Cara Cermat Mengajarkan Anak Gemar Menabung

Anak-anak dimana pun sepertinya sama, senang sekali jajan. Terutama senang membeli mainan. Sebagai orang yang belum dewasa, mereka juga belum memahami nilai produktif dan sangat mudah menghabiskan uang.
Seperti anak saya yang paling kecil. Meskipun kini dia telah duduk di kelas dua SD, tapi kegemarannya mengumpulkan mainan gak pernah berhenti. Box mainan dan salah satu sudut di rumah saya sudah penuh dengan berbagai macam kereta api dan mobil-mobilan. Tapi setiap pergi ke mall, anak lelaki saya itu pasti merengek minta dibelikan mainan lagi. Hadooh ..:(
Selaku orang tua, tentu tidak baik jika saya terus mengabulkan keinginannya bukan? Memberikan kasih sayang pada anak, bukan berarti memberinya semua barang yang dia minta. Asalkan anak senang, tanpa tahu konsekwensinya di masa depan. Terlalu banyak memberi barang dapat membuat anak tidak berpikir dewasa dan cenderung kurang menghargai barang tersebut.  
Kecerdasan yang dimiliki seorang anak diantaranya, yaitu kecerdasan di bidang financial. Salah satu cara untuk mengasah kecerdasan tersebut adalah dengan menanamkan kebiasaan menabung sejak dini. Kita harus bisa menanamkan pemikiran pada anak jika investasi atau menabung akan sangat menguntungkan di masa yang akan datang, terutama untuk mencukupi kebutuhan pendidikan.
Banyak manfaat yang bisa didapatkan jika anak diajarkan menabung sejak dini. Kebiasaan itu akan mendidik anak belajar mengendalikan diri, memperhatikan dan mengelola keuangan secara bertahap. Selain itu, menabung juga akan mengasah kecerdasan anak untuk berhemat dan membelanjakan uangnya dengan lebih bijak.
Lalu, bagaimana cara mengajarkan anak agar gemar menabung? Ada beberapa langkah yang bisa diambil oleh orang tua agar anaknya dengan senang hati menabung. Diantaranya adalah:
1.  Berikan pendidikan pada anak tentang makna uang. Berikan pengertian secara konsisten dengan cara menjelaskan yang sesederhana mungkin, agar anak mengerti. Berikan pemahaman, jika menabung memiliki dampak positif. Menyisihkan uang jajan untuk ditabung bisa bermanfaat ketika mengalami kondisi darurat, keuntungan itu bisa dirasakan dalam jangka panjang.
2. Berikan teladan pada anak. Sebagai orang tua tentu tidak boleh hanya bisa mengajarkan tapi harus disertai contoh melakukan hal tersebut. Anak yang memiliki orang tua yang gemar berbelanja, tentu akan merasa kesulitan dilatih untuk berhemat. Intinya gaya hidup orang tua sangat mempengaruhi kebiasaan anak.
3.  Ajarkan anak untuk membuat daftar belanjaan. Dalam membuat daftar belanjaan, anak perlu mendapat bimbingan dari orang tua. Sehingga anak mengetahui, mana yang menjadi prioritas dan belanja sesuai dengan kebutuhan, bukan keinginan. Lambat laun, anak akan terbiasa memiliki prioritas dalam merancang daftar kebutuhannya kelak.
4.  Buka tabungan pribadi untuk anak. Tujuan membuat tabungan agar anak menjadi disiplin dalam menyimpan uangnya. Kita dapat memberikan penjelasan pada anak, jika menabung uang di bank, kita akan memperoleh bunga atau hadiah bila saldo tabungan bertambah dalam jumlah tertentu. Hal ini dapat membuat anak gemar menabung, apalagi jika buku tabungannya diberi nama anak, tentu anak akan merasa bangga.
Lalu, bagaimana cara kita untuk memperkenalkan tabungan anak pada buah hati kita? Karena begitu banyak bank yang menyediakan tabungan untuk anak.
Ternyata, kita tidak perlu repot-repot mendatangi bank yang ada di sekitar kita, satu persatu. Karena berdasarkan informasi dari seorang teman, ada situs yang capable dan handal menangani bidang financial menyediakan informasi tentang bank-bank yang terpercaya.
Situs Cermati.com menawarkan Kartu Kredit, Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit Multiguna (KMG), tabungan, deposito, kredit mobil. Produk tabungan yang kita perlukan pun ada, seperti tabungan bisnis, tabungan anak, tabungan pensiun, tabungan pegawai dan tabungan haji yang memiliki banyak keuntungan. 
Dalam Cermati.com, beberapa bank yang menyediakan tabungan anak dapat kita pilih. Kita bisa melihat syarat dan keuntungan dari tabungan anak yang berlaku di bank tersebut. Produk tabungan anak yang tersedia di Cermati.com diantaranya :
BritAma Junio
Setoran Pertama Rp 250 ribu
Cover asuransi kecelakaan diri hingga Rp 150 juta
Buku tabungan dan kartu dengan gambar karakter khusus anak-anak 
BNI Taplus Anak
Setoran Pertama Rp 100 ribu
Notifikasi SMS dikirimkan ke ponsel orangtua
Nama anak tercetak pada kartu 
BJB Tandamata MyFirst
Setoran Pertama Rp 50 ribu
Kartu ATM dapat dicetak dengan nama anak
Desain kartu dan buku tabungan yang menarik 
BII Tabungan Super Kidz
Setoran Pertama Rp 500 ribu
Terdapat 2 desain pilihan : Hot Wheels atau Barbie
Kado tahun baru berupa bonus bunga 
Tabungan BTN Junior
Setoran Pertama Rp 20 ribu
Sebagai edukasi buat anak-anak
Mendapatkan fee kolektor per rekening baru

