keadaan gelap emang lebih enak. apalagi ditambah selimut sambil peluk guling hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..pasti itu.. lebih nyenyak pake selimut sambil peluk guling :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}