Mendampingi Anak Mempersiapkan Karyawisata ke Bali

22:37:00 Nurul Fitri Fatkhani 68 Comments

"Bu, besok hari terakhir transfer pembayaran buat karyawisata ke Bali."
"Loh, jadi ya? Katanya enggak jadi ikut?"
"Iya, Azel jadi ikut ke Bali, Bu. Padahal kemarin bilangnya mau pergi ke Malang bareng keluarganya."
"Jadi kalau Azel ikut, kakak juga jadi ikut?"
"Iya!"
Deuh ini anak, padahal emaknya sudah santai. Soalnya kalau dia enggak ikut karyawisata yang diadakan oleh sekolahnya, biayanya bisa dialokasikan untuk yang lainnya, kan? hihihi  ...

 Persiapan Karyawisata ke Bali

Rencananya anak kelas XI SMAN 8 Bandung mau berwisata ke Bali. Diharapkan semua muridnya mengikuti kegiatan tersebut. Dari data minggu lalu, kelas kakak baru sekitar 10 orang yang mau turut serta. Anak sulung saya termasuk yang masih ragu untuk ikut berwisata. Karena kabarnya sahabatnya tidak akan ikut. Namun, akhirnya dia bersama sahabatnya sepakat untuk ikut berkaryawisata ke Bali.

Jauh hari sebelumnya, sekolah bersama pihak dari travel sudah mengajukan angket moda transportasi keberangkatan karyawisata. Untuk keberangkatan, peserta tour akan menggunakan tansportasi udara. Ada dua pilihan pesawat yang akan mereka gunakan. Rencana pertama, keberangkatan melalui Bandara Husein dan opsi yang kedua menggunakan pesawat dari Bandara Soekarno Hatta. 

Jika keberangkatan menggunakan maskapai Air Asia melalui Bandara Soekarno Hatta, peserta diberikan konpensasi biaya sekitar Rp. 300.000 hingga Rp. 400.000. Penambahan dana ini untuk tambahan biaya perjalanan Bandung-Jakarta.

Menanggapi beberapa opsi yang diajukan, beberapa orang tua sepakat dengan rencana pertama yaitu melalui Bandara Husein. Selain pertimbangan meminimalisir biaya keberangkatan, untuk menuju Jakarta, peserta harus berangkat saat dini hari untuk mengejar jadwal penerbangan di pagi hari.

Untuk biaya karyawisata-nya sendiri memerlukan biaya sebesar Rp. 3.750.000 yang meliputi tiket air asia, biaya sewa bis, akomodasi 3 malam di hotel pilihan, konsumsi 14 kali makan, asuransi, obat-obatan P3K dan oksigen, kaos karyawisata, doorprize, hiburan dan dokumentasi.

Itinerary Karyawisata Ke Bali

Untuk melakukan perjalanan wisata ke Bali, pihak sekolah telah menyerahkan daftar acaranya kepada pihak travel. Karyawisata selama 5 hari tersebut telah terjadwalkan tempat wisata yang akan dijadikan tujuan wisata. Saya cermati tempat mana saja yang akan dikunjungi oleh putri sulung saya itu. Dengan mengetahui tempat wisata yang akan dituju, saya dan si sulung bisa memperkirakan barang apa saja yang akan dibawa ke sana.

Dengan mengetahui destinasi wisatanya, anak perempuan saya bisa mempersiapkan busana yang sesuai. Jangan sampai salah kostum, deh! Bayangkan saja, pergi bermain ke pantai menggunakan busana yang tebal, pasti akan terasa panas, bukan? Ujung-ujungnya nanti tidak bisa menikmati liburan di sana.

Destinasi wisata yang akan dikunjungi oleh anak saya dan rombongan dari Bandung, merupakan tempat wisata yang sudah terkenal dengan keindahannya. Yuk, kita lihat seperti apa daerah wisata yang akan dikunjungi anak-anak SMA tersebut saat berkaryawisata ke Bali!

