Gunakan Transportasi Udara Agar Mudik Selamat, Aman dan Nyaman

Gunakan Transportasi Udara Agar Mudik Selamat, Aman dan Nyaman. Tidak terasa kita sudah memasuki 10 hari terakhir di Bulan Ramadhan. Suasana mudik sudah mulai tampak di beberapa daerah. Ada sebagian orang yang sudah melakukan mudik jauh sebelum Hari Raya Idul Fitri. Kenapa mereka memilih untuk pulang kampung lebih awal? Sepertinya mereka enggan menjalani kemacetan yang cukup panjang ketika mudik.

Untuk yang bisa cuti dari pekerjaan, mungkin mereka bisa libur beberapa hari sebelum hari raya. Namun bagaimana dengan mereka yang masih harus tetap bekerja di hari-hari terakhir bulan puasa? Berarti mereka akan pulang kampung mendekati hari raya secara bersamaan. Akibatnya, tumpukan penumpang umum dan antrian kendaraan yang panjang, mau tidak mau harus dilalui oleh para pemudik.



http://www.nurulfitri.com/2017/06/gunakan-transportasi-udara-agar-mudik-nyaman.html
Namun, kita bisa menghindari kemacetan yang panjang atau berdesak-desakan di angkutan umum ketika mudik, dengan cara menggunakan transportasi udara. Hal ini berkaitan dengan kebiasaan terbaru masyarakat saat ini, yang semakin akrab dengan angkutan udara. Terutama ketika masa mudik Hari Raya Idul Fitri, jumlah masyarakat yang menggunakan pesawat terbang pun semakin meningkat.

Bahkan menurut kajian Pusat Litbang Perhubungan Udara, Balitbang Kementerian Perhubungan mengatakan bahwa akan terjadi kenaikan jumlah penumpang pada Lebaran 2017 ini sebesar 9,8 % dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Jika dihitung secara keseluruhan, dapat diperkirakan penumpang pesawat yang akan mudik di tahun ini mencapai 5.404.814 orang. Jumlah penumpang yang meningkat dibandingkan pemudik pada tahun 2016 yang terdiri dari 4.922.176 penumpang

http://www.nurulfitri.com/2017/06/gunakan-transportasi-udara-agar-mudik-nyaman.html
Gambar dari instagram DJPU 151

Sebenarnya apa yang membuat kecenderungan pemudik lebih banyak menggunakan transportasi udara? Sebagai #SobatAviasi, saya tidak heran pada bertambahnya pemudik yang menggunakan pesawat terbang untuk pulang ke kampung halaman. Karena kini, seluruh stake holder penerbangan telah berusaha maksimal untuk menyediakan transportasi udara yang selamat, aman dan nyaman bagi penggunanya.

Sesuai dengan Instruksi Dirjen Perhubungan Udara nomor inst. 006 tahun 2017, bahwa para otoritas bandar udara, pengelola bandar udara serta maskapai penerbangan harus melakukan beberapa hal diantaranya :

  1. Memeriksa kesigapan fasilitas perlengkapan dan personil bandar udara.
  2. Meningkatkan pelaksanaan keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan.
  3. Memberikan pelayanan yang optimal kepada para penumpang
  4. Memberlakukan tarif yang wajar sesuai dengan peraturan menteri.
  5. Membentuk posko selama 24 jam di seluruh bandar udara dengan titik pengendalian di 35 bandar udara.
  6. Menggunakan pesawat dengan tipe yang lebih besar sebagai penerbangan terjadwal untuk menggantikan extra flight.
  7. Airlines yang menaikkan tarif diatas batas yang telah ditentukan, akan dikenakan sanksi
  8. Penyelenggara bandara dan airlines juga menyediakan takjil gratis selama bulan Ramadhan.
Dari delapan point tersebut, sudah menggambarkan usaha yang dilakukan oleh Dirjen Perhubungan Udara dapat membuat penumpang lebih nyaman dalam menggunakan transportasi udara. 

http://www.nurulfitri.com/2017/06/gunakan-transportasi-udara-agar-mudik-nyaman.html
Gambar dari instagram DJPU 151

Selain point-point tadi, Ditjen Perhubungan Udara juga menyediakan jadwal Ramp Check atau pemeriksaan rutin pada alat transportasi udara yang akan digunakan untuk angkutan lebaran 2017.
Ramp Check tersebut dilakukan di 25 bandara di Indonesia dan dilakukan oleh para personil yang terbukti berkualitas di bidangnya masing-masing.