Nah, cukup lengkap informasinya kan? Apabila sudah menemukan produk yang cocok,  kita bisa melakukan registrasi secara online.Cukup log in kemudian mengisi data sesuai isian yang terlampir di situs tersebut. Mudah bukan? Tidak perlu menghabiskan waktu dengan bermacet ria di jalan, hemat tenaga dan hemat biaya pula.

Keuntungannya lagi, registrasi di cermati.com dapat melalui social media yang kita miliki. So, simple right?
Cermati cukup terpercaya, karena didirikan oleh para teknologis dari Silicon Valley dengan tim yang sudah berpengalaman di perusahaan-perusahaan teknologi global terkemuka seperti Google, Linkedln, Microsoft dan Oracle. Tim Cermati memiliki pengalaman total lebih dari 12 tahun dalam mengerjakan aplikasi dan situs web yang digunakan lebih dari ratusan juta user di seluruh dunia.
Siip deh, sangat terpercaya dan memudahkan kita untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan kita.  Memberikan pendidikan tentang menabung di bank pada anak sekaligus bisa menunjukkan beberapa pilihan yang dapat mereka pilih.

10 comments:

  1. wah bener banget mbak saya gemes kalo liat anak yg suka jajan hehe... hadeehhh gak tau susahnya dikumpulin duitnya itu heheh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gemesnya, hanya di cubit pipinya aja kan Ki..? :D

      Delete
  2. Replies
    1. Hi..hi...saya belum ikutan lombanya Mak...

      Delete
  3. Anakku jg suka jajan....sulitnya diajak masukin duit ke celengan...xixxi

    ReplyDelete
  4. Anak2 perlu diajari cara menabung dari kecil ya, mak. Jadi inget dulu temen sekolah ada yang rajin banget nabung di sekolah. Kalo sekarang udah ada tabungan anak. Btw, cara bikinnya pake data KTP orang tua ya?

    ReplyDelete
  5. ow..bisa review tentang tabungan juga. sip deh

    ReplyDelete
  6. harus di biasakan dari kecil menabung ya mbak

    ReplyDelete
  7. Cermati.com banyak membantu ya, mbak. Kalo nyari2 bank kan repot....

    ReplyDelete
  8. Beneer, anak harus dikasih teladan menabung, dilibatkan pada proses mengenal lembaga keuangan,

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}