Solusi Keuangan Melalui Pegadaian Emas

http://www.nurulfitri.com/2016/05/solusi-keuangan-melalui-pegadaian-emas.html
Solusi Keuangan Melalui Pegadaian Emas
Pertama kali, saya mengenal pegadaian saat seorang sahabat mengajak saya untuk mengikuti seminar yang membahas mengenai investasi emas. Sahabat saya itu, gemar melakukan investasi dengan emas batangan dan kerap melakukan gadai emas. Dari investasinya yang sedikit demi sedikit, ternyata sangat membantu ketika sahabat saya itu memerlukan tambahan dana untuk membeli sebuah rumah.

Saya menyadari, mempunyai investasi di masa kini, merupakan hal yang sangat diperlukan. Namun sebelum melakukan investasi, perlu diketahui tujuan kita melakukan investasi, jangka waktu untuk melakukan investasi dan resiko apa yang akan dihadapi ketika menjalankan investasi tersebut.

Manfaat Berinvestasi Emas
Emas merupakan salah satu alat investasi yang memiliki resiko relatif rendah. Menurut perencana keuangan, Elsa Febiola A, SE, MSCIS, dalam 20 tahun, imbal hasil emas rata-rata 15-18 persen pertahun, cukup baik melindungi nilai uang kita dari inflasi. Selain itu, berinvestasi dengan emas, sesuai untuk jangka pendek (karena lebih menguntungkan dari pada deposito) jangka menengah (untuk kebutuhan antara 2-5 tahun memiliki resiko kecil) atau jangka panjang (merupakan pelindung bagi nilai uang dan diversiasi investasi)

Karena itu, ketika sahabat mengajak untuk mengikuti seminar investasi emas, saya tidak menolaknya. Pada waktu itu, bertempat di salah satu hotel yang ada di kota kami, hadir pihak dari pegadaian memberikan penjelasan pada kami mengenai manfaat berinvestasi emas batangan.
http://www.nurulfitri.com/2016/05/solusi-keuangan-melalui-pegadaian-emas.html
Seminar Investasi Emas
Pemberi materi di seminar tersebut mengungkapkan kelebihan berinvestasi emas, terutama yang berbentuk batangan. Kelebihannya yaitu, emas batangan yang merupakan logam mulia tidak dikenakan pajak. Emas batangan juga dapat dijual di mana saja dan tidak dikenakan potongan ongkos pembuatan, berbeda dengan emas perhiasan yang dikenakan potongan ongkos pembuatan. Harganya pun mengikuti standar internasional serta kadar logam mulia sebesar 99,99% atau 24 karat.

Untuk menepis anggapan masyarakat umum yang membayangkan emas dalam ukuran besar dan harganya mahal, pemateri memberitahu jika pegadaian menyediakan emas atau logam mulia dalam berbagai pecahan. Mulai dari 1 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, 250 gram, 500 gram dan 1000 gram.

Dan untuk menyiasati daya beli masyarakat, maka pegadaian pun menyediakan fasilitas pembelian emas secara kredit. Program tersebut diluncurkan oleh pegadaian dengan nama produknya MULIA. 

