Inilah 7 Manfaat Berkomunitas Bagi Perempuan

Setiap individu merupakan makhluk sosial. Personal yang tidak bisa berdiri sendiri dan memerlukan orang lain. Begitu pula dengan saya sebagai perempuan yang memiliki hobi menulis di blog.

Bergabung di komunitas yang di dalamnya terdiri dari orang-orang yang memiliki hobi yang sama, mendatangkan banyak manfaat bagi saya. Komunitas blogger yang saya ikuti, memberikan setidaknya 7 manfaat yang menguntungkan bagi saya. Lalu apa sajakah kuntungan yang saya dapatkan dengan bergabung dalam komunitas?

http://www.nurulfitri.com/2017/08/inilah-7-manfaat-berkomunitas-bagi.html

Menambah Pertemanan
Alhamdulillah, pertemanan saya menjadi semakin bertambah sejak saya bertemu dengan orang-orang yang memiliki passion serupa. Dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia, saya mengenal teman-teman yang memiliki hobi sama. Eh, tidak hanya dari dalam negeri, bahkan teman dan guru kepenulisan saya pun ada yang tinggal diluar negeri.

Dan harus diakui, pertemanan itu lebih banyak didominasi dari dunia maya. Kami pun lebih banyak berinteraksi di dunia maya. Tapi walaupun begitu, kami merasa sangat dekat, layaknya personal yang telah kenal dekat. Banyak sekali yang bisa menjadi bahan perbincangan kami. Berbincang serta bertukar pikiran tentang dunia kami tanpa rasa sungkan meskipun belum pernah bertatap muka.

http://www.nurulfitri.com/2017/08/inilah-7-manfaat-berkomunitas-bagi.html
Bersama Blogger Bandung ketika menghadiri sebuah acara di PVJ
Menambah Wawasan dan Ilmu
Sejak bergabung di komunitas, saya banyak mendapatkan ilmu dari teman yang sudah terlebih lama menekuni hobi menulis. Wawasan saya pun menjadi semakin bertambah. Apa saja ilmu yang bisa saya dapatkan? Karena kami merupakan kumpulan orang-orang yang memiliki hobi menulis, tentu saja saya banyak mendapatkan ilmu tentang kepenulisan.

Hanya itu? Tentu saja,tidak! Salah satu komunitas yang saya ikuti beranggotakan para perempuan dari beragam profesi dan status. Dari ibu-ibu yang telah memiliki anak, saya mendapatkan ilmu tentang pengasuhan anak. Dari blogger-blogger yang selalu membahas kecantikan, pengetahuan tentang tata rias atau perawatan kecantikan banyak bertebaran.

Belum lagi, dari blogger yang senang memasak. Wah... berbagai macam menu atau cara memasak yang praktis bisa dengan mudah didapatkan. Lalu, ada lagi? Ada! Dari traveller blogger saya jadi tahu bagaimana keindahan bagian dunia lain. Destinasi wisata yang bagus untuk dikunjungi, tempat menginap yang recommended serta transportasi yang bisa digunakan.

Sebenarnya masih banyak lagi, ilmu yang bisa didapatkan saat bergabung dalam komunitas. Teman-teman bisa menambahkan?

Sumber Ide
Salah satu kegiatan dalam komunitas kami adalah berbagi hasil karya tulisan. Dari tulisan teman-teman, terkadang saya bisa mendapatkan ide untuk menulis. Baik itu menulis di blog maupun menulis buku. 

Satu tulisan bisa saja menciptakan beberapa ide untuk membuat sebuah tulisan. Kita bisa menulis dengan tema yang sama atau membuat tanggapan bahkan menuliskan sanggahan dari tulisan yang telah dibuat oleh teman kita.


Sumber Informasi
Beberapa teman ada yang memiliki relasi para pebisnis. Mereka kadang membutuhkan banyak promosi dalam menunjang kelancaran bisnisnya. Dan dari anggota komunitas tersebut, banyak infomasi tentang perlombaan menulis, kuis atau acara-acara blogger.

Tidak hanya itu, pertukaran informasi pekerjaan yang berkaitan dengan kepenulisan atau promo-promo biasanya bisa didapat dengan mudah. Sangat menguntungkan bagi saya, loh!
Ya, karena berkat manfaat berkomunitas bisa menjadi sumber penghasilan dan tentu saja bisa menambah uang jajan, bukan?

