Menikmati Nasi Bumbung


Akhir minggu seperti ini, begitu menyenangkan bila bersama keluarga mencari kuliner yang lain seperti biasanya. Kali ini, kami sekeluarga tidak mencari yang lokasinya jauh dari tempat tinggal kami. Di sekitar kota Subang saja. Rumah Makan Bale Desa menjadi pilihan kami di siang ini. Suasananya yg asri dan tempat makan yang berada di atas kolam ikan menjadikan tempat ini pantas dikunjungi.
Menu di rumah makan ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan rumah makan sunda lainnya. Menyediakan makanan khasnya seperti nasi timbel, nasi liwet dan berbagai olahan nasi lainnya. Yang menjadikan nilai tambah, rumah makan ini ternyata menyediakan nasi bumbung. Nasi bumbung adalah nasi yang dimasak di dalam bumbung atau bambu. Aroma bambu dan daun yang menyelimutinya menambah cita rasa. Diolah dan disediakan menggunakan bambu dengan diameter sekitar 6 cm dan panjang 12 hingga 14 cm.

Rasa nasi bumbung ini menurut saya tidak jauh berbeda dengan nasi liwet. Dengan berbagai macam bumbu dan ikan asin sebagai pelengkap dimasak menjadi satu menimbulkan rasa yang gurih. Di rumah makan ini, nasi bumbung disajikan dengan berbagai macam pilihan menu sebagai pendampingnya. Kita dapat memilih bebek goreng, bebek bakar, ayam bakar atau ayam goreng untuk mendampingi kelezatan nasi bumbung. Selain itu, disediakan pula tempe mendoan, tempe goreng atau tahu goreng.
Tidak ketinggalan sambel terasi dan sambel dadakan dilengkapi lalapan/sayuran mentah sebagai ciri khas makanan sunda dapat dinikmati bersama nasi bumbung.
Bagi teman-teman yang ingin menikmati gurihnya nasi bumbung ini, dapat mengunjungi Rumah Makan Bale Desa yang lokasinya berdekatan dengan terminal Kota Subang.

2 comments:

  1. Mbak, bikin diriku ngiler malem2... kapan bisa sampai ke JaBar ya..huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooo...mbak Sayidah, ke sini... nanti ditemenin keliling-keliling deh...:)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}