Terus terang, kala itu saya tertarik untuk melakukan investasi. Karena anak-anak saya masih kecil dan diperkirakan biaya sekolah mereka akan semakin besar untuk beberapa tahun mendatang. Ketika seminar telah selesai, pihak pegadaian pun menawarkan peserta seminar untuk membeli emas dalam berbagai pecahan. 
Karena saat itu uang saya hanya cukup untuk membeli 10 gram emas, maka saya pun berniat memesannya pada salah satu pegawai pegadaian.
http://www.nurulfitri.com/2016/05/solusi-keuangan-melalui-pegadaian-emas.html
Cara kepemilikan emas
Namun, ternyata saya malah mendapat masukan dari perempuan muda berpakaian hijau itu. Katanya, lebih baik uang yang saya miliki, dijadikan uang muka saja. Sehingga saya bisa mencicil emas dengan berat 25 gram. Akhirnya, setelah berunding dengan suami saya, kami pun memutuskan, uang yang tersedia, dipergunakan untuk uang muka mencicil emas dengan berat 25 gram dalam jangka waktu angsuran selama 12 bulan.
http://www.nurulfitri.com/2016/05/solusi-keuangan-melalui-pegadaian-emas.html
Surat Bukti RAHN
Solusi Keuangan Melalui Pegadaian Emas
Seiring perjalanan waktu, saya pun rutin menyetorkan cicilan setiap bulannya melalui pegadaian yang terdekat dengan rumah saya. Namun, manusia hanya bisa merencanakan, tapi Tuhan yang menentukan segalanya.
http://www.nurulfitri.com/2016/05/solusi-keuangan-melalui-pegadaian-emas.html
Petugas menanyakan maksud kedatangan saya
Ketika memasuki bulan kelima, saya mengalami hal yang tidak terduga. Pemilik toko tempat usaha kami, tiba-tiba menaikkan harga sewa yang jumlahnya tidak sedikit. Hampir 50% dari harga sewa sebelumnya. Terus terang kami sempat kebingungan. 

Uang yang ada, sebenarnya sudah mempunyai posnya masing-masing. Untuk biaya sehari-hari, biaya sekolah, asuransi, tabungan hari raya dan biaya lainnya telah kami pisahkan. Jadi, ketika ada biaya tak terduga semacam ini, kami pun harus berpikir untuk mencari tambahan dana.

Beruntung saya ingat, ketika hendak mencicil emas, kepala cabang pegadaian di daerah saya mengatakan jika emas yang dicicil telah menjadi hak saya. Sehingga apabila saya hendak melakukan gadai emas, hal itu tidak menjadi masalah. 
http://www.nurulfitri.com/2016/05/solusi-keuangan-melalui-pegadaian-emas.html
Cara Melakukan Pegadaian
Lalu, bagaimana mekanismenya pegadaian emas itu? 
  1. Nasabah datang ke pegadaian terdekat dengan membawa barang yang akan digadai. Di pegadaian, barang tersebut akan ditaksir oleh petugas penaksir. Selanjutnya, bila telah terjadi kesepakatan antara nasabah dan penaksir, maka dibuatlah surat bukti kredit. Setelah surat selesai ditandatangani oleh nasabah, maka dana dapat diterima secara tunai atau ditransfer.
  2. Untuk kasus saya yang telah memiliki angsuran emas, ada mekanismenya sendiri yaitu, pertama-tama petugas pegadaian akan melihat berapa besarnya cicilan yang sudah masuk dan sisa yang belum dicicil. Kemudian, besarnya pinjaman disesuaikan dengan sisa cicilan dan harga emas yang digadaikan. 
Contohnya seperti ini : jika harga emas sebesar 10 juta rupiah, lalu sisa angsuran yang dimiliki sebesar 4 juta rupiah, maka besaran pinjaman yang bisa diambil yaitu 6 juta rupiah. Jadi, seolah-olah kita melunasi terlebih dahulu angsuran emas kita, lalu kita gadaikan untuk mendapatkan dana tunai. Tentu saja, ini hanya perhitungan secara kasar saja. Karena pada kenyataannya, kita akan dikenakan biaya administrasi.

Adapun syarat untuk melakukan pegadaian emas sangat mudah. Sediakan fotokopi KTP atau kartu identitas lainnya, membawa emas yang akan digadaikan, dan mengisi formulir permintaan pinjaman serta menandatangani surat bukti pegadaian. Mudah syaratnya dan terbukti pegadaian sangat bersahabat, bukan?
http://www.nurulfitri.com/2016/05/solusi-keuangan-melalui-pegadaian-emas.html
Persyaratan gadai
Barangkali ada yang mempertanyakan, bagaimana jika kita tidak bisa membayar angsuran dari pinjaman?
Untuk diketahui, tanggal jatuh tempo peminjaman adalah 120 hari dari tanggal pencairan. Nah, setelah dana pinjaman cair, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan.

