Manfaat Memancing Ikan Saat Mengisi Liburan



Liburan sekolah, asyiknya diisi dengan kegiatan yang bermanfaat bukan? Seperti liburan kali ini, daripada menghabiskan liburan duduk seharian di depan televisi, kami pun berencana pergi memancing. Gak perlu jauh-jauh mancingnya, cukup di balong (kolam pancing) mamah aja, deh.
Sebenarnya hobi memancing di keluarga suami saya sudah turun-menurun. Dari kakek, mamah mertua, kakak mamah mertua, suami dan saudara-saudaranya hingga sekarang disukai oleh anak saya.
Suasana di balong begitu menyejukkan. Udaranya segar, bersih tanpa polusi. Hamparan sawah yang hijau terpampang di depan balong tempat memancing. Sebagai tim penggembira, saya yang hanya duduk di tepi balong bisa terkantuk-kantuk, loh :D soalnya angin di sana sepoi-sepoi manggil ngajak tidur hi .. hi ... hi



Untuk memperkenalkan kegiatan memancing, anak-anak kami beri alat pancing sederhana untuk mereka. Eh, tapi sebenarnya itu hanya pengalihan saja, sih. Jika anak-anak asyik sendiri dengan alat pancingnya, gak bakalan ganggu yang lagi asyik mancing kan? He..he.. pengalihan perhatian ceritanya. Apalagi kalau anak-anak mondar-mandir di sisi balong, cukup mengkhawatirkan juga.
Banyak manfaat yang dapat anak-anak ambil dari kegiatan memancing ini. Diantaranya :       1.  Melatih otot dengan aktifitas fisiknya. Seperti melempar joran, menarik reel ketika dirasakan ada ikan yang memakan umpan dan menarik ikan yang terpancing oleh kail.
2.    Memancing dapat melatih kesabaran.
Memancing ikan tidak membutuhkan waktu yang sedikit, terkadang harus melewati beberapa jam untuk menangkap ikan. Sehingga dibutuhkan kesabaran.
3.    Melatih konsentrasi
Bagi anak-anak, selain dapat melatih kesabaran, juga dapat melatih anak untuk berkonsentrasi. Ketika pertama kali melempar kail, dibutuhkan konsentrasi penuh hingga kail disambar oleh ikan. Dalam memancing, terdapat berbagai macam teknik memancing. Dan untuk menguasai dan mengaplikasikan teknik tersebut dibutuhkan konsentrasi penuh.
4. Dapat melepaskan ketegangan. Aktifitas melempar kail, menunggu ikan dan menarik kail merupakan hal yang menyenangkan. Apalagi ketika umpan yang dilemparkan dimakan oleh ikan. Anak-anak melonjak kegirangan dan menarik kail dengan gembira.
Selain ada manfaat yang didapatkan, acara yang juga dinanti-nantikan oleh anak-anak adalah mengolah hasil pancingan mereka. Dengan menggunakan kayu bakar, mereka menggoreng ikan. Menggoreng ikan sampai kering hingga terasa kriuknya, nikmat disantap ditemani oleh sambal dan nasi liwet.. nyam..nyam.. mantaap, deh.
Bagaimana dengan teman-teman? Kegiatan apa yang dilakukan untuk mengisi liburan ini? 
Artikel Lainnya : 
Mengajarkan Anak bersahabat dengan Alam
Bermain Profesi di Kota MIni Kidzania
Manfaat Bermain Ice Skating untuk Anak
Proses Belajar berbuah Prestasi
Tips Melatih Konsentrasi Anak


7 comments:

  1. wah asik nih...habis mancing langsung digoreng ya mak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mak..langsung digoreng..jadi masih fresh..he..he

      Delete
  2. Kalau sekarang mancing itu kayaknya sudah enak deh. Sambil nunggu umpan ketangkap, bisa mainan HP dulu bukain facebook. hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi..hi...kalo keasikan main facebook, nantinya umpan bisa habis duluan dimakan ikan.. :D

      Delete
  3. seru ya bisa memancing ikan :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}