Manfaat Memancing Ikan Untuk Anak Saat Liburan

Liburan sekolah, asyiknya diisi dengan kegiatan yang bermanfaat bukan? Seperti liburan kali ini, daripada menghabiskan liburan duduk seharian di depan televisi atau bermain gawai, kami pun berencana pergi memancing. Gak perlu jauh-jauh mancingnya, cukup di balong (kolam pancing) milik keluarga saja.

Sebenarnya hobi memancing di keluarga suami saya sudah turun-menurun. Dari kakek, mamah mertua, kakak mamah mertua, suami dan saudara-saudaranya hingga sekarang mulai disukai oleh anak saya.

Manfaat Memancing Ikan Untuk Anak Saat Liburan

Suasana di balong begitu menyejukkan. Udaranya segar, bersih tanpa polusi. Hamparan sawah yang hijau terpampang di depan balong tempat memancing. Sebagai tim penggembira, saya yang hanya duduk di tepi balong bisa terkantuk-kantuk, loh :D soalnya angin di sana sepoi-sepoi manggil ngajak tidur hi .. hi ... hi

Untuk mengenalkan kegiatan memancing, anak-anak kami beri alat pancing sederhana untuk mereka. Eh, tapi sebenarnya itu hanya pengalihan saja, sih. Jika anak-anak asyik sendiri dengan alat pancingnya, gak akan menganggu orang dewasa yang lagi asyik mancing kan? He..he.. pengalihan perhatian ceritanya. 

Apalagi kalau anak-anak mondar-mandir di sisi balong, cukup mengkhawatirkan juga. Meskipun kedalaman kolam ikan tidak begitu dalam tetapi tetap berbahaya kalau mereka sampai tercebur.

Manfaat Memancing Untuk Anak

Selain bisa mengalihkan anak terlalu lama bermain gawai ketika liburan, memancing ikan saat liburan juga bisa bermanfaat bagi anak-anak. Apa saja manfaat yang didapatkan anak-anak ketika memancing ikan? 

1. Melatih Otot dan Menjaga Kebugaran Fisik

Kegiatan yang biasanya dilakukan saat memancing, seperti melempar kail, menarik reel ketika dirasakan ada ikan yang memakan umpan dan menarik ikan yang terpancing oleh kail, memerlukan aktivitas fisik dan tenaga. Itu semua merupakan bagian dari aktivitas kardiovaskular yanng bisa menjaga kebugaran.

2. Memancing dapat Melatih Kesabaran

Memancing ikan tidak membutuhkan waktu yang sedikit, terkadang harus melewati beberapa jam untuk menangkap ikan. Sehingga dibutuhkan kesabaran. Anak akan berlatih untuk sabar dalam usaha untuk meraih sesuatu. 

3. Melatih Konsentrasi

Bagi anak-anak, selain dapat melatih kesabaran, memancing juga dapat melatih anak untuk berkonsentrasi. Ketika pertama kali melempar kail, dibutuhkan konsentrasi penuh hingga kail disambar oleh ikan. Dalam memancing, terdapat berbagai macam teknik memancing. Dan untuk menguasai dan mengaplikasikan teknik tersebut dibutuhkan konsentrasi penuh.

4. Dapat Melepaskan Ketegangan

Aktifitas melempar kail, menunggu ikan dan menarik kail merupakan hal yang menyenangkan. Apalagi ketika umpan yang dilemparkan dimakan oleh ikan. Anak-anak melonjak kegirangan dan menarik kail dengan gembira. Bisa dikatakan memancing itu aktivitas yang bisa mengurangi ketegangan dan menimbulkan rasa senang.

Manfaat Memancing Ikan untuk Anak

5. Terapi untuk Kejiwaan

Pada umumnya, tempat memancing itu berada di area yang sepi dan di alam yang menenangkan. Tempat yang sepi dan menenangkan tersebut sangat cocok untuk melepas penat dan stress. Bahkan memancing bisa dijadikan terapi untuk meningkatkan kesehatan jiwa. Di Rumah Sakit Jiwa Greater Glasgow dan Rumah Sakit Jiwa Clyde yang merupakan dua rumah sakit jiwa di daerah Skotlandia, menggunakan teknik memancing sebagai terapi untuk meningkatkan kesehatan jiwa.

6. Melatih Motorik Anak

Aktvitas memancing memerlukan gerakan otot-otot badan seperti bagian lengan, kaki, punggung dan bagian badan lainnya. Selain itu, di saat mempersiapkan umpan, anak belajar menyiapkan umpan dan dipasangkan pada mata kail, dengan begitu motorik halusnya juga dilatih.

7. Mempererat Bonding Antara Anak dan Orang Tua

Manfaat kegiatan memancing berikutnya yaitu mempererat hubungan antara anak dan orang tuanya. Beraktivitas bersama bisa membuat orang tua dan anaknya semakin dekat. Anak dan orang tua saling membantu mulai dari mempersiapkan alat pancing hingga mengolah ikan yang didapatkan.

Manfaat Memancing Ikan Saat Liburan

Nah acara yang dinanti-nantikan oleh anak-anak adalah mengolah hasil pancingan mereka. Dengan menggunakan kayu bakar, mereka menggoreng ikan. Menggoreng ikan sampai kering hingga terasa kriuknya, nikmat disantap ditemani oleh sambal dan nasi liwet.. nyam..nyam.. mantaap, deh.

Begitulah, ternyata memancing ikan itu banyak manfaatnya bagi anak-anak, bukan? Lalu bagaimana dengan teman-teman? Kegiatan apa yang dilakukan untuk mengisi liburan ini?

Artikel Lainnya :

Salam takzim


Post a Comment

1 Comments

  1. Hai Kak, ternyata manfaat memancing itu begitu banyak ya? Apalagi kalau bersama keluarga gitu, pastinya akan lebih asik.

    Terima Kasih artikelnya ya Kak

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^