1. Tanah Lot

Setelah landing di Bandara Ngurah Rai, rombongan akan menaiki bis menuju Tanah Lot. Objek wisata Tanah Lot berada sekitar 13 kilometer di sebelah selatan Kota Tabanan. Di lokasi ini terdapat dua buah pura yang besar. Yang satu berada di atas bongkahan batu dan satunya lagi berada di atas sebuah tebing. Pura tersebut digunakan untuk memuja para dewa penjaga laut. Untuk para pencari pemandangan indah saat matahari terbenam, tempat ini merupakan tempat yang cocok untuk menikmati keindahan lembayung senja.

mempersiapkan karyawisata ke bali
Tanah Lot (source : wikipedia)

2. Bali Zoo

Tempat wisata Bali Zoo merupakan salah satu kebun binatang terbaik di Asia-Pasifik. Area pelestarian satwa yang hampir punah ini terdapat di Gianyar Bali. Tempat ini menampung sekitar 450 jenis satwa yang dilindungi seperti jalak bali, merak, kasuari, elang, harimau Sumatera, singa, rusa, kangguru, dan hewan langka lainnya. 


Bali Zoo menawarkan beberapa wahana menarik seperti Miniapolis Jungle waterplay, Animal encounters, animal show, petting zoo, elephant safari, dan lain-lain.
mempersiapkan karyawisata ke bali
Bali Zoo (source : bali-zoo. com)

3. Kintamani


Dataran tinggi Kintamani merupakan salah satu tempat wisata favorit yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Letaknya yang berada di ketinggian menyediakan pemandangan alam yang begitu mempesona. 

Begitu mengetahui destinasi yang akan dikunjungi berada di ketinggian, putri saya mulai mempersiapkan baju yang agak tebal untuk menghangatkan tubuh dari terjangan udara dingin saat di ketinggian.

4. Water Blow Nusa Dua


Setelah mengunjungi tempat wisata yang ada di ketinggian, rombongan pun rencananya akan menuju Water Blow Nusa Dua. Tempat wisata yang berada di pinggir pantai. 

Namun sebenarnya Water Blow Nusa Dua bukan pantai. Di tempat ini terdapat tebing yang selalu dihantam oleh ombak Samudra Hindia Selatan. Wisatawan datang ke tempat ini, menyaksikan ombak yang menerjang tebing terjal dan terhempas ke atas.
mempersiapkan karyawisata ke bali
Water Blow Nusa Dua (source: rentalmobil bali. net)

5. Tanjung Benoa Watersport


Bagi pecinta water sport, barangkali nama Tanjung Benoa bukanlah hal yang asing lagi. Tempat ini berada di Bali bagian selatan. Wisata air yang disediakan di sana meliputi banana boat, parasailing, seawalker, parasailing adventure, scuna diving dan 8 wahana air lainnya.

Selain menikmati keindahan dan bermain di wahana water sport, pengunjung juga bisa menikmati hutan mangrove (bakau). 

6. Pantai Pandawa


Pantai ini memiliki pasir putih yang terkenal di Bali. Banyak dikunjungi oleh wisatawan manca negara. Pantai Pandawa terletak di Desa Kutuh, Kabupaten Badung.
mempersiapkan karyawisata ke bali
Pantai Pandawa (souce: water-sport-bali. com)

7. Garuda Wisnu Kencana


Di sebelah selatan pulau Bali terdapat Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK). Tempat wisata ini terletak di Desa Ungasan, Kuta Selatan.  Di tempat ini terdapat patung berukuran raksasa Dewa Wisnu yang sedang menunggangi garuda setinggi 120 meter.

Area Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana berada di ketinggian 146 meter dari atas permukaan tanah atau sekitar 263 meter di atas permukaan laut.

Jika dilihat dari beberapa destinasi yang akan dikunjungi oleh anak saya merupakan tempat wisata pantai, sepertinya yang banyak dipersiapkan adalah alat pelindung dari sinar matahari, seperti topi, kaca mata dan tentu saja krim pelindung sinar matahari. 

