Halalbihalal Ala Pendaki Gunung di Curug Tilu Leuwi Opat - Cimahi

Halalbihalal merupakan sebuah tradisi saling memberi dan meminta maaf antara seseorang dengan orang lain. Kegiatan ini biasanya diadakan secara berkelompok dan diselenggarakan sesaat setelah lebaran.
Seperti pasca lebaran tahun ini, keluarga saya mengikuti kegiatan halalbihalal yang diselenggarakan oleh komunitas pendaki gunung.

Tahun ini, acara halalbihalal diadakan di Curug Tilu Leuwi Opat, Cimahi. Sebenarnya saya dan anak-anak hanya ngikut ke sana sekedar untuk main di alam bebas. Tidak datang untuk mengikuti acara halalbihalal. Karena yang jadi anggota komunitas itu suami saya.

Curug Tilu Leuwi Opat (baca: air terjun tiga, danau kecil empat) berada di daerah Parongpong, Bandung Barat. Begitu memasuki kawasan yang digunakan untuk hiking, camping dan outbond ini, kami disambut oleh hempasan udara dingin yang begitu lembut di wajah. Hawanya dingin, sejuk dan menyegarkan.

Saung di lembah Curug Tilu Leuwi Opat
Sesampainya kami di lokasi halalbihalal, ternyata acara sudah dimulai. Kala itu sedang diadakan permainan bagi anggota Komunitas Pendaki Gunung Bandung (KPGB). Permainannya seru-seruan, tentu saja tujuannya agar persaudaraan di antara anggotanya bisa terjalin dengan erat.
Halbil KPGB di Curug Tilu Leuwi Opat

Halbil KPGB di Curug Tilu Leuwi Opat
Kawasan ini menyediakan arena outbond yang menjadi daya tarik nomor satu bagi anak-anak saya. Anak lelaki saya sangat menyukai flying fox, dia begitu antusias ketika menemukan arena tersebut di lokasi ini. Gak tangung-tanggung, dia naik sampai 7 kali loh!  Sedangkan kakaknya 5 kali. 
Membuat perasaan emaknya ngeri melihat mereka melayang di udara dan  tentu saja membuat dompet ikut menjerit ..hi..hi.. :)
Flying Fox di Curug Tilu Leuwi Opat
Usai menikmati flyng fox kami pun bergerak turun ke bawah menuju sungai dan leuwi. Sayang sekali, musim penghujan yang tidak kunjung datang, membuat volume air di sungai sangat sedikit. Namun anak-anak masih bisa menikmati bermain air di sungai, meskipun tidak bisa berenang karena minimnya ketinggian air.

Main air di sungai @ Curug Tilu Leuwi Opat
Main air di sungai @ Curug Tilu Leuwi Opat
Sementara itu, di atas tebing, acara halalbihalal  dihentikan sementara, karena sudah memasuki waktu sholat dhuhur. Beberapa anggota pendaki gunung itu, terlihat mulai turun menuju sungai. Karena tidak menemukan aliran air yang besar di sungai, akhirnya mereka pun mengambil air wudhu dari tetesan air yang ada di sebuah tebing. 
Air menetes dari sela-sela bebatuan di tebing
Lalu, mereka pun melakukan sholat dhuhur bersama. Meskipun hobi mendaki gunung, tapi sholat 5 waktu tidak boleh terlewat bukan? 
Ada sensasi tersendiri ketika melakukan sholat di alam bebas, loh! Tanpa adanya dinding pembatas, seolah-olah Sang Pencipta ada begitu dekat dengan kita. Subhanalloh..

Acara halalbihalal pun kemudian dilanjutkan dengan makan siang. Pada bagian ini, semakin terlihat kebersamaan dan kekeluargaan di antara mereka. Makan bersama dalam alas yang dibentangkan diantara mereka. Seruu, deh.

Tapi, saya bersama anak-anak lebih memilih bersantai sambil menikmati makanan ringan di pinggir sungai. Bersama keluarga kakak dan kerabat, kami bersantai sambil berbincang mengenai rencana pendakian berikutnya. 
Setelah makan siang dan dilanjutkan acara pembagian door price, anggota komunitas pendaki gunung yang lainnya, berangkat bersama-sama menuju curug (air terjun) utama. Menuju curug tertinggi di tempat ini, dapat ditempuh kurang lebih selama setengah jam.

Hari menjelang senja, udarapun semakin terasa dingin. Akhirnya saya sekeluarga memutuskan untuk pulang terlebih dahulu. Meskipun acara belum selesai. Anak-anak juga sudah terlihat lelah, usai main di sungai dan turun naik bebatuan besar yang ada di sana.
Bahagia rasanya, melihat anak-anak bisa dekat dengan alam dan bersenang-senang bermain di sana. Bagaimana dengan teman-teman? Jika libur sekolah, mengajak anak-anak bermain kemana?

17 comments:

  1. seragamnya meuni oren oren gitu ya mb hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi..hi...iya. Biar keliatan kalo lagi mendaki gunung :)

      Delete
  2. Sepertinya seru banget acaranya buk...
    Jadi ke inget saya waktu masih jadi pendaki dulu. *waktu masih mahasiswa* HeHeHe...

    ReplyDelete
  3. halal bihalalnya seru ya..mau juga aku halal bihalal di tempat ini :)

    ReplyDelete
  4. wahh halbinya seru yaaaa.. sayang jauh dari jogja nii... TFS mbaa,,,

    ReplyDelete
  5. Namanua juga pendaki yaa..halbinya gak jauh2 dr gunung ya...
    Itu nama curugnya lucu gitu ya curug 3 leuwi 4 hahahaha. Ada dua angka gitu yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. namanya juga pendaki ya mbak..hi..hi... apa-apa ya..di gunung :)
      Namanya unik ya mbak.. :)

      Delete
    2. wah, seru neh kayakna...
      Ti mana masukna, Teh? sabaraha tiket masuk na?

      Delete
    3. Masuknya bisa dari lembang atau dari cimahi teh.. gak jauh dari Curug Cimahi dan Universitas Advent. Tiketnya murah kok!

      Delete
  6. Ih seru. Dah lama gak main ke alam kayak begitu...

    ReplyDelete
  7. waaahh pasti ikutan acara ini sangat seruu ya mbak mantap mbak...

    ReplyDelete
  8. halal bi halalnya jauh ya, tapi tempatnya enak, sejuk :)

    ReplyDelete
  9. Bahagia rasanya para pengunjung merasa senang di tempat kami, terimakasih bu Nurul atas kunjungan serta kesempatannya berbagi mengenai C3L4, salam untuk keluarga serta rekan-rekannya, kami tunggu kembali kunjungannya :)

    ReplyDelete

.comment-content a {display: none;}