Cara Merawat Karpet

Karpet tidak hanya berfungsi sebagai penutup lantai. Tapi juga dapat kita jadikan untuk mempercantik ruangan. Punya pengalaman karpet di rumah berbau tidak enak karena terkena tumpahan? Saya sering mengalaminya. Bagaimana tidak bau, anak saya yang kecil kerap menumpahkan sesuatu di atasnya.
Merawat karpet memang susah-susah gampang sih.. setelah mencari info, ada beberapa tips yang dapat dilakukan dalam merawat karpet, yaitu :
  1. Bersihkan karpet dari debu dengan menggunakan vacuum cleaner. Lakukan secara teratur, minimal 3 kali seminggu.
  2. Untuk menghilangkan bau apek, cobalah menaburkan sedikit baking soda ke atas karpet. Biarkan selama setengah jam, lalu bersihkan dengan vacuum cleaner.
  3. Jika bau apeknya terlalu tajam, gantilah baking soda dengan menggunakan campuran air dan soda menggunakan perbandingan 1 : 4. Selanjutnya usaplah cairan tersebut di karpet dengan menggunakan lap.
  4. Apabila memilki waktu luang, cucilah karpet menggunakan sabun khusus. Tapi, jika gak mau repot, bawa saja karpet ke binatu atau laundry. Lebih praktis, bukan?..he..he..
  5. Merawat karpet juga bisa dengan cara mengganti posisi karpet setiap dua atau tiga bulan sekali. Tujuannya agar bagian yang biasa terinjak-injak berubah posisinya. Ini berlaku juga untuk karpet yang biasa terkena sinar matahari. Dengan merubah posisisnya, karpet tidak akan menjadi belang karena hanya satu sisi yang terkena sinar matahari.
  6. Jika karpet terkena kotoran, segeralah dibersihkan.  Agar kotoran tidak menempel dan sulit dibersihkan.
  7. Agar lantai yang ditutupi oleh karpet tidak lembab, perhatikan ventilasi ruangan yang ditutupi oleh karpet. Ventilasi yang baik dapat membuat ruangan mendapat sirkulasi udara yang baik.
Memiliki karpet yang bersih, selain menambah kenyamanan di dalam rumah, juga dapat menghindari tersebarnya kuman penyakit. Semoga bermanfaat. 

15 comments:

  1. berarti emang harus rajin dibersihkan ya mbak...3 kali seminggu..soale aku biasanya seminggu sekali :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo masih bersih bisa seminggu sekali mbak hi..hi.. :)

      Delete
  2. Prnh nyuci karpet andiri mbak,mgkin gara2 panas gk maksimal, bau di karpet gagal hilang, malah tambah bau, jd mending dibawa k ebinatu aja ya mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..ternyata kita punya pangalaman yang sama mbak :)

      Delete
  3. aku karpet dah jarang make....
    soale ada kucing...--"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...punya kucing ya mbak? saya juga suka kucing :)

      Delete
  4. cuci karpet emang paling gampang laundry lah ya, haha

    ReplyDelete
  5. Campuran air dan soda yaa... tentu makasih banyak ya, Mbak, atas tipsnya ini :)

    ReplyDelete
  6. Tips merawat karpet praktisnya bisa saya share kepada kerabat dan temen2 nih, kadang mreka kebingungan gimana untuk merawet karpet jadi awet terawat baik :)

    ReplyDelete
  7. Trims tipsnya diik, karena merawat karpet butuh kemauan keras juga, suka rasanya berat dan tidak kelirik hehehe
    Dengan tips ini kan jadi lebih ngerti

    ReplyDelete
  8. Karpet memang susah dibersihkan ya.. Dan memang harus rajin membersihkannya..

    ReplyDelete
  9. oh, begitu ya :D coba dipakai buat merawat karpet di kamar kost deh :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}