5 Keuntungan Kuliah Di Universitas Swasta Terbaik

Meskipun kakak baru saja masuk sekolah menengah atas, pengetahuan tentang universitas yang akan dituju harus sudah mulai diberikan. Agar si sulung bisa mempersiapkan dirinya sedini mungkin. Menurut informasi yang saya terima, untuk masuk perguruan tinggi, nilai raport dari kelas X sudah masuk dalam perhitungan. Oleh karena itu anak saya perlu mempersiapkan semuanya dari sekarang, bukan?



Lalu, kakak mau kuliah di mana? Mau bersekolah di perguruan tinggi manapun saya akan mendukungnya. Asalkan memang sesuai dengan apa yang dicita-citakan oleh anak perempuan saya itu.

Ada banyak orang yang memiliki argumen bahwa berkuliah di kampus negeri (PTN) lebih bermutu dari pada di PTS. Hal ini adalah salah, Belum tentu Universitas tersebut menjadi tolok ukur keberhasilah dalam hidup. Sebenarnya berkuliah dimanapun sama saja, bergantung pada individu masing-masing dalam menjalani proses perkuliahan.

Siapa pun yang sedang atau akan menempuh pendidikan kuliah di Universitas swasta, jangan minder, sebab ada beberapa kelebihan universitas swasta yang tidak dimiliki di universitas - universitas negeri. Berikut ini ada 5 keuntungan kuliah di universitas swasta terbaik:

1. Kesempatan besar masuk ke PTS

Kesempatan lolos lebih tinggi dibandingkan universitas negeri. Remaja Indonesia tergolong memiliki semangat belajar yang tinggi, Namun sering kali dipatahkan ketika mendaftar di universitas negeri. Tingginya daya saing dan sedikitnya quota yang tersedia membuat banyak siswa gagal mendaftar di Perguruan tinggi negeri yang ia dambakan. 


Namun tidak perlu khawatir, siswa dapat mendaftar di universitas swasta sebagai alternatif. Ada hal yang perlu diketahui, beberapa universitas swasta justru memiliki kompetensi yang tak kalah bahkan lebih baik dari negeri. Sehingga tak ada salahnya mendaftar di Universitas Swasta terbaik.

2. Banyak gedung yang dibangun

Dengan banyaknya minat calon mahasiswa melanjutkan studi di bangku perkuliahan. Universitas swasta yang memiliki grade yan baik biasanya membangun begitu banyak gedung - gedung baru guna menampung para calon mahasiswa agar dapat melanjutkan studinya. 


Hal ini tentu hanya dimiliki oleh universitas swasta. Karena dana yang diperoleh adalah dana dari mahasiswa bukan pemerintah, sehingga dana tersebut dapat dialokasikan untuk membangun gedung - gedung baru yang justru lebih megah dan mewah dibandingkan universitas negeri.

3. Biaya kuliah jelas

Biaya adalah hal yang sangat diperhatikan bagi calon mahasiswa , sebab hal ini menjadi tolok ukur mereka dalam memilih instansi. Pada brosur yang disebar oleh pihak universitas swasta biasanya dituliskan rincian biaya pendidikan sehingga calon mahasiswa bisa memilih universitas swasta terbaik yang cocok dengan mereka sesuai kondisi finansialnya. 


Namun pada universitas negeri, biaya kuliah tidak tercantum dimanapun. Biaya perkuliahan baru dapat diketahui setelah diumumkan lolos sebagai mahasiswa di universitas tersebut. Kadang biaya kuliahnya pun tidak sebanding dengan kondisi finansial. Hal ini membuat beberapa calon mahasiswa mundur dan memilih universitas swasta dibandingkan negeri.

4. Jam kuliah bisa diatur

Hal ini sangat menguntungkan untuk para mahasiswa yang memiliki jiwa pekerja. Karena jam kuliah bisa diatur dan ditentukan sesuai keinginan. Namun hal ini juga harus disetujui oleh dosen pengampu agar tidak terjadi salah komunikasi. Bila sudah terjadi kesepakatan maka anda bisa mendapat keuntungan berupa kuliah dan juga bisa bekerja.

5. Dosen Expert

Keuntungan yang kelima ini adalah dosen expert. Yang mana di PTS ini pasti menginginkan citra instansi nya baik dimata masyarakat. Maka dari itu universitas swasta terbaik menggait dosen yang expert dibidangnya. Sebagai contoh di PTS banyak dosen yang ber-title Prof. atau Doktor karena mereka juga mendapat keuntungan fee yang melebihi dosen yang hanya bertitle M.Hum atau dibawahnya.



Melihat 5 kelebihan perguruan swasta tersebut, tidak ada salahnya jika anak kuliah di perguruan tinggi swasta, bukan? Sekolah di swasta maupun di negeri, asalkan anak belajar di bidang yang diminatinya, maka proses belajar pun akan menjadi menyenangkan.

Jika anak belajar dengan sepenuh hati, maka hasilnya bisa lebih baik, bukan? Dan mudah-mudahan cita-cita yang diinginkannya bisa tercapai.

Artikel Terkait : 
Pentingnya Literasi Bagi Anak
Mendidik Anak Agar Berprestasi
Melejitkan Potensi Anak Bersama Neno Warisman Parenting
Tahap Pengasuhan Anak Yang Positif
Inilah 4 Gaya Asuh Ibu Dalam Perkembangan Anak

19 comments:

  1. Aku lulusan dari kampus ruko, dan alhamdullilah bisa masuk diperusahaan multinasional, bekerjanya bareng dengan anak2 yg lulusan negeri maupun luar negeri. Hihihihi.