Menambah Pengalaman
Dengan berkomunitas pengalaman yang didapatkan pun dapat semakin bertambah. Pengalaman menghadiri acara yang diperuntukan untuk blogger, pengalaman bertemu dengan teman baru atau yang baru bisa berinteraksi di dunia maya serta pengalaman menulis ulasan sebuah acara atau produk.

Sungguh merupakan pengalaman yang baru, menyenangkan dan bisa saya dapatkan karena bergabung dalam komunitas.

Sumber Penghasilan
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dengan bergabung dalam komunitas, maka kita juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Seringkali tawaran pekerjaan diinformasikan dari anggota komunitas. Tidak hanya informasi pekerjaan, terkadang ada beberapa teman yang bisa memasarkan produknya kepada sesama anggota komunitas.

Membangun Kepribadian
Secara tidak langsung, berinteraksi dengan banyak orang membentuk kepribadian kita. Dalam berkomunikasi, kita harus memiliki etika dan adab yang bisa diterima oleh semua anggota.

Belajar menjadi pribadi yang lebih baik, agar hubungan dengan teman tidak terganggu. Meskipun hanya kenal di dunia maya, namun menjalin hubungan baik dengan teman, tidak boleh diabaikan. 

Nah ... Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika kita bergabung dalam komunitas. Apakah teman-teman mendapatkan manfaat lainnya? Sharing, yuk!

** Tulisan ini dibuat untuk menanggapi postingan Mak Ade Delina Putri di web KEB.
#collaborative blogging

Artikel Lainnya :
Apa Sih, Asyiknya Nulis di Blog?
Cara Membuat Animasi Dengan Photoscape
Jawilin Blogger Untuk Menjalin Silaturahmi
Merayakan Kemerdekaan Bersama Sate Khas Senayan

28 comments:

  1. Bergiat di komunitas memang punya manfaat banyak seperti yang disebutkan di atas. Selain poin-poin tersebut, komunitas bagi saya juga menjadi sumber motivasi untuk menyemangati diri. Karena saat melihat pencapaian teman, kita akan terpacu untuk berusaha juga sampai ke titik itu :)

    Btw, makasih sudah berbagi ulasan menarik ini, Mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, bisa jadi penyemangat juga ya..

      Delete
  2. benarr sekali mba nurul, meda sosial jika di gunakan kearah yg baik, banyak hal hal positif yang akan kita dapatkan
    apalagi jika udah nyandang gelar IRT, jarang bertemu dengan orang-orang karena kesbukan ngurus keluarga, dengan adaya media sosial kitamasih tetap bisa menyambung silaturahmi dan menambah wawasan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju Mbak ...kita sebagai IRT bisa memanfaatkan media sosial untuk menyambung silaturahmi.

      Delete
  3. Berkomunitas bisa mendatangkan rasa percaya diri..dan mengembangkan kemampuan diri juga yaa Mbak Nurul..asalkan tidak suka nyinyir dan baperanšŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi ... Iya mbak.. asal jangan suka nyinyir dan baperan aja,ya..

      Delete
  4. Betul banget, berkomunitas itu bukan hanya memberikan softskill dan hardskill, tapi juga membuat kita peduli akan sesama. Pentingnya berkomunitas ini bukan hanya untuk perempuan, tapi semuanyaa :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua orang butuh komunitas dan mendapatkan manfaatnya ya, Mbak

      Delete
  5. berkomunitas dapat mengupdate berita terbaru secara tepat.. dan banyak juga keuntungan yang lainnya

    ReplyDelete
  6. Bener banget mba,, saya dulu awalnya ikut komunitas blogger jogja, dari situ trus dapat kerjaan juga karena relasi blogger.. yang penting dalam berkomunitas bisa kendali diri dan jangan mengejar sesuatu berlebihan karena malah bisa jadi bumerang diri kita

    ReplyDelete
  7. Arisan termasuk komunitas juga kan yaa hehe.. seru kalau ada arisan. Duit yang terkumpul abis di makan-makan :D :D dari dulu suka sejak kecil kalau ada arisan. Alamat makan enak :D :D

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah....
    Dengan blogging makin membuka cakrawala emak-emak.
    Yang tadinya saya hanya berkutat soal anak...sekarang jadi ke banyak hal yang membutuhkan deep thinking.

