Hati – Hati dengan 5 Hal Ini yang Dapat Memendekkan Usia AC Anda

"Hari Kamis minggu depan, sekolah libur, ya?" tanya anak lelaki saya.
Spontan saya melihat kalender yang tergantung di dinding, memastikan memang ada libur panjang di akhir pekan. Jika ada libur panjang kami biasa berlibur ke luar kota. Ketika kami masih tinggal di Subang, Kota Bandung-lah yang jadi tujuan wisata kami sekeluarga.
Namun sejak kami pindah ke Bandung, kebiasaan berlibur kami jadi terbalik. Di hari libur kami mengunjungi rumah yang ada di Subang. Untuk berlibur ke kota penghasil nanas tersebut, kami membutuhkan beberapa persiapan. Kami sudah mulai terbiasa dengan segar dan ademnya hawa Kota Bandung. Sehingga kami perlu menyesuaikan diri jika mau berlibur ke Kota Subang yang berhawa panas.

Selain mempersiapkan baju yang cocok untuk daerah bersuhu panas, kami juga memastikan peralatan di rumah dalam kondisi baik. Panasnya hawa Subang membuat kami perlu mempersiapkan air conditioner berfungsi dengan baik untuk menemani aktivitas sehari-hari.  
Air Conditioner sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting dan umum. Hampir setiap gedung perbelanjaan, hingga perumahan - perumahan telah menggunakan AC sebagai pendingin ruangan. Sehingga tanpa adanya AC, aktivitas internal dalam ruangan akan terasa panas dan kurang nyaman. 


Tentu saja, kami tidak mau acara lliburan kami jadi kurang nyaman karena panasnya hawa di dalam rumah. Persiapan kami untuk membuat AC berfungsi dengan baik yaitu dengan melakukan perawatan agar tetap bekerja secara optimal dan tidak cepat rusak. Akan tetapi, ternyata ada beberapa hal berikut justru akan memendekkan usia AC yang kita miliki. Mengapa bisa begitu? Berikut ini penjelasan yang perlu diketahui oleh pemilik pendingin ruangan, mengapa AC bisa cepat rusak, yaitu :

1. Menempatkan Air Conditioner Di Tempat Panas

Salah satu cara melakukan perawatan AC Rumah adalah dengan tidak menempatkan AC pada tempat yang panas. Mengapa ? Karena kinerja AC secara umum adalah mendinginkan ruangan. Ketika ruangan tidak kunjung dingin, maka AC akan bekerja dua bahkan tiga kali lipat untuk mendinginkan ruangan. Akibatnya bila dipaksakan terus menerus, maka akan memperpendek usia AC. 
Suami saya termasuk pria yang mengerti banyak tentang barang elektronik. Jadi beliau menempatkan air conditioner milik kami di tengah ruangan yang tidak terlalu panas agar pendingin ruangan kami tidak mudah rusak.  

2. Menyalakan Air Conditioner Sepanjang Hari

Menyalakan AC sepanjang hari sangat tidak disarankan. Mengapa ? Hal ini membuat AC Anda terus menerus dipaksakan untuk bekerja. Dampaknya adalah memperpendek usia AC Anda. Sama halnya dengan orang yang dipaksa untuk lari sepanjang hari tanpa istirahat. Tentunya ini tidak baik. 

Aduuh ... untuk masalah yang satu ini, saya benar-benar bingung. Anak-anak tidak betah jika berlibur ke Subang, tanpa menggunakan AC. Udaranya yang panas membuat mereka merajuk dan rewel seharian.


3. Mengubah Suhu

Sebenarnya sah - sah saja mengubah suhu pada termostat. Namun jangan dilakukan secara cepat atau dibuat main - main. Hal ini menjadi salah satu cara untuk melakukan perawatan AC Rumah. Mengubah suhu sama dengan mengubah kekuatan AC dalam mendinginkan ruangan. Apabila suhu yang diinginkan rendah, maka AC akan bekerja dengan keras untuk mendinginkan ruangan, sebaliknya jika suhu yang diinginkan tinggi, kinerja AC pun turun dalam mendinginkan ruangna. Sehingga apabila kita  mengubah suhu dengan cepat, kinerja AC menjadi tidak stabil dan resikonya adalah AC Anda cepat rusak.

4. Membiarkan Ventilasi Terbuka

Umumnya AC bekerja cukup keras diawal untuk mendinginkan ruangan. Namun setelah berada pada suhu yang ditentukan, kinerja AC pun menurun dan cenderung stabil menjaga suhu tetap pada angka yang diinginkan. Namun apabila ventilasi terbuka, suhu dalam ruangan akan bercampur dengan suhu luar sehingga AC tidak mencapai titik dingin yang diharapkan. Hal ini akan membuat AC terus menerus bekerja keras agar mencapai titik dingin yang diharapkan. Tentunya kinerja AC yang terlalu berat akan memperpendek usia AC yang kita miliki.

5. Mengabaikan Perawatan

Apabila hendak memasang AC dirumah, perawatan AC sangat penting untuk diperhatikan. Pasalnya banyak rumah yang menganggap bahwa merawat AC tidak terlalu penting. Padahal apabila AC di rawat dengan baik, maka dapat meningkatkan efisiensi dan kenyaman serta mempepanjang Usia AC.

Paling tidak untuk melakukan perawatan AC rumah, bersihkan atau ganti filter minimal dua bulan sekali. Mengapa? Kerja filter sendiri adalah untuk menyaring debu dan kotoran yang berada di udara, sehingga apabila tidak dibersihkan, filter akan tertutup dan mengurangi sistem kerja AC. Selain itu setidaknya lakukan maintenance AC setidaknya setahun sekali agar AC lebih awet dan tahan lama. 
Dengan  mengetahui beberapa hal yang dapat membuat AC rusak, semoga ke depannya para pemilik pendingin ruangan tersebut bisa lebih berhati-hati dalam penggunaannya. Begitu juga dengan keluarga saya, harus lebih memperhatikan perawatannya terutama melakukan perawatan.

4 comments:

  1. Nice info mba..meskipun saya tak punya AC n tak suka AC..

    ReplyDelete
  2. Benar sekali infonya Mbak..
    Kalau di Jakarta AC sepertinya sudah mutlak dimiliki..panas sekali cuacanya soalnya

    ReplyDelete
  3. Wah makasih tipsnya bun. Saya baru beli AC soalnya. Jadi butuh ilmu buat perawatannya jg

    ReplyDelete
  4. Jadi ingat ac di kantor. Sepertinya harus dirawat deh.

    ReplyDelete

.comment-content a {display: none;}