5 Kebiasaan Kami Menikmati Liburan Hari Raya Idul Fitri

Puncak perayaaan Idul Fitri kini telah berlalu, namun suasananya masih bisa dirasakan dimana-mana. Bagaimana keluarga yang teman-teman kunjungi, sehat semua, bukan? Pasti akan menyenangkan jika bisa berkumpul dengan keluarga yang jarang kita temui, atau bahkan yang hanya setahun sekali bisa kita temui. 
http://www.nurulfitri.com/2016/07/5-kebiasaan-menikmati-liburan.html
Saya mudik tidak terlalu jauh. Kebetulan orang tua saya dan mertua tinggal di kota yang sama. Orang tua saya tinggal di sebelah barat kota Bandung, sedangkan mamah mertua tinggal di Kota Bandung bagian timur. Meskipun tinggal di kota yang sama, saya dan suami sepakat tetap membagi waktu liburan lebaran ini menjadi dua waktu.
Misalnya saja, jika libur selama 10 hari, maka 5 hari pertama di mamah mertua, 5 hari berikutnya baru di rumah orang tua saya. Tahun depan, kami akan mengatur waktu sebaliknya. Di orang tua saya dahulu, baru kemudian di mamah mertua.

Nah, selama liburan, ada kebiasaan yang selalu kami lakukan ketika menghabiskan waktu bersama ketika Hari Raya Idul Fitri. Saya yakin, ada beberapa kebiasaan kami, yang juga dilakukan oleh teman-teman. Apa saja kebiasaan kami?

Menyantap Makanan Khas Lebaran
Apalagi kalau bukan ketupat dan opor. Baik di rumah orang tua maupun di mamah mertua, kami selalu menyediakan ketupat dan opor untuk disantap bersama. Hanya pendamping makanannya yang berbeda. Orang tua saya, menyediakan sayur krecek, yang terdiri dari kulit sapi kering, kacang kedelai, telur puyuh dan potongan daging sapi. Semua itu dimasak dengan bumbu pedas. Selain itu, ada juga rendang daging sapi.
Sedangkan di mamah mertua, ketupat dan opor disediakan berdampingan dengan sayur capcay, sayur cabai hijau serta sambal goreng ati sapi.

Bersilaturahmi Kepada Keluarga Terdekat
Setelah bersilaturahim dengan tetangga terdekat, kami juga mengunjungi adik dan kakak dari orang tua kami. Saking banyaknya, rumah kakak ibu yang tertua, jadi penuh dengan keluarga besar, deh! :) Namun kami sangat menyenangi kebersamaan itu. Saya juga paling menantikan saat-saat seperti ini. Bertemu dengan kakak sepupu beserta keponakan yang jarang kami temui.
Bermain di Kolam Ikan
Mamah punya kolam ikan yang cukup dalam. Dahulu ketika anak-anak masih kecil, kolam ini kerap diubah menjadi kolam renang, eh, tepatnya kolam rendam he.. he.. he. Karena kolamnya terlalu sempit menampung 5 anak-anak untuk berenang. Akhirnya mereka hanya berendam sambil bermain air saja. Jadi, kegiatannya bukan berenang, tapi berendam sambil main air..hi..hi..hi
http://www.nurulfitri.com/2016/07/5-kebiasaan-menikmati-liburan.html
Kolam ikan yang diubah menjadi tempat bermain air. Sebelum main, ikannya dipindahin dulu, ya..:)
Memasak Makanan Favorit
Di saat liburan lebaran, hampir di setiap rumah, kami akan ditawarkan untuk makan opor ayam dan ketupat. Lama-lama bosan juga ya..he..he.. Nah, kebiasaan keponakan dan anak saya itu, membuat makanan yang  dapat menghilangkan rasa bosan, apalagi kalau bukan makanan yang pedas. Seblak ceker, seblak kerupuk atau seblak macaroni, akan mereka racik sendiri di dapur. Bumbunya yang mudah dan pembuatannya yang sederhana membuat anak-anak ABG itu, dengan senang hati mengerjakannya. Apalagi ketika makanan itu telah siap, mereka makan bersama-sama dengan lahap. :)

Menonton Bersama
Biasanya, ketika liburan tiba, film-film keluarga akan ditayangkan di berbagai saluran televisi. Mulai film animasi produksi luar hingga film keluarga buatan anak negeri. Kami paling senang menonton sambil ngemil. Kue kering lebaran di toples perlahan tapi pasti, mulai berkurang. Kalau sudah begitu, anak-anak pasti akan mencari makanan ringan untuk menemani mereka menonton film.
Kemana mereka akan mencari makanan ringan? Tentunya ke tempat yang terdekat dari rumah kami. Apalagi kalau bukan ke alfamart. Selain dekat dengan rumah mamah mertua dan orang tua saya, harganya pun lebih murah.

Apalagi, sekarang ada Program Andalan Bunda Cerdas. Program ini dapat memberikan potongan harga yang lumayan, loh! Siapa yang mau ikutan program ini? Caranya mudah aja, daftarkan data diri kita di www.alfamartku.com ya..
 

Asyik, bukan? Liburan bersama keluarga tapi tidak perlu khawatir akan kebutuhan makanan ringan dan kebutuhan rumah tangga lainnya. Adik saya, yang baru melahirkan pun, tidak perlu khawatir kekurangan pospak untuk  anaknya. Semua bisa dengan mudah didapatkan. Semua diskon yang paling ditunggu, bisa kita peroleh di www.alfamartku.com. (sponsored post, refers to disclosure). Nah, Liburan bersama keluarga pun, bisa lebih menyenangkan.
Selamat menikmati liburan bersama keluarga, teman...

25 comments:

  1. bener sekali mba, kebiaasaan yang enak semua. pokoknya seru deh mudik buat kumpul2 keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Acara seru yang selalu ditunggu-tunggu ya Mbak :)

      Delete
  2. Lumayan ya mba, ada potongan harga dialfamart 😃

    Calon bu ibu sprti saya mah yg penting ada diskonan XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, diskonan itu yang paling ditunggu-tunggu hi hi hi

      Delete
  3. Ketupat jadi makanan pokok selama lebaran, dari pagi sampe malam maknnya ketupat terus di rumahku mbak hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaa Mbak, dua hari makan ketupat terus :)

      Delete
  4. Seruuu mbak .. Liburan keluarga memang jadi momen yg berkesan ya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, sangat mengesankan. Mudik jadi hal yang ngangenin :)

      Delete
  5. Seru banget cerita liburannya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. He he he.bagaimana cerita liburan Mbak Liza?

      Delete
  6. Asyik ya mbak, bisa main air bareng gitu.
    Kegiatan libur lebaran kami tahun ini diisi tak biasa, penuh drama. Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak-anak paling senang main air, Mbak :)
      Penuh drama, tapi tetap perlu disyukuri, kan? Yang penting semua sehat, ya, Mbak ? :)

      Delete
  7. Walaupun mudiknya ga pake macet, libur lebarannya kayaknya seru banget ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, gak pake macet. Jadi semangat mudiknya he he he

      Delete
  8. Waaaaah kebayang serunya anak-anak main di dalam kolam rendam. Hihihiii. Selamat lebaran juga mbak nurul, mohon maaf lahir batin yaaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mbak, mohon lahir bathin juga ya... :)

      Delete
  9. Kalau di Jepara tambah Lomban Mbak. Hehehe... karena tinggal di kawasan pantai Pantura

    ReplyDelete
  10. Saya kalo pas Idul Fitri juga jadi seneng banget ngemil tapi nggak mau makanan Lebaran karena ngeliatnya aja udah bosen. Alhasil jadi sering ke minimarket buat beli chips atau es krim. Kalo pakai program ini kayaknya cocok nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah..kita sama Mbak. Lama-lama bosan ya..makan yang bersantan hi hi hi

      Delete
  11. Sama mbak... rumah saya dan suami satu kota, tp saya di bagian barat, suami dibagian Timur. Kalau lebaran di rumah suami, soalnya biasanya di tempat saya... hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti mudiknya gak perlu jauh ya Mbak. :)

      Delete
  12. 2 dar 5 kebiasaan mba di atas juga sering saya lakukan yaitu makan masakan khas lebaran dan bersilaturahmi kepada keluarga terdekat :)

    ReplyDelete
  13. Apapaun kegiatan nya, belanja cemilan nya mesti di alfamaxx yaaa

    ReplyDelete
  14. Makan makanan favorit selalu dinanti, seru sambil kumpul keluarga :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}