Cara Membuat Artikel di Blogspot Untuk Pemula

Konon nyawa sebuah blog itu terletak pada konten di dalamnya. Ketika konten kita bagus dan bermanfaat bagi semua orang, siapa pun akan menyukai blog kita. Selain memberikan informasi yang bermanfaat untuk pembaca blog, tulisan kita pun bisa dimanfaatkan untuk personal branding dan sarana marketing produk.

Cara Membuat Artikel di Blogspot Untuk Pemula

Untuk membuat artikel yang menarik dan mudah ditemukan oleh pembaca blog, ada cara yang harus diperhatikan saat membuat artikel di blogspot. Berikut ini langkah-langkah membuat artikel di blogspot bagi pemula:
 
1. Masuk ke akun Blogger lalu klik tombol Postingan Baru!

Cara Membuat artikel di Blogspot


2. Menentukan Judul

Buatlah judul yang menarik dan mengandung kata kunci yang dibidik. Misalnya kita mau menulis artikel tentang tips mengatasi rambut rontok, maka pastikan ada kata kunci “mengatasi rambut rontok” pada judul artikel.

Membuat judul artikel di blogspot


3. Menulis artikel
Setelah menentukan judul dan menuliskannya, lanjutkan menulis artikel.


4. Struktur Tulisan

Supaya memudahkan pembaca dan ramah di mata mesin pencari google, bagi artikel menjadi beberapa bagian. Tentukan sub judul dan sub- subjudul yang juga mengandung kata kunci. Tulis sub judul dan sub subjudul dengan menggunakan heading 2 sampai heading 4 (judul, sub judul, judul kecil)



5. Batas Postingan (Jump Break)

Tambahkan batas postingan (jump break) di antara paragrap pertama artikel kita. Fungsi jump break tersebut untuk memotong tampilan postingan dalam blog. Dengan memakai jump break, artikel kita tidak akan ditampilkan secara keseluruhan di halaman depan blog. 
 

Dengan begitu, artikel kita hanya akan ditampilkan sebagian. Untuk menambahkan jump break, klik tombol bergambar garis lurus penanda batas postingan.

6. Menambahkan Gambar
 
Untuk menambahkan gambar pada artikel, pilih lokasi yang akan disisipkan gambar. Selanjutnya klik tombol dengan simbol gambar maka akan keluar kotak yang menyediakan beberapa opsi pilihan. Silakan dipilih berdasarkan sumber gambar, yaitu upload dari file komputer, foto di google, gambar dari dalam blog sendiri atau dari URL. 
 

Lengkapi gambar yang kita upload dengan menambahkan caption. Klik gambar yang telah diunggah, lalu klik add caption. Selain itu kita juga perlu melengkapi gambar dengan alt image.


7. Menambahkan Link

Cara melengkapi artikel berikutnya yaitu menambahkan link. Untuk menambahkan link, yang harus dilakukan yaitu memblok teks yang akan disisipi oleh link. 


Selanjutnya klik gambar mata rantai. Nanti akan muncul kotak dialog. Silakan isi alamat URL yang akan ditempel pada kata yang akan diberi link. 
 
 

Nah itulah cara membuat artikel di blogspot. 
Lalu setelah itu apakah proses menulis di blog sudah selesai?
Tentu saja, tidak! Masih ada tahapan yang perlu diterapkan supaya artikel kita bisa mudah ditemukan oleh mesin pencari, google. 

So … setelah kita selesai menulis artikel, lakukan beberapa langkah ini supaya artikel kita lebih optimal.

1. Membuat Kategori

Klik label, lalu tulis kategori dari artikel yang kita buat. Di blogspot, pengaturan kategori artikel dilakukan melalui label. Jika kita membuat artikel yang bisa termasuk dalam beberapa kategori, silakan pisahkan setiap kategori dengan tanda koma.

2. Mengatur Permalink

Selanjutnya bagian permalink. Di bagian ini kita dapat mengatur alamat URL artikel sesuai dengan yang diinginkan. Pilih permalink khusus apabila hendak mengatur alamat URL artikel. Pastikan kata kunci artikel kita terkandung di permalink tersebut.

Misalnya kita hendak membidik kata kunci “cara menghilangkan jerawat”, maka pastikan “cara menghilangkan jerawat” ada pada alamat permalink. 
 

3. Deskripsi Artikel

Langkah ketiga untuk membuat artikel kita lebih optimal yaitu mengisi deskripsi singkat artikel di bagian deskripsi penelusuran. Deskripsi ini akan memudahkan artikel kita terindeks oleh mesin pencari dengan mudah. Oleh karena itu pastikan dalam deskripsi tersebut mengandung kata kunci yang sudah kita bidik. 
 

Apabila semua bagian tulisan sudah selesai, silakan klik tombol Publikasikan untuk menerbitkan tulisan kita. 

Nah, itulah tahapan membuat artikel di blogspot bagi pemula. Semoga penjabarannya bisa dimengerti. Namun apabila ada yang masih belum jelas, silakan tanyakan di kolom komentar. Atau ada yang mau diskusi, yuk, berbagi!

Salam takzim


Post a Comment

0 Comments