Meningkatnya pengguna transportasi udara juga disebabkan pelayanan di masa lebaran yang cukup membuat penumpang merasa aman dan nyaman. Karena pada masa lebaran, akan dilakukan monitoring oleh Pejabat Eselon 1 dan 2 Ditjen Perhubungan Udara. Selain itu, akan diturunkan pula seluruh Inspektur Penerbangan ke 35 bandara untuk memonitoring. 

Bagaimana? Terbukti, bukan? Jika menggunakan transportasi udara membuat mudik selamat, aman dan nyaman.

Lalu, apakah pemudik dengan transportasi udara akan mengalami kehabisan tiket atau kursi untuk mudik? Tidak perlu khawatir, karena hingga Bulan Juni 2017, Ditjen Perhubungan Udara telah melakukan Rekapitulasi Penerbitan Flight Approval (FA) Extra Flight sebagai sarana angkutan Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

Namun demikian, para #SobatAviasi sebaiknya melakukan pembelian tiket lebih awal untuk mengantisipasi keterbatasan tiket atau harga tiket yang mahal. Dengan demikian kenyamanan, keselamatan dan keamanan menggunakan transportasi udara akan terwujud. Oh iya, selain pihak penerbangan yang menyediakan fasilitas yang aman dan nyaman, sebagai penumpang kita pun harus memperhatikan hal-hal yang harus dilakukan agar bisa nyaman ketika mudik.

Berikut ini ada tips mudik nyaman menggunakan transportasi udara yang sederhana dari saya. Selamat menyaksikan ya...
Nah bagaimana? Apakah teman-teman mau bergabung menjadi #SobatAviasi? Informasi lebih lanjut bisa kalian dapatkan di media sosial Direktorat Jenderal Perhubungan Udara seperti 



Atau mau mengikuti lomba Vlog di http://selamanya.id/

Selamat mudik dan bersilaturahmi dengan sanak keluarga. Mari utamakan keselamatan dan keamanan karena keluarga di rumah sudah menanti. 

Referensi : facebook DJPU 151

35 comments:

  1. ia, transportasi udara itu selamat, aman dan nyaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudik pakai transportasi udara aja ya...

      Delete
  2. aku memang lebih suka naik pesawat soalnya biar lebih cepat nyampenya :)

    ReplyDelete
  3. sebenernya, pemberlakuan tarif yang wajar ini masih cukup bias. Tidak ada standar minimum maksimumnya.

    dan tidak ada ketentuan juga, dengan harga x misalnya, hak yang diterima penumpang seperti apa.

    menyebalkannya, ketika ada maskapai yang menurunkan harga, biasanya menurunkan juga kualitas layanannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, seharusnya menurunkan harga tanpa menurunkan kualitas layanan ya... Karena kualitas yang terbaik, pasti yang dicari oleh pelanggan.

      Delete
    2. Iyaa.. Ada salah satu maskapai yg murah tapi menyebalkan.

      Emm, masyarakat kita, sayangnya memlilih harga lebih dulu ketimbang kualitas sih

      Delete
  4. Kalau saya suka naik pesawat karena nggak kelamaan di jalan saat pulang kampung

    ReplyDelete
  5. betul..betul betul....
    kalau menggunakan transportasi udara kita nggak bakalan kena macet....
    thanks infoonya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi capek di jalan kalau kena macet panjang ya...

      Delete
  6. Semoga kenaikan harganya masih terjangkau :)

    ReplyDelete
  7. Aku belum pernah mudik pakai transportasi udara pas Lebaran karena rumahku jauh dari bandara. Tapi nanti kalau bandara di Kulonprogo sudah jadi, boleh juga nih dicobain.

    ReplyDelete
  8. Selain nyaman harga tiket pesawat sekarang lumayan banyak pilihan ya

    ReplyDelete
  9. naik pesawat memang lebih cepat, tak perlu bermacet-macetan....

    ReplyDelete
  10. aku belum pernah mudik dengan pesawat udara mbak, tapi kebayang gimana repotnya teman-teman yang mudik dari luar kota dengan pesawat udara. Namun, kayaknya sekarang enggak perlu repot lagi ya apalagi kalau diawasi langsung kenyamanan penumpang sama pemerintah

    ReplyDelete
  11. wuih persiapan maskapai harus segitunya yah buat mudik yang naik udara, mantap bener

    ReplyDelete
  12. tetep ada takjil gratis ya, alhamdulillah
    kan ya kasian kalau puasa2,nunggu terbang, kelaparan

    skrg transportasi udara memang jd lbh baik

    ReplyDelete
  13. Naik apapun, entah pesawat atau kereta enak beli tiket dulu, biar tdk buru2. Jadi tinggal bawa badan, gak mikir kehabisan tiket