Selain itu, anak saya juga lebih memilih menggunakan pakaian yang simple dan nyaman digunakan. Untuk mempersiapkan kunjungan ke dataran tinggi, dia memilih membawa jaket atau sweater. Sesekali anak saya meminta pendapat kepada ibunya ketika membuat list barang yang akan dia bawa. Saya sarankan untuk membawa barang yang benar-benar akan digunakan saja. Jangan sampai terlalu banyak membawa bawaan. Karena jika terlalu berat bisa dikenakan biaya bagasi, bukan?

Tidak hanya pakaian dan perlengkapannya, saya juga menyarankan anak perempuan itu untuk membawa obat-obat pribadinya. Untuk berjaga-jaga saja, kalau keinginan saya, sih, dia sehat-sehat saja hingga kembali ke Bandung

Mendampingi anak mempersiapkan karyawisata menjadi kegiatan yang mengasyikkan menurut saya. Selain bisa saling bertukar pikiran, kami juga bisa memperbincangkan keindahan tempat wisata yang akan dituju.

Dan ternyata, terbersit keinginan untuk bisa ke sana juga, dong! Hehehe. Keindahan alam Pulau Dewata memang sangat mempesona. Wajar saja jika para wisatawan yang berkunjung bisa membuat Bali maju di sektor wisatanya. 
Anak bungsu saya pun tertarik melihat gambar-gambar yang melukiskan keindahan alam di Pulau Bali. Dan dia mengajak ayah dan ibunya untuk pergi berlibur juga ke sana.

Untuk tempat wisata yang akan dikunjungi sebenarnya sudah terbayang. Begitu pula dengan perlengkapan yang perlu dibawa. Yang masih perlu dipikirkan adalah transportasi menuju ke Bali. Pertama yang kami lakukan yaitu mencari data tiket air asia. Maskapai yang satu ini menjadi salah satu moda transportasi yang kami pilih, terutama ketika ada tiket promo air asia.

Seperti pada umumnya, lebih mudah mencari tiket pesawat di situs online terpercaya seperti pegi-pegi.com. Tidak hanya tiket pesawat, di situs online tersebut juga tersedia tiket kereta api dan booking hotel. Situs pegi-pegi sangat cocok untuk keluarga saya. Karena kami jika ke mana-mana selalu berempat, maka harus mencari tiket yang murah dan sesuai dengan budget. 

Cara memesan tiketnya pun cukup mudah. Kita hanya tinggal memasukkan tanggal pemberangkatan dan jumlah tiket yang akan dipesan, lalu akan terpampang berbagai kisaran harga yang dapat dipilih. Cukup memudahkan.

Sekarang tinggal menentukan kapan waktu yang tepat untuk liburan bersama sekeluarga. Untuk saat ini kami lebih fokus pada acara karyawisata si kakak. Nanti setelah kakak pulang, kami akan mendiskusikan waktu yang tepat untuk berlibur. Hal ini memang menjadi kebiasaan di keluarga kami. Selalu membicarakan terlebih dahulu kapan waktu akan pergi liburan dan tempat wisata mana saja yang akan kami kunjungi. 

Serupa saat kami liburan ke Museum Kapal Samudra Raksa di kawasan Candi Borobudur, berpetualang memacu adrenalin di Lava Tour Gunung Merapi atau pergi ke tempat yang dekat seperti berwisata di Ciater Highland

Nah, bagaimana dengan teman-teman? Liburan sekolah nanti, mau pergi berlibur kemana?

68 comments:

  1. Jadi orang tua hrs mempersiapkan dana untuk karyawisata anak ya mbak. Kalau dari Jawa biasanya tujuan wisata adalah Bali. Kalau kami masih di Bali bisa jadi anak saya nanti wisatanya ke Jawa hehehe.... Memang Bali menakjubkan mbak, saya yang sudah di Bali justru jarang mengunjungi tempat wisata kalau gak diajak teman. Dan pegi-pegi sekarang makin memudahkan kita untuk menyusun itenerary.

