Cara Mudah Membuat Cumi Tumis Pedas


Alhamdulillah, ketemu weekend lagi. Jika weekend tiba, apa yang teman-teman lakukan bersama keluarga? Menghabiskan liburan berwisata di luar rumah, atau bersantai di rumah saja? Masakan apa yang akan kita hadirkan untuk keluarga di saat santai? Kalau saya, lebih senang masak yang simpel-simpel aja, deh. 
Seperti masak cumi tumis pedas kesukaan anak-anak saya. Bahannya mudah didapat, cara mengolahnya mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Kandungan gizi yang terdapat dalam cumi-cumi sangat baik untuk anak-anak. Ada selenium, riboflavin dan vitamin B yang berguna untuk tumbuh kembang mereka. Oh ya, tinta pada cumi, dipercaya mencegah kanker, loh! Banyak manfaatnya ya..
Karena cumi-cumi merupakan hewan lunak yang tidak bertulang belakang, cara mengolahnya pun tidak perlu membutuhkan waktu yang lama.

Bahan untuk memasak cumi tumis pedas ini cukup sederhana :
Cumi-cumi ( saya menggunakan cumi ukuran kecil, yang biasa diasinkan)
Bawang bombay 1siung
Bawang putih 2 siung
Cabe merah 5 buah
Cabe hijau 5 buah
Merica secukupnya
Garam secukupnya
Kecap 1 sendok makan

Cara membuatnya cukup mudah :
Tumis irisan bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan cabe merah dan cabe hijau, tambahkan merica dan garam. Selanjutnya, masukan cumi-cumi, tambahkan air sedikit. Setelah cumi-cumi terlihat berubah warna, tambahkan kecap. Masak hingga matang, lalu sajikan selagi hangat.

Cara memasaknya sederhana, bukan? Bahannya mudah didapat, waktu yang kita gunakan untuk memasak pun tidak begitu lama. Hingga kita bisa berkumpul bersama dengan anggota keluarga , melewati weekend. 
Bagaimana dengan teman-teman? Kegiatan apa yang akan dilalui di hari libur ini? 

Artikel Lainnya :
Resep Cumi Asam Manis 
Resep Ayam Suwir Rica-rica 
Resep Soto Ayam 
Cara Membuat Tongseng Kambing 
Resep Bolu Koja

19 comments:

  1. Itu cuminya diututih gt aja ya Mak? Maknyuuss kayae :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak, saya buat utuh aja. Soalnya kecil-kecil hanya sebesar telunjuk orang dewasa:)

      Delete
  2. cukup sering bikin hidangan ini, mbak. Tapi cuminya di potong kecil - kecil biar sekali hap XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYa ya mbak...kalo kecil-kecil bisa langsung sekali hap..cepet habis dong ya he he

      Delete
  3. Saya suka cumi, tapi ngga suka sama tintanya. karena terlalu asin kalau ditambah tinta cumi.. biasanya saya suka pesen cumi saus tiram... liburan cuma dirumah doang, sekalian istirahat. jagain rumah, soalnya keluarga lagi pergi arisan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cumi saus tiram..hmm, saya juga suka tuh..

      Delete
  4. Duuh bikin ngiler nih mba, tapi kalo keseringan makan cumi baik ga sih mba? katanya orang-orang berbahaya.. bener gasi mba..?
    sebelumnya terimaksih, suka postnya :)

    ReplyDelete
  5. Katanya sih, kolesterol yang ada pada cumi cukup tinggi. Kalau terlalu sering dikonsumsi oleh orang dewasa, bisa meningkatkan kolesterol. Oleh karena itu, harus diimbangi dengan makan sehat lainnya seperti sayur dan buah.
    Makan apapun juga, jika berlebihan memang tidak baik :)

    ReplyDelete
  6. Itu penampakan cuminya kok sedep bener yah, hehe. Jadi mendadak keroncongan nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk, makan untuk menghilangkan keroncongan..he he

      Delete
  7. Wah saya suka banget nih mba sama cumi, izin save ya mba. Ntar kalo ada waktu kosong mau ku praktekin :D

    ReplyDelete
  8. saya ngga terlalu suka cumi, apalagi cumi goreng,.. tapi kalau ditumis mah enak kanya nih, hhe.. bisa dicoba resepnya :D

    ReplyDelete
  9. wah mantep banget nih. jadi pengen bikin. kebetulan tinggalnya di pantura jdi stoknya banyak & harganya juga murah. tpi cara ngilangin baunya tu gmna ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo saya, pake perasan jeruk nipis untuk ngilangin baunya :)

      Delete
  10. waduhhh itu cumi enak banget dimakan sama nasi yang masih panas, bikin keringet berkucuran tapi syedaaap

    ReplyDelete
  11. Kalau saya liat cumi tuh geli jadinya, saolnya laergi.. tapi pengen banget sih mkan cumi, hhiks

    ReplyDelete
  12. Kasih liat ke istri ah buat resep resep di rumah

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}