Strategi Melesatkan Bisnis

Memiliki bisnis yang maju merupakan dambaan setiap pelaku bisnis. Bermacam cara akan dilakukan untuk membuat bisnis menjadi lancar dan terus maju. Salah satunya dengan menonjolkan keunikan pada barang dagangan kita. Produk yang unik, cara berjualan yang berbeda dengan yang lain atau cara menampilkan produk yang unik. 
Contohnya ketika saya mengunjungi GOR dan lapangan sepak bola di kota saya yang berubah menjadi pasar kaget atau pasar dadakan. Pasar yang hanya ada di setiap Hari Minggu pagi ini menyediakan berbagai macam barang dagangan, Dari mulai sayuran mentah sampai sayur siap santap, baju, sepatu, tas dan lain sebagainya. Perhatian saya pada saat itu, tertarik pada pedagang pakaian yang selalu ramai dikelilingi oleh ibu-ibu. Penasaran dengan barang dagangan yang dijajakan dengan cara disimpan di tanah, tidak dilipat dan dibiarkan menumpuk, saya dekati kerumunan itu.
Iseng-iseng (karena memang tidak berniat membeli..hi..hi) saya tanyakan harganya kepada abang pedagangnya. Dan ternyata, tidak jauh berbeda dengan pedagang sebelahnya yang menjajakan dengan cara digantung dan disusun rapi. Harga sama, dengan penyajian yang berbeda. Siapa sangka, pakaian yang dibiarkan menumpuk dan kurang teratur malah diserbu oleh pembeli. Sepertinya ini merupakan salah satu strategi abang penjaja pakaian itu, agar pembeli tidak sungkan datang ke tempatnya dan memilih pakaian yang disukai. 
Tentu berbeda dengan barang dagangan yang dijajakan lebih rapi dan terkesan berkelas. Pengunjung di pasar dadakan ini memiliki standar ekonomi beragam. Sehingga tidak semua pengunjung di tempat olah raga ini berani masuk ke dalamnya dan menanyakan harga pakaian itu.
Keunikan cara berdagang yang telah dilakukan pedagang pakaian itu, ternyata juga dilakukan oleh Rumah Makan Bale Desa. Bila biasanya nasi disajikan dengan di timbel (dibungkus dengan daun) atau dibentuk menyerupai bola setengah lingkaran, di rumah makan ini penyajian nasinya dibentuk menyerupai dadu yang besar. Kreatif dan sungguh unik bukan?  
Selain menonjolkan keunikan dari produk kita, masih ada beberapa cara yang lain untuk melejitkan bisnis. Mengutip dari Buku Virus Mompreneur karangan Indari Mastuti dan Julie Nava, rahasia melejitkan bisnis adalah sebagai berikut :
  1. Tingkatkan kolaborasi bisnis. Karena memiliki bisnis apapun kita akan selalu membutuhkan kerja sama dengan pihak lain untuk memperlancar jalannya bisnis. Contohnya, para pelaku bisnis online, tentu sangat membutuhkan jasa pengiriman untuk memperlancar bisnisnya.
  2. Buatlah Inovasi. Inovasi disini artinya menemukan cara, metode atau produk baru yang lebih baik dan dapat meningkatkan omzet bagi sebuah bisnis. Hampir semua aspek dalam bisnis memerlukan inovasi. Dari segi manajemen, jenis produk hingga ke masalah pengelolaan keuangan.
  3. Junjung tinggi profesionalisme. Sikap dan cara kita dalam berbisnis harus mengutamakan profesionalime. Begitu pula dalam mengelola keuangan bisnis kita, lakukan pencatatan yang rapi. Buat secara terpisah antara keuangan pribadi dengan bisnis.
  4. Merancang program, target dan agenda. Dengan merancang ketiganya dapat dipastikan suatu bisnis dapat melesat tinggi. Program, agenda dan target adalah panduan utama dalam menjalankan bisnis, apapun jenis bisnisnya.
  5. Memaksimalkan tekonologi sebagai sarana promosi. Kemajuan teknologi yang ada, dapat dimanfaatkan sebagai ajang promosi bisnis. Sebut saja fitur BlackBerry Messenger, Facebook, Twitter, kaskus dan lain sebagainya.
Bagaimana dengan bisnis anda? Sudah siap melejitkannya? Semoga rahasia melejitkan bisnis ini dapat membantu. 

Related post :

4 comments:

  1. Yang dibuarkan teronggok lebih laris mungkin karena persepsi orang lebih murah dibandingkan yang digantung rapi. Padahal harganya sama ya.

    ReplyDelete
  2. Kayaknya saya belum siap nie Mbak untuk berbisnis, masih terbentur masalah modal dan nekad. hehe

    ReplyDelete
  3. Tips nya bagus nih..
    Jadi tergantung sikon dan tempat ya mbk.. Baiknya kalo pasar dadakan ya strateginya barang2 kayak di pasar nyusunnya. Tapi kalo di mall ya yang berkelas nyusunnya.. :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}