    ReplyDelete
  2. Jadi inget anakku waktu kelas 9 dulu ada karyawisata ke Bali juga, tapi nggak bisa ikut karena sehari sebelum keberangkatan harus opname di RS karena DBD. Duh sedihnyaa. Biaya ke Bali ini sudah dicicil sejak masuk di kelas 7 dan tidak bisa dikembalikan kalau tidak ikut. Jadi ya direlakan aja waktu itu, yg penting anak sembuh sehat kembali.

    ReplyDelete
  3. Anak SMA sekarang luar biasa yaa, pikniknya jauh-jauh banget sampai harus pakai pesawat segala. Jaman saya SMA di bekasi, kalau karyawisata cuma ke bogor, itu aja udah happy banget :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Zaman saya juga dulu begitu, Mbak. Paling jauh ke Jogja, pakai kereta api atau bus :))

      Delete
  4. Pergi ke Bali itu menyenangkan Mbak apalagi di sana banyak wisata yang memang sudah diakui wisatawan mancanegera. Kalau beli tiket di pegipegi,com beneran mudah dan murah.

    ReplyDelete
  5. Karya wisata akan membawa pengalaman berbeda ,tidak sekedar jalan jalan tapi ada misi pendidikan .

    Untungnya dapat tiket murah. Alhamdulillah

    ReplyDelete
  6. Kenapa yah, setiap kali ada yang posting tentang Bali saya tuh sediiih banget.

    Belum pernah ke sana soalnya, makanya sedih campur iri. Mau juga ke Bali, hiks..hiks..

    Semoga suatu saat nanti saya ada rezeki dan kesempatan untuk ke Bali, nah 7 destinasi wisata tersebut yang menjadi prioritas utama nih. Terima kasih ya Mbak sudah berbagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedihnya ditemenin deh, Bun. Karena saya juga belum pernah ke sana :))

      Delete
  7. Bali nggak Ada matinya sebagai destinasi wisata. Kemana saja di bawah semuanya indah. Makan untuk didatangi ke beberapa kali pun Bali tetap menyenangkan. kenapa lagi bersama teman-teman sebaya denngan karya wisata pasti lebih indah lagi

    ReplyDelete
  8. Banyak banget tempat wisata asyik di Bali.. Rasanya gak abis2 tempat wisata yg mau dikunjungi di Bali.. 😊

    ReplyDelete
  9. Wah lumayan juga ya sekarang biaya perjalanan piknik anak-anak buat ke Bali. Kayaknya Bali masih jadi idola ya. Tapi emang enak naik pesawat sih ya kalau mau jalan-jalan ke Bali, hehhe. Semoga perjalannnya menyenangkan ya Kak.

    ReplyDelete
  10. Dari ke 7 tempat tersebut aku yang belum pernah pergi ke Kintamani, Bali Zoo dan Water Blow Nusa Dua. Asyik banget sepertinya ke situ. Ntar direncanain deh kalo pergi ke Bali lagi.

    ReplyDelete
  11. Wah ngomongin Bali, berhubung lagi Nyepi kok jadi inget suasana Nyepi disana, jadi kangen ke Bali. Btw kalau urusan liburan emang paling gampang ya mbak sekarang tinggal buka aplikasi hunting hotel, tiket dsb.

    ReplyDelete
  12. Destinasi wisata di bali makin banyak aja yaa, tinggal menyesuaikan budget dan usia rombongan. Paling enak sih ke pantai, semua pasti happy :)

    ReplyDelete
  13. Wah..ke Bali memang selalu asyik. Selamat bersenang-senang wisata ke Bali, kakak..

    ReplyDelete
  14. Waktu sekolah dulu, saya gak pernah ikut karyawisata, Mba. Karena sekolahku gak pernah ngadain (mungkin karena kami tinggal di desa). Sekarang anakku yang masih SD juga belum pernah ikut karyawisata, penyebabnya mungkin karena mereka masih kecil kali yaa, hehehe. Wahh punya anak usia sekolah harus siap-siap dengan biaya karyawaisata anak yaa :)

    ReplyDelete
  15. Wahhh asyik banget bisa karyawisata ke Bali. Pasti seru dan menyenagkan, apalagi perginya sama teman-teman sekelas :)

    Saya belun pernah ke Bali nih, Mba. Semoga suatu saat nanti saya bisa menginjakkan kaki di pulau seribu pura ini, amiiin :)

    ReplyDelete
  16. aku tuh kalau ke Bali tuh malah bingung lo kalau cari makanan halal, mengandalkan banget aplikasi yg untuk nyari resto halal hahahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus benar-benar diperhatikan kehalalannya ya, Mbak

      Delete
  17. anak-anak SMA di Bandung kalau karyawisata kebanyakan ke Bali ya. Kalau di sumatera karyawisatanya malah ke Bandung =D

    Pasti pusing ya jadi orang tua karena biayanya itu sama dengan biaya hidup 1 bulan, hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, Mbak. Kalau yang di Sumatera kebanyakan karyawisatanya ke Bandung. Jadi orang Bandung mainnya ke Bali hehehe

      Beneran, Mbak. Biayanya gak murah hiks..hiks..

      Delete
  18. itu biaya tahun ini ya teh, aku ngebayangin tahun anakku gimana ya hehehe bener-bener harus nabung :D aku juga pengen sih dari dulu ke Bali tapi sampai sekarang baru sebatas menulis di blog saja hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuul..sepertinya harus dipersiapkan dari sekarang ya...

      Delete
  19. ANak-anak kadanng tergantung teman dekatnya ya kalau mau ada acara sekolah. Wash kakak asyik nih mau liburan ke Bali.
    Baca Water Blow aku pikir tadi typo ternyata gak, aku jadi penasaran nih belum pernah kw Water Blow soalnya.
    Liburan sekolah nanti belum tau mau ke mana, biasanya kami agak mendadak menentukan mau liburan ke mananya

    ReplyDelete
  20. Bali emang jadi tempat tujuan karyawisata sekolah, ya...waktu ke Bali tahun lalu, kemana-mana pasti ketemu anak sekolah dan rombongan bus nya.. :)

    ReplyDelete
  21. Karyawisata emang perlu ya untuk anak. Melatih motorik dan membahagiakan mental anak juga. Mengenal sekitar dan tentunya jadi peduli akan lingkungan

    ReplyDelete
  22. Aduh pengen banget deh ke Bali banyak banget tempat yang ingin saya kunjungi disana, semoga ada langkah deh

    ReplyDelete
  23. Bali adalah sala satu daerah yang paling banyak dikunjungi baik domestik maupun mancanegara

    ReplyDelete
  24. I keep coming back and forth to Bali again and again. I’ll always love my visit I’ve been to so many places as well but I’d love to go back again because Bali is so wonderful

    ReplyDelete
  25. Rasanya pasti bahagia banget ya Mbak , bs menemani anak mempersiapkan segala keperluan ysng dibutuhkan untuk darmawisata ke Bali. Sayapun dulu selalu dibantu ibuku,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, Mbak. Seruu..! Bisa berdiskusi dengan anak :))

      Delete
  26. Destinasi2 yg disebut di sini di antaranya jg idaman saya. Mau dong ikut karyawisata jg 😍

    ReplyDelete
  27. Ngomong-ngomong tentang karyawisata ke Bali, jadi inget adek yang dulu juga karyawisata ke sana. Pulang dari sana banyak cerita dia mengenai apa aja yg dilihatnya. Sekarang mah udah banyak tempat menarim yg dilihat ya, kalo dulu kan masih dikit :)

    ReplyDelete
  28. Bali ini paling tinggi ya wisatawannya terutama wisatawan asing cantik sih pemandangannya

    ReplyDelete
  29. Anakku yg sulung tahun lalu juga karyawisata ke Bali selama 5 hari melalui perjalanan darat. Rupanya Bali masih jd destinasi karyawisata favorit ya, padahal biayanya juga lumayan mahal

    ReplyDelete
  30. Bali tuh penuh dengan berbagai tempat menarik ya. Pantai Pandawa cuma pernah lihat sebentar, nggak sampai masuk ke area pantainya. Hanya melihat dari atas tebing saja karena pas buru-buru harus kejar jadwal penerbangan.