  1. Membayar lunas seluruh pinjaman sebelum jatuh tempo.
  2. Melunasi pinjaman pada saat tanggal jatuh tempo.
  3. Mengangsur pinjaman setiap bulan atau ketika memiliki dana lebih.
  4. Bila kita belum memiliki dana yang cukup untuk melunasi, kita dapat mengangsur sebagian pinjaman pada saat jatuh tempo.
  5. Membayar ujrah/biaya perbulannya saja, pada saat jatuh tempo.
Dengan berbagai alternatif pembayaran tersebut, maka kita tidak perlu khawatir jika emas atau barang yang kita gadaikan, tidak akan menjadi milik kita lagi. 
 
http://www.nurulfitri.com/2016/05/solusi-keuangan-melalui-pegadaian-emas.html
Yang dapat dilakukan ketika dana telah cair
Nah, pegadaian terbukti mengatasi masalah keuangan tanpa masalah, bukan? Lembaga keuangan ini membantu masyarakat agar tidak terlibat pada pihak yang menawarkan jasa namun tidak mampu membendung bunga yang sangat melilit. Saya sangat beruntung bisa menikmati pelayanan dari pagadaian ini, sehingga masalah yang mendesak dapat diatasi dengan aman.
Teman-teman, apabila mau membeli emas untuk investasi, pegadaian juga melayani penjualan logam mulia. Untuk wilayah Jawa Barat, Galeri Pegadaian yang menjual logam mulia yaitu :
  • Jalan Pungkur - Bandung
  • Cikudapateuh - Bandung
  • Purwakarta
  • Padayungan - Tasikmalaya
  • Indramayu
  • Pasar Baru Indramayu
  • Cirebon
  • Cipto - Cirebon
Sedangkan penbelian emas secara diangsur, pegadaian melayani di seluruh outlet yang tersebar di lebih dari 9.000 outlet di seluruh Indonesia. Jika ingin lebih jelas lokasi outlet yang terdekat dengan tempat tinggal kita atau ingin memantau harga emas bisa dilakukan melalui website pegadaian.  

Oh iya, untuk penyimpanan emas yang jumlahnya belum begitu banyak, kita masih bisa menyimpannya di rumah. Namun, untuk mempertimbangkan masalah keamanan dan kondisi logam mulia 24 karat yang bersifat lunak, kita bisa mempertimbangkan penyimpanannya untuk dititipkan di pegadaian atau menyewa save deposit box di bank.
http://www.nurulfitri.com/2016/05/solusi-keuangan-melalui-pegadaian-emas.html
Petugas pegadaian memberitahukan sisa angsuran emas saya
Bagaimana, tertarik berinvestasi emas atau mau menggadaikan emas/barang kita untuk mendapatkan dana? Segera datang ke outlet pegadaian terdekat, pelayanan yang aman ini sangat sayang bila tidak dimanfaatkan, loh!

44 comments:

  1. Makasih artikelnya bermanfaat mba, kalo saya pengen buka tabungan emas di Pegadaian..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yq mbak, buka tabungan emas memang pilihan yang bijak.

      Delete
  2. Banyak sekali ya, manfaat berinvestasi emas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, mbak. Banyak manfaatnya, jadi semangat untuk invest

      Delete
  3. Saya mulai terbuka nich wawasan tentang investasi emas dengan cara menabung emas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan cara menabung, bisa lebih meringankan ya mbak :)

      Delete
  4. baru tahu kalo batangan tidak kena pajak

    tahun kemarin pernah kepikiran mau gadai motor tapi gak jadi heeee.. mau inves seperti mbak ini 25gram.. semoga ane bisa invest

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, katanya kalo batangan gak kena pajak

      Delete
  5. Saya juga mau ikut investasi emas mbak. Terima kasih ya artikelnya

    ReplyDelete
  6. bookmark ah...lagi cari investasi buat masa depan...informatif banget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita memang perlu memikirkan investasi untuk masa depan ya mbak.

      Delete
  7. Banyak yang belum tahu ya, padahal saya sudah 5th kayak gitu. Kalau pengin beli apa2 yg kredit, misalnya motor, mendingan gadaikan simpanan emas trus motornya beli cash, ngangsurnya ke pegadaian. Aku pernah hitung, bunganya lebih kecil dibandingkan kalau kita nyicil ke pembiayaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak, bunganya lebih ringan dibandingkan dengan menyicil ke pembiayaan.

      Delete
  8. Dari dulu udah rencana pengin investasi emas...makasih infonya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo, diwujudkan rencananya mbak he..he..

      Delete
  9. Investasi emas mmg gak ada matinya yaa.
    Jauh lebih aman lagi...
    Sy baru lg nyicil juga nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mbak, investasi yang aman. Gak terengaruh oleh inflasi juga.

      Delete
  10. aku baru tahu kalau invetasi emas bisa juga dilakukan di pengadaian. Makaish infonya ya mba
    Investasi emang harus dilakukan ya untuk berjaga-jaga dalam segala kondisi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mbak, pegadaian menyediakan fasilitas invest emas. Lumayan untuk jaga-jaga ke depannya.

      Delete
  11. Menang menang menaaaang. :D

    Ulasannya lengkap banget. Aku yang belum pernah ke pegadaian aja jadi tau gimana proses dan kelengkapannya. Pingin punya emas juga deh .... Nunggu suami pulang buat ke pegadaian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he..he.. aamiin..makasih ya mbak :)

      Nanti kalau suaminya udah pulang, ajak ke pegadaian mbak, invest emas di sana mudah, kok!

      Delete
  12. investasi emas emang paling oke deh

    ReplyDelete
  13. ternyata di pegadaian juga bisa berinvestasi, ya. Saya baru tahu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mbak, selain berinvestasi juga menerima pembayaran listrik, air dll.

      Delete
  14. Kalau logam mulia di pegadaian dari antam ya mba... Aku jadi ingin deh beli logam mulia, investasi di emas juga.. Tapi takut tepuuu.. Hehehe.. Kan banyak penipuan logam mulia kopong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mbak Asti,kalo di pagadaian dari antam.

      Delete
  15. Mbak, kalo kredit emas gitu ada bunganya juga gak? atau harga flat ikuti harga pasar. nanti kalo ada bunga takut jadi riba. aku uda kepikiran buat investasi emas ini, makasih ya mba sharingnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini saya ngangsurnya di pagadaian syariah mbak. Ada ujrahnya, per 10 hari = Rp. 68.100
      Tapi ada yang bilang juga, meskipun di badan syariah, tetap dianggap riba.
      Untuk lebih aman, bisa dengan ngambil tabungan emasnya atau beli emas lelang di pegadaian mbak :)

      Delete
  16. investasi emas sepertinya memang lebih menguntungkan ya...

    ReplyDelete
  17. ingat pegadaian, ingan jaman dulu menggadaikan emas perkawinan untuk ongkos training ngajar ><

    ReplyDelete
  18. bolak balik pegadaian gadai emas. tapi sekarang pingin nabung emas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mbak..mulai sekarang lebih baik menabung emas. Untuk persiapan masa depan juga.

      Delete
  19. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  20. Wuihh... manfaat banget artikelnya mbak... terimakasih informasinya...

    ReplyDelete
  21. Artikelnya bagus mba, bermanfaat.
    Saya sering ke pegadaian untuk gadai emas (perhiasan).
    Jadi kepikiran nabung emas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mari ke pagadaian mbak, dengan menabung emas kita bisa mempersiapkan mas depan kita :)

      Delete
  22. artikelnya bagus, jadi pengen nanya2 ah ke pegadaian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, mbak, biar lebih jelas datang aja ke pagadaian

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}