    ReplyDelete
  2. Di Jepara ada universitas swasta tapi aku blm cocok sama jurusannya. Tp jika ada jurusan yg kusuka, di swasta emang lbh gampang apalagi pas ngatur jam karena kerja juga

    ReplyDelete
  3. Sebagai lulusan perguruan tinggi swasta terbaik di kawasan Serang, Banten. Aku mendapatkan keuntungan yang banyak. Meskipun kadang kala biaya kuliah yang cukup mencekik namun sebanding dengan apa yang kita dapatkan

    ReplyDelete
  4. di perguruan tinggi manapun, sebenarnya jam kuliah bisa diatur kok. yaaa kembali lagi, bergantung dosennya, heheehe...

    Iya nih, orang-orang pada sewot ngatain PTS itu mahal dan ecek2, padahal kan mereka mahal karena sebanding dengan kualitas yang ditawarkan. ya kan?

    ReplyDelete
  5. Eh iya temenku yang kuliah di univ swasta juga lebih fleksibel sih waktunya, jadi bisa sambil kerja juga. Dulu aku juga ada niatan mau kuliah swasta tapi udah keterima di negeri. Gapapa kan bener yang penting diri pribadinya yang ngembangin hihi

    ReplyDelete
  6. saya pun lulusan PTS yang terakreditasi baik kok, di kampus dan kota yang dijuluki Indonesia Mini!
    dari Sumatra smapai Papua ada di kampus dan kota ini.

    memang dosen sangat kompeten dan terkesan perfectionist ketika melakukan penilaian seperti yang tertulis di artikel terkait

    ReplyDelete
  7. ia, sebenarnya belajar itu tergantung kitanya. kalau kita suka semuanya akan terasa lebih mudah da enak dijalani, walhasil hasilnya bagus

    ReplyDelete
  8. Saya sangat setuju, kuliah nggak harus negeri, asal biaya terjangkau dan kita aktif di kampus, kualitas kita nggak jauh beda dengan mereka yang kuliah di PTN

    ReplyDelete
  9. Yang terpenting adalah semangat belajar dan minat yang sesuai ya Mbak. Soalnya pernah ketemu orang yang minder juga karena masuk PTS padahal mah yang menjamin kesuksesan adalah gimana kita semangat dan fokus belajar di PTS tersebut. Tulisannya menginspirasi Mbak :D

    ReplyDelete
  10. Saya setuju, Mbak. Tergantung personal yang menjalani kuliah. Meskipun kuliah di universitas swasta, kalau softskill-nya bagus, dia bisa lebih berhasil daripada yang kuliah di universitas negeri.

    ReplyDelete
  11. bener banget mba mau kuliah di swasta atau negeri yang terpenting semangat belajarnya.. karena sekarang ini PTS pun banyak banget yang menghasilkan sarjana yang berkualitas dan bisa bersaing di dunia kerja

    ReplyDelete
  12. Bner bgt anak2 harus secepatnya diberikan arahan mau mengambil PT dmn dan jurusam apa. Jgn sampai kayak aku asal bgt pas milih jurusan dan tmpat kuliah,hasil nya aku jalaninnya jg asal2an.

    ReplyDelete
  13. Thats rite Kaka. Saya sbg mahasiswa swasta merasakan hal yg sama dg yg dibahas Kaka saat ini.

    ReplyDelete
  14. Iya sih.. Sekolah mau di manapun juga sama aja. Tergantung kemampuan anaknya dan kemampuan orangtuanya membiayai. Yang penting anak mau dan mampu menyelesaikan dengan baik.

    ReplyDelete
  15. kebetulan aku lulusan kampus negeri dgn beasiswa.. krn kalau disini swasta itu mahal.. pasti kami ga sanggup bayarnya.

    tapi menurutku kampus swasta di jakarta mah boleh diadu kualitasnya. ada harga ada rupa sih. wajar mahal karena memang fasilitas lengkap pake banget.

    suamiku kebetulan jg lulusan kampus swasta yang lumayan sppnya di jakarta. skill beliau jg bagus kok. beliau lulusan swasta tp pernah ngisi seminar di kampus negeri paling tersohor sejabodetabek hehehe..

    ReplyDelete
  16. Tidak bisa dipungkiri, daya tarik PTN di Indonesia masih sangat besar.
    Namun dengan adanya program kerjasama dengan beberapa penyedia lapangan kerja, aku yakin sekali, makin banyak lulusan berkulitas dari PTS.

    ReplyDelete
  17. Ada benarnya ada tidaknya. Saya kuliah di swasta dosennya malah santay santay banget. Tp intinya sih sama aja mau yg negeri ataupunswasta intinya mencari ilmu juga kak

    ReplyDelete
  18. Zaman skrng jg org kerja gk terlalu diliat lulusan mana yg penting skill oke kyknya ya. DImanapun asal kuliah sungguh2 insyaAllah sukses. Jd inget perkataan dosenku, "Yg namanya mutiara, meski dia kecemplung kali yg butek, tetap akan bisa bersinar kok." :D

    ReplyDelete
  19. Perguruan tinggi swasta banyak yg bagus kok..
    Malah di kota saya, ada PTS yg jd incaran calon mahasiswa.
    Bahkan ada kebanggan tersendiri jika bisa masuk PTS itu

    ReplyDelete

.comment-content a {display: none;}