    ReplyDelete
  31. Asyik banget Bali makin ke sini makin rame dan makin banyak wisata datang ke Indonesia. Aku pengen ke Pandawa Beach lagi ih. Kangen

    ReplyDelete
  32. Waduh jadi inget pas karyawisata jaman SMA. Beberapa tahun yang lalu ya itu. Itu bakalan jadi kenang-kenangan sampai tua loo. Untung kakak ikut juga ya :)

    ReplyDelete
  33. Bali tuh selalu menggoda banget ya tempat wisatanya aku pengen banget ke Uluwatu sama Tanah lot itu, duh jadi ga sabar pengen cepet-cepet ke Bali hehe.

    ReplyDelete
  34. Saya rasa kalau di Jawa bisa dengan mudah karyawisata ke Bali, tapi kami di Kalimantan, paling ya masih seputar pulau sendiri, kalau mau antar provinsi malah sebenarnya susah dan bisa lebih mahal. Makanya, banyak juga sekolah2 yang ngadain karyawisata justru ke Jawa.

    ReplyDelete
  35. Bali itu salah satu destinasi wisata impian. Ternyata Bali ngga hanya menawarkan kecantikan pantainya saja ya.. Ada banyak tujuan wisata yang lainnya. Saya paling penasaran lihat GWK. :)

    ReplyDelete
  36. eleuh lumayan juga ya mba biaya karyawisatanya sampe 3,7jutaan hehehe tapi yg penting anak hepi yes mba, aku juga pengen ajakin anak2 ke Bali nungguin yang bungsu jalan dulu krn aku udah ga kuat gendong lama hehhee

    ReplyDelete
  37. Salah satu destinasi yang wajib dikunjungi di Indonesia ini ya pasti di Bali ya mbak. Selama ini saya kenalnya tempat wisatanya cuma di Pantai Kuta saja tapi ternyata masih banyak tempat wisata lainnya yang bisa dikunjungi di sana ya. Maklum, belum pernah ke sana juga soalnya, hehe.

    ReplyDelete
  38. Bali itu keren, sejak pertama menginjakkan kaki saja auranya sudah terasa. Apalagi sekarang semakin banyak tempat wisata baru, ang membuat orang orang jadi tak pernah bosan berkunjung ke Bali lagi..

    ReplyDelete
  39. bali pesonamu tiada tara. memang selalu indah biat dikunjungi. semoga ada rezeki sekali aja kesana

    ReplyDelete
  40. Kok di list BW ada yang kompak ngajakin ke Bali siy, jadi mupeng hehe. Anak2 belum pernah diajak ke sini nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ajakin juga dooong saya, biar rame2 ya kita blogger jalan-jalan ke Bali. Lumayan ntar bisa update konten juga ;)

      Delete
  41. Menjadi orangtua zaman sekarang harus luas pengetahuannya ya mbak, sebab banyak yang ingin diketahui oleh anak anak dan itu butuh pendampingan. Saya jadi ikutan bookmark juga mbak, siapa tau anak anak mau pergi ke Bali dan ga tau mau kemana . Thanks mbak

    ReplyDelete
  42. wew, dari Bandung karyawisata ke Bali juga ya. Kalau aku dulu sekolahnya di Jawa Timur jadi ya biaya lebih minim, gak perlu naik pesawat untuk sampai Bali.

    ReplyDelete
  43. seru banget yaa anak jaman sekarang. bisa karyawisata bersama teman2. trus udah dipercaya naik pesawat. jamanku dulu kayaknya karyawisata paling dekat2 aja

    ReplyDelete
  44. Duh happy banget kakak wisata ke Bali ya Mbak..bakal jadi pengalaman berharga ya dan dikenang terus..

    ReplyDelete
  45. Kalau ada karyawisata sama teman2 gtu lebih baik memang ikut ya, supaya punya kenangan sama teman2

    ReplyDelete
  46. dari mempersiapkan karyawisata anak hingga jadinya akan mempersiapkan liburan keluarga doong ini jadinya ya Mbak..
    semua destinasi yang ingin dikunjungi sekolahnya tempat2 ngehits yaaa Mbak, pasti bakalan seru dan menyenangkan nih karyawisatanya :)

    ReplyDelete
  47. Wuih gaya banget, dulu jaman saya di sma 8 thn 2001, karyawisatanya cuma naik bus ke yogya, hihihi...
    Have fun ya kakak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang lebih jauh lagi, Teh hehehe #tepokjidat

      Delete
  48. nah.... anakku belum sampai karyawisata ke Bali. lah wong masih di Jakarta aja persiapannya banyak hahahha

    ReplyDelete
  49. Ohh...liburan sekolah sudah dekat yaa, teh?
    Gak kerasa banget yaa...
    Kami keknya gak kemana-mana. Hhaha~
    Alokasi dana untuk mudik pas Lebaran, soalnya.

    ReplyDelete
  50. Banyak ya destinasi wisata di Indonesia yang menarik dan belum kukunjungi semua nih hehe

    ReplyDelete
  51. Meski memiliki kelaurga yang tinggal di Bali aku kok jarang jalan-jalan mbaa hehehe
    terakhir pantai Pandawa yang udah wakakak, kudet banget ya. Lha mudik semingguan muter di tempat saudara-saudara masih kurang juga makanya ga sempat jalan -jalan

    ReplyDelete
  52. seru banget sih ini karyawisatanya ke Bali, apalagi memang tempat yang dituju selalu menjadi destinasi para pendatang saat ke Bali.

    ReplyDelete
  53. Seru ya bisa karya wisata ke Bali sama teman2 sekolahnya. Aku pinya niat ajak anak2 ke Bali juga nih mereka belum pernah ke sana

    ReplyDelete
  54. Wah anak SMA zaman now karya wisatanya saja ke Bali ya hehe. Dulu pas zaman saya paling ke Anyer atau Pangandaran saja.

    ReplyDelete
  55. Tiket AA lagi murce ya mbak ke Bali, kmrncek tuh tanggal merah aja gak sampai 300 lho.
    Jadi galau akhirnya mau ke Bali atau ke tempat lain haha.
    Iya jd ortu kalau anak darmawisata emang kudu ikutan bantu nyiapin ya mbak :D

    ReplyDelete
  56. Anak sekolah zaman now emang sesuatuh ya mbak, dolan-dolannya jauh bener euy. Zaman aku sekolah dulu paling banter ke museum sejarah. Hahaha. Tapi beda zaman beda kualitas juga pastinya ya. Tampak jelas kok, anak-anak sekarang jauh lebih cerdas dan kritis. Tapi dengan aktifitas anak yang begini mau tak mau ortu juga kudu update informasi terus ya mbak.

    ReplyDelete
  57. Wow... tempatnya bagus bagus banget ya. Itu gak.papa Mbak, ngelepas anak berangkat tanpa dibarengi orang tuanya.

    ReplyDelete
  58. Wah asyiknya si Kakak karyawisata ke Bali saat liburan nanti. Selamat bersenang-senang yaaa
    Kalau saya belum ada rencana libur sekolah nanti kemana Mbak..
    Soalnya libur kenaikan kelas kali ini setelah libur Idul Fitri. Pastinya sudah kelar mudik yang ongkosnya waah..lumayan juga
    Jadi keknya enggak jauh-jauh sih atau seputaran Jakarta saja haha, karena pasti cuti Bapaknya anak-anak sudah difokusin untuk Idul fitri

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^