Strategi Pemasaran Global dengan Teknologi AI

Ekonomi dunia berkembang secara pesat dipengaruhi era teknologi yang serba cepat. Berkat teknologi, para pelaku bisnis juga mendapat peluang yang besar untuk mengembangkan usahanya secara global. Namun tingginya tingkat persaingan di pasar global menuntut pelaku bisnis untuk lebih cerdas dan kreatif dalam menyusun strategi bisnis.

Strategi Pemasaran Global dengan Teknologi AI

Strategi Bisnis di Pasar Global

Hal pertama yang dapat dilakukan pelaku usaha untuk bersaing di pasar global yaitu dengan melakukan segmentasi pasar dengan detil. Tentukan target pasar secara rinci untuk membantu pelaku usaha memasarkan produknya secara tepat sasaran. Dengan begitu strategi pemasaran yang disusun pun akan diterima oleh calon konsumen yang benar-benar tertarik dengan produknya.

Perusahaan yang memasarkan produk kepada segmentasi pasar yang jelas, target konsumen yang ingin dijangkau pun akan lebih spesifik dan sedikit, namun hasilnya bisa sesuai dengan yang sudah ditargetkan. Misalnya pengusaha mobil, maka target pasar yang akan dituju yaitu masyarakat yang memiliki penghasilan tinggi atau kalangan menengah ke atas. Sehingga kegiatan pemasaran pun tertuju pada target pasar tersebut dan tidak memasarkan pada masyarakat di luarnya dan bisa membuang biaya, waktu, dan tenaga.

Strategi berikutnya yang merupakan kunci kesuksesan perusahaan untuk bersaing di pasar global yaitu melakukan kegiatan promosi. Dengan kegiatan promosi, perusahaan bisa menarik minat pelanggan untuk tertarik melakukan pembelian produk. Beberapa macam kegiatan promosi yang dilakukan pelaku bisnis seperti memberi diskon, cashback, gratis biaya pengiriman, dan promo lainnya.

Selain itu pelaku bisnis juga bisa melakukan strategi bisnis di pasar global dengan melakukan kegiatan pemasaran secara digital agar bisa membantu meningkatkan visibilitas perusahaan dan dikenal oleh calon pelanggan.

Lalu bagaimana pelaku bisnis di Indonesia bisa bersaing di tingkat global? Mampukah mereka bersaing dengan pebisnis dunia yang sudah menguasai digital marketing? 

Menjembatani Kesenjangan Bisnis dengan Teknologi AI

Makin berkembangnya teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) di era digital seperti sekarang, menjadi salah satu pemicu perubahan pada berbagai sektor termasuk dunia bisnis. Saat ini telah terbentuk kesenjangan antara bisnis di Indonesia dengan teknologi AI. Dan untuk mengatasi kesenjangan tersebut, RED Asia Inc meluncurkan Inisiatif Red AI for Indonesia. Perusahaan yang merupakan grup Pemasaran Digital dan Teknologi ini mewujudkan komitmen RED Asia untuk mendukung inovasi dan transformasi digital dalam ruang lingkup bisnis di Indonesia supaya bisa bersaing di pasar global.

Perusahaan digital agency Indonesia terpercaya yang telah memiliki pengalaman lebih dari dua dekade di industri pemasaran digital ini bersama perusahaan-perusahaan unggulan seperti Salt, Redcomm, dan Insignia menghadirkan inisiatif RED AI tersebut untuk mendorong perkembangan teknologi kecerdasan buatan di Indonesia.

Digital agency Indonesia terpercaya

RED AI For Indonesia merekomendasikan solusi dan piranti yang bisa diakses perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya serta menjembatani kesenjangan bisnis di Indonesia dan teknologi AI. Solusi dari digital agency Jakarta ini berupa tiga teknologi AI, layanan baru bagi transformasi bisnis dengan AI, dan satu program pendanaan yang bertujuan akselerasi yang ditawarkan secara khusus oleh startup berbasis AI di Indonesia.

Inovasi Ready to Evolve and Disrupt with AI (RED AI) For Indonesia bersama perusