Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Fisik dan Psikis

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Fisik dan Psikis. Bagi umat Islam, menjalani puasa selama sebulan penuh merupakan kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan. Alangkah lebih baiknya jika kita tidak hanya mengerjakan puasa untuk menunaikan kewajiban saja bukan? Karena ternyata banyak sekali manfaat menjalankan ibadah puasa ini. Yuk, kita kenali  manfaat puasa bagi kesehatan fisik dan psikis.

Saya mengetahui manfaat puasa ketika membaca buku yang ditulis oleh Agus N. Cahyo. Buku tersebut memberikan informasi, begitu banyak manfaat yang dapat kita peroleh ketika menjalankan ibadah sehari-hari. Begitu pula dengan manfaat puasa. Seperti yang ditulis pada Buku Dahsyatnya Manfaat Ibadah-ibadah Harian, manfaat puasa untuk kesehatan fisik kita yaitu :
  1. Dengan berpuasa, kita memberikan organ pencernaan kita untuk beristirahat dari kegiatan sehari-hari. Organ pencernaan kita istirahat, dari bekerja keras mengolah makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap harinya. Ketika berpuasa, oksigenisasi tidak berpusat di bagian perut kita, namun di bagian kepala. Jadi bagian kepala kita akan tercukupi asupan oksigennya.
  2. Puasa dapat membersihkan tubuh kita dari racun dan kotoran. Ketika sedang berpuasa, detoksifikasi terjadi ketika tidak ada makanan yang masuk, dan tubuh mengubah simpanan lemak menjadi energi. Proses ini melepaskan zat kimia dari asam lemak ke dalam sistem kemudian dikeluarkan lewat organ pembuangan. Melalui puasa, secara tidak langsung membatasi kalori yang masuk ke dalam tubuh dan menghasilkan enzim antioksidan yang dapat membersihkan zat-zat yang bersifat racun.
  3. Proses peremajaan sel-sel tubuh juga dapat dibantu dengan berpuasa. Loh, kok bisa? Tentu saja, karena organ yang mengerjakan sel-sel seperti hati, lambung dan organ vital dapat beristirahat pada saat puasa sehingga dapat melakukan regenerasi sel.
  4. Kadar asam dan basa dalam tubuh dapat seimbang, karena puasa dapat membantu menyeimbangkannya dan memperbaiki fungsi hormon melalui berkurangnya asupan makanan dan minuman.
  5. Dengan berpuasa, dapat meningkatkan jumlah sel darah putih. Sel darah putih, dapat membantu seseorang dalam mengingat dan meningkatkan kecerdasan. Sel darah putih juga berfungsi sebagai penangkal serangan penyakit.
  6. Manfaat puasa bagi kesehatan fisik yang lain yaitu sebagai penyeimbang saraf simpatis dan parasimpatis. Saraf simpatis merupakan saraf yang dapat memicu stres dan membuat jantung berdebar. Sedangkan saraf parasimpatis dapat memperlambat denyut jantung yang mempengaruhi ketenangan dan bisa mengontrol emosi. Selain itu, saraf parasimpatis juga dapat mempengaruhi produksi asam lambung.
  7. Dengan  berpuasa, juga dapat meningkatkan fungsi organ tubuh kita. Ketika tidak ada makanan yang masuk ke dalam tubuh, maka beberapa organ pun akan beristirahat dan menghentikan aktivitasnya. Hal ini dapat membuat produktivitas organ lebih meningkat.
Selain memiliki pengaruh yang positif bagi kesehatan fisik, puasa juga dapat bermanfaat bagi kesehatan psikis. Apa saja manfaat yang mempengaruhi kesehatan psikis kita? Adapun manfaatnya secara psikis yang kita dapat ketika berpuasa di antaranya :
  1. Berlatih kemampuan untuk menahan nafsu untuk makan dan minum. Menahan tidak mengosumsi apapun sejak subuh hingga maghrib.
  2. Puasa juga membuat kita belajar menahan nafsu amarah. Pengendalian diri dalam puasa lekat kaitannya dengan emosi atau amarah. Orang yang mampu mengendalikan diri berarti mampu mengendalikan ledakan emosi. Marah memiliki efek negatif bagi kesehatan jiwa. Sebagai buktinya, orang yang sedang marah, baik yang dipendam maupun yang dikeluarkan akan memicu rangkaian refleks saraf simpatis berupa peningkatan kadar hormon katekholamin (adrenalin) dalam darahnya.
  3. Puasa dapat menyembuhkan gangguan kejiwaan dengan berpuasa. Sebuah penelitian di lembaga psikiatri Moscow, memberi terapi pasien sakit jiwa dengan menggunakan puasa selama 30 hari. Hasilnya, sungguh di luar dugaan. Banyak pasien yang tidak bisa disembuhkan secara medis, ternyata sembuh dengan terapi puasa. Selain itu, kemungkinan pasien tidak kambuh lagi selama 6 tahun kemudian ternyata cukup tinggi.
  4. Puasa juga dipercaya dapat mempengaruhi tingkat kecerdasan jika dikaitkan dengan prestasi belajar. Penelitian di New York membuktikan jika orang yang rajin berpuasa memperoleh skor jauh lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak berpuasa.
  5. Puasa dapat menyembuhkan penyakit kecemasan seperti susah tidur.
Begitu banyak manfaat yang dapat kita peroleh dengan kebiasaan berpuasa. Manfaatnya  yang berdampak positif secara fisik dan psikis sangat sayang jika kita tinggalkan.  Bahkan di beberapa negara maju, puasa digunakan sebagai terapi terhadap beberapa penyakit degeneratif.
Teman-teman, selamat menjalankan ibadah puasa. Semoga kita bisa mengambil semua manfaatnya.
Artikel Lainnya : 




14 comments:

  1. Tidak sabar menanti Ramadhan mbk...smoga saya bisa melaksanakan tahun ini meskipun menyusui... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mbak...semoga kita semua bisa melaksanakannya

      Delete
  2. Waaah artikelnya memberi wawasan baru buat saya, semoga nanti bisa menjalankan dengan istiqamah ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...semoga kita bisa istiqomah mbak :)

      Delete
  3. Bentar lagi Ramadhan. Sulit banget puasa Senin-Kamis. Setelah baca ini, jadi pingin puasa. ^^/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mbak...dijalani puasa senin kamisnya.. he..he..

      Delete
  4. Puasa jika melatih jiwa kita agar semakin peka terhadap penderitaan orang lain utamanya kaum duafa ya Jeng.
    Semoga bisa menjalankan ibadah puasa dengan ikhlas, baik, dan benar. Amin
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Pakdhe. Aamiin...semoga bisa menjalankan ibdah puasa dengan ikhlas, baik dan benar ya Pakdhe...
      terima kasih sudah berkunjung.

      Delete
  5. Betul puasa/saum itu sehat. Saya sudah gak sabaran mau praktikkan olahraga sambil puasa nanti bulan ramadhan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..mantap tuh, puasa sambil olahraga :)

      Delete
  6. Subhanallah.. Allah memerintahkan puasa dengan banyaaak sekali manfaat ya mbaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mbak,sayang sekali kalau kita sampai gak ngambil manfaatnya :)

      Delete
  7. Dulu pas jaman sekolah, setiap puasa selalu kuat diajak olahraga basket lagi sorenya. Tapi sejak melahirkan, ayi merasa badan seperti mudah kelelahan. Hiks. faktor U kali ya mba :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi..hi..iya ya, dulu, kalo puasa main sepeda seharian gak kerasa capek, tapi sekarang...bisa kelelahan :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}