    **jadi inget masa sekolah dulu.

    ReplyDelete
  9. Berkomunitas memang menyenangkann apalagi kalau anggotanya asik2 hehehe. Sebagai anak komunitas saya merasakan betul tujuh manfaat yg Mbak share hehe

    ReplyDelete
  10. Poin2nya bener banget, penghasilan itu juga meski ga langsung kdg byk silaturahmi mendatangkan rejeki krn nambah koneksi jg, ya kan

    ReplyDelete
  11. akupun merasakan manfaat yang sama, setelah sekian tahun cuma sibuk ngurusin badan eh ngurus anak sekarang mulai berkomunitas, walau beberapa hanya bertemu di sosmed tapi alhamdulillah banyak manfaat yang didapat...

    ReplyDelete
  12. bener banget masalah komunitas di dunia blogging paling penting. Ini buat memacu semangat juga, aku semakin semangat kalau ada komunitas

    ReplyDelete
  13. bener banget komunitas ini membawa kita menambah pertemenan yang banyak dan bisa buat seru seruan. apalagi klo banyak kenalan bisa ada link untuk sumber penghasilan

    ReplyDelete
  14. Nah kan... ibaratnya apalah artinya seorang blogger jika tidak punya komunitas.. kan di komunitas juga kita bisa menempa dan mencari ilmu..menambah wawasan dan yang utama menambah penghasilan hehehe

    ReplyDelete
  15. satu yang paling penting dari silaturahmi adalah menambah rejeki karena jika lingkaran pertemanan kita hanya itu-itu saja, kita gak bisa berkembang, nah bagus nih buat perempuan tips yang dipaparkan oleh mbak nurul supaya tidak diam di rumah dan banyak berkomunitas

    ReplyDelete
  16. huaaaaau iya banget
    aku juga ngerasain dampaknya

    kuliah nggak sekedar kuliah, tapi aktif juga di luar bangku perkuliahan
    alhamdulillah, kuliah saya lancar inshaa Allah cumlaude, juga aktif di 3 organisasi saat kuliah, pernah jabat ketum juga
    pun sampai sekarang, saya masih aktif di komunitas2 yang lama, lalu nambah komunitas baru yang terkait dunia blogging

    huaaaau pokoknya berharga dan keren bangetlah... aku... hahahaha

    dapet semua manfaatnyaaa

    ReplyDelete
  17. Mungkin, nambah jodoh, hehehe
    Bykan yg jd teman akhirnya dikenalin sama sodara atau temannya. Apa pun kumpulannya asal gak bikin bom atau melakukan kejahatan, saya dukung

    ReplyDelete
  18. alhamdulillah punya komunitas juga...biar gak stress di rumah melulu dengan seabrek pekerjaan domestik yang ngawe-ngawe....

    ReplyDelete
  19. Setuju semua mbak....

    Akupun ngerasa kaya gini. Yang penting bermanfaat dan mengupgrade diri kita ya mbak

    ReplyDelete
  20. kalau saya ada satu lagi nurul.. yakni menambah penghasilan hahaahah

    krn teman teman komunitas jadi sering belanja di os saya..

    ReplyDelete
  21. Saya sekarang lebih suka ikut komunitas yg bermanfaat untuk pengembangan diri atau saya memberi manfaat di dalamnya
    Klu cuma ngumpul ngumpul..makan makan..seperti arisan ibu ibu agak malas
    Alhamdulillah komunitas yg sy ikuti sekarang punya manfaat besar untuk pengembangan diri, nambah pengetahuan bahkan bisa ikut berbagi

    ReplyDelete
  22. Setuju banget sama semua manfaat komunitas yang disebutin mbak Fitri, terutama masalah penghasilan. Kadang blog yang bagus enggak ada penghasilan karena komunitasnya sempit.

    ReplyDelete
  23. Tambahan, menemukan jodoh juga hahahaha ini serius. Berkat berkomunitas, jodoh makin dekat. Eh.

    ReplyDelete
  24. Satu lagib manfaat berkomunikasi adlh bikin awet muda, wkwkwk. Apa lagi gabung ama yang muda dan fresh . Kadang ngumpul bikin ambah ceria dan sering ketawa. Belum lagi pas sesi foto heboh

    ReplyDelete

.comment-content a {display: none;}