    ReplyDelete
  14. Emang, kalau sudah ngga singel jomblo n bujang keren nan sepi hidupnya, mau ga mau saya mudik pake pesawat ke Sumatra. Bawanya bayi, anak kecil, emak2 hehe.. kalau dulu beragam moda transportasi. Dan memang berisiko tinggi, belum lagi jarak tempuh yang lama. 36 Jam di jalan. Badan kucel bau haha.. makan di resto pun ngirit, nggak makan. Skrg, naik pesawat, satu jam aja. Plus dua jam lah ke bandara. Makan? Dirumah aja di kampung, sudah disiapin yang enak-enak! hehe..

    ReplyDelete
  15. semoga makin jasa transportasi udara di Indonesia main bagus ya mbak, terutama soal harga tiket dan pelayanan
    TFS

    ReplyDelete
  16. Terkesan ribet tapi itu semua demi kenyamanan kita kan ya. Duh pengen mudik nih, tapi ga punya kampung halaman, gimana dong

    ReplyDelete
  17. Aku juga sengaja mudik lebih awal, teh...
    Alasannya bukan karena takut macet atau berdesakan, tapi biasanya harga tiketnya masih terjangkau. Dan bedanya lumayan karena aku selalu bareng rombongan the krucils.

    Hihi...
    jadikan aku #sahabatAviasi jugaaa....

    ReplyDelete
  18. travelling lewat udara sering, tapi kalau mudik pakai transportasi udara belum lebih enak kereta selama ini soalnya terjangkau

    ReplyDelete
  19. menggunakan angkutan udara jaman sekarang jauh lebih aman dan nyaman. Asal ikut aturan semuanya bakalan lancar

    ReplyDelete
  20. Bener banget Mba. Kalau memang mudik khususnya menggunakan transportasi udara memang harus ada yang perlu dipersiapkan. Uniknya, mudik menggunakan pesawat itu tidak tidak perlu khawatir dengan kemacetan lalu lintas ya Mba :D

    ReplyDelete
  21. Andai saja di Purwokerto ada bandara udara, saya pasti akan memilih mudik dgn pesawat terbang. Tapi sayangnya disana tidak ada bandara haha jadi saya pilih mudik dgn moda kendaraan darat, macam bis. Ya meskipun harganya lebih terjangkau daripada tiket pesawat, tapi ya siap-siap saja utk bermacet-macet ria di jalan wkwkw 😂😂😂

    Ono rego ono rupo, harga tiket pesawat yg cukup mahal tentu menawarkan kemudahan dan kenyamanan, salah satunya anti macet

    ReplyDelete
  22. Dengan fa nggak perlu takut kehbsan tiket pesawat lagi yaa

    ReplyDelete
  23. Ditjen perhubungan udara gak ada bagi² tiket gratis nih hehe.. saya sih sebenernya suka naik pesawat tapi harganya yg kadang bikin harus mikir dl.. tapi kalau lebaran, saya pasti naik pesawat soalnya biar cepat dan gak perlu rebutan beli tiket

    ReplyDelete
  24. Menggunakan pesawat pilihan yang tepat, cepat dan relatif lebih aman. Yang kadang jadi masalah adalah harga tiketnya, harus berburu tiket murah dulu.

    ReplyDelete
  25. Ini penting banget. Perjalanan udara itu akan makin aman dan nyaman ketika semua penumpangnya sadar menjaga kenyamanan. Enggak nyalain hp salah satunya.

    ReplyDelete
  26. Transportasi udara saya pakai kalau perjalanan memakan waktu lebih dari 5 jam, kalau masih dekat sih saya lehihh milih naik kereta. Tapi emang naik pesawat enak sih ya

    ReplyDelete
  27. Dari waktu ke waktu jumlah penumpang pesawat terus menaik ya mba. Lebaran ini berasa banget susah nyari tiket mudik ke padang.

    Iya meski terlihat sederhana dan gampang, naik pesawat kudu hati2 dan taat aturan banget biar ga merugikabn penumang lain.

    ReplyDelete
  28. Banyak orang yang mudik dengan transportasi udara karena aman, cepat dan harga yang cukup lumayan. Semoga yang lagi mudik, sampe dengan aman dan sehat kesehatannya. Selamat berkumpul kembali dengan keluarga

    ReplyDelete
  29. Tapi sayang ya tidak semua daerah di Indonesia bisa ditempuh dengan pesawat 😬

    ReplyDelete

.comment-content a {display: none;}