3 Daya Tarik Wisata Kuliner : Rumah Makan Babakan

3 Daya Tarik Wisata Kuliner. Rumah makan Babakan sebenarnya sering dilewati oleh keluarga saya, dalam perjalanan pulang pergi Bandung- Subang. Sekian kali kami lewati, namun belum pernah kami mampir untuk makan di tempat itu.

Mengapa kami belum pernah mampir ke rumah makan itu? Selain lokasinya sudah  terbilang dekat dengan tempat tinggal kami, rumah makan ini juga terlihat kurang luas. Etapiii... jangan salah. Meskipun kecil, kami sering melihat beberapa mobil terparkir di halamannya. Jadi, kesannya penuh.

Sebetulnya Rumah Makan Babakan belum sempurna, untuk memenuhi kriteria kami dalam mencari tempat makan. Karena untuk mencari tempat makan, kami tidak hanya sekedar mampir ke suatu tempat, tanpa ada sesuatu yang menarik perhatian kami.

http://www.nurulfitri.com/2016/11/daya-tarik-wisata-kuliner.html

Ada beberapa kriteria yang menjadi daya tarik kami untuk berkunjung ke suatu tempat untuk makan. Barangkali kriteria kami, sama dengan teman-teman? Apa saja yang kami pertimbangkan untuk dijadikan daya tarik wisata kuliner? 

Tempat yang Menarik
Bagi kami, acara makan di luar tidak hanya sekedar menghilangkan lapar. Kami berharap acara makan selain di rumah, dapat membawa suasana yang baru. Sekedar refreshing ke tempat yang tidak terlalu jauh. Menikmati pemandangan yang asri.

http://www.nurulfitri.com/2016/11/daya-tarik-wisata-kuliner.html
Pemandangan yang asri di Alam Wisata Cimahi 

Selain itu, kami juga membutuhkan tempat yang nyaman, agar kami bisa berbincang bersama. Ya, makan bersama di rumah makan, bisa meningkatkan bonding diantara anggota keluarga, bukan?

Oh iya, untuk mencari suasana yang nyaman, tidak hanya rumah makan yang terletak di area yang adem dan asri. Bisa juga di sebuah wisata kuliner indoor, tapi tempatnya unik dan banyak spot yang bisa digunakan untuk berfoto ria. Teteep, foto-foto jadi kebutuhan utama, ya... he he he ....


Tempat makan yang memiliki pemandangan asri, contohnya di Alam Wisata Cimahi. Saya pernah mengulasnya. Teman-teman bisa membacanya di : Alam Wisata Cimahi.

Sedangkan untuk tempat makan indoor yang banyak memiliki spot untuk berfoto ria, teman-teman bisa berkunjung ke Warung Badung.
Boleh dibaca : Menarik Minat Pengunjung dengan Spot Yang Instagramable di Warung Badung.

Kembali ke Rumah Makan Babakan, ya...
Jadi ... tidak seperti rumah makan yang telah saya sebutkan sebelumnya, rumah makan yang terletak di Jalan Raya Cijambe Subang ini, tempatnya kurang menarik. Terkesan seadanya. Hanya ada beberapa meja makan yang dikelilingi oleh beberapa tempat makan lesehan.

Makanannya Yang Enak
Terlepas dari tempatnya yang kurang memiliki daya tarik, ternyata makanan yang disediakan oleh Rumah Makan Babakan, begitu memanjakan lidah kami.

Jika saja, tidak ada seorang kawan yang memberitahukan kami, mengenai kelezatannya, barangkali kami tidak akan pernah mampir untuk bersantap di sana. Iya, karena seorang sahabat bilang, gurame cobek yang ada di Rumah Makan Babakan itu, ... enaak!

Keluarga kawan saya itu, memiliki kebiasaan wisata kuliner di kota kami dan sekitarnya. Jadi, ketika dia bilang, suatu makanan itu enak, maka saya akan mempercayainya.

Dan buktinya, memang benar seperti yang sudah dikatakan oleh kawan saya. Gurame cobek yang disediakan rumah makan yang dekat dengan tempat wisata Lembah Gunung Kujang ini, memang lezat.

http://www.nurulfitri.com/2016/11/daya-tarik-wisata-kuliner.html
Ikan yang disajikan di meja keluarga saya, cukup besar. Disajikan beralaskan daun pisang, menimbulkan aroma yang khas. Sungguh menggugah selera. Bumbu yang disajikan pun begitu variatif. Aneka rempah membuat sambal cobeknya begitu kental. Saya merasakan aroma kencur yang menambah kenikmatan hidangan ikan ini.

Proses penggorengan yang sempurna, menghasilkan ikan gurame begitu renyah dan kering. Ikan yang disajikan kering ini, menimbulkan bunyi 'kriuk' ketika dagingnya digigit dan rasanya gurih. Nah, untuk gurame cobeknya, kami merasa sangat puas menikmatinya. Mantaab, deh!

http://www.nurulfitri.com/2016/11/daya-tarik-wisata-kuliner.html
Tidak hanya gurame cobek yang bisa memuaskan lidah para penikmat kuliner yang berkunjung ke tempat ini. Ada juga sop iga dengan potongan tulang, yang bisa menemani suasana dingin di Cijambe-Subang. 

Sop iga, disajikan dengan daging yang begitu lembut. Air sopnya pun gurih, dan terasa lengkap dengan sayuran seperti wortel dan tomat. Anak-anak saya yang menyukai aneka sop, merasa puas dengan sop iga di Rumah Makan Babakan ini. Alhamdulillah, dimakan hingga habis.

http://www.nurulfitri.com/2016/11/daya-tarik-wisata-kuliner.html
Untuk mendampingi gurame cobek dan sop iga sapi, kami pun memesan cah kangkung dan leunca cobek. Rasa leunca yang pahit, mampu melengkapi kenikmatan kami, kala itu.

Alhamdulillah, kami sangat puas dengan makanan yang tersedia di Rumah Makan Babakan. Kami yakin, dengan penyajian makanan yang lezat, tentu saja dapat meningkatkan daya tarik wisata kuliner.

Fasilitas yang disediakan
Untuk soal fasilitas, seperti rumah makan pada umumnya, Rumah Makan Babakan menyediakan toilet dan mushala untuk digunakan oleh pengunjung. 

Dan seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, rumah makan ini tidak memiliki tempat parkir yang luas. Hanya cukup untuk 5-6 buah mobil saja.

Bagaimana dengan jaringan internet di sana? Sayang sekali, tempat makan ini tidak menyediakan fre wifi. So ... prepare yours. ^_^

Nah, teman-teman, itulah daya tarik wisata kuliner yang menjadi bahan pertimbangan keluarga saya untuk berwisata kuliner.

Semoga saja, untuk kedepannya, rumah makan yang ada di jalur Lembang-Subang ini, bisa memperluas areanya. Terutama lahan untuk parkir. Karena makanan yang enak, ditunjang dengan sarana dan prasarana yang lengkap, pasti akan menarik pengunjung yang lebih banyak lagi.

Boleh dibaca juga : Cita Rasa di Taman Rasa

Daya tarik apa lagi yang bisa mendatangkan banyak pengunjung yang berwisata kuliner? Barangkali teman-teman mau menambahkan? Sharing di kolom komentar, yuk!

32 comments:

  1. Wah asyik tuh AWC beberapa kali sempat ke sana karena tidak terlalu jauh dari rumah..sama2 di Cimahi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Ida, tinggal di dekat AWC? Waaah..kapan-kapan bisa main ke sana dong..hihihi

      Delete
  2. AKu kalau makan disini kali bisa hilang stressnya, secara tempatnya ngalam banget, makanannya juga lezat2, makin gendut deh wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang paling enak, makan di tempat yang ngalam dan makanannya lezat-lezat ya...

      Delete
  3. Aihhh enaknya...saya juga doyan nih mbak sama yang namanya wisata kuliner ^_^

    ReplyDelete
  4. Memang leih menarik dan alami kalo pake daun ya nyuguhinnya. Rasa aromanya juga beda lho

    ReplyDelete
  5. Selain rasa makanan enak, harga masuk budget, dekorasi tempat makan yg unik bisa jadi menarik pengunjung utk datang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya Mbak Lianny, harga yang pas di budget juga jadi daya tarik tersendiri, ya...

      Delete
  6. Duhhh..makanannya bikin ngiler bangettt mba..terus luas ya bisa buat anak2 main2..wah, kapan2 boleh dicoba nij

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang halamannya luas di Alam Wisata Cimahi, Mbak. Kalo di Rumah Makan Babakan mah sempit :)

      Delete
  7. waah ngiler deh baca ini, mana fotonya sangat menggoda hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Foto makanan, memang menggundang rasa lapar, ya Mbak :)

      Delete
  8. perlu dicoba ah, aku kan sering ke bandung lewat subang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah...Mbak Tira sering lewat Subang? Mampir Mbak :)

      Delete
  9. Sama, Mbak. Pertimbangan makanan enak, fasilitas juga. Eh itu juga yang disebut sesuai budget. Kalau tempat parkir susah suami suka ogah juga wiskul ke satu tempat. Apalagi kalau kiri kanan tempat makan itu ada tulisan dilarang parkir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata suami kita sama, Mbak. Ogah kalo susah tempat parkirnya.

      Delete
  10. tempatnya enak banget ya mba, bikin betah

    ReplyDelete
  11. Budget makan di sana untuk 4 orang sekitar berapa mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemarin, kami berempat, makan + minum = 145.000 Mbak.Lumayan terjangkau ya...

      Delete
  12. Ikan bakar aku suka. Bikin ngiler nih belum sarapan.

    ReplyDelete
  13. Sesekali boleh nih dcoba, penampakannya yummie.. plus pemandangan yg menyegarkan mata

    ReplyDelete
  14. rasa rasa semua masakan sunda itu menggoda iman :")
    akuuu sukaaaaak banget
    gurame cobeknya mauuuuuuuuuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. HIhihi...saya juga suka dengan gurame cobeknya, Mbak :)

      Delete
  15. Aku jarang explore area subang nih mba... Untung ada tulisan ini, jadi bisa ngajakin suami jalan2 sekitaran Subang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan lupa ngabarin, trus mampir ya, Mbak :)

      Delete
  16. Duuhh...gurami cobek nya bikin ngiler mbak...sayang nya saya jauh ya di Palembang jadi belum bisa mampir, hehee..
    Salam kenal mbak..

    ReplyDelete

.comment-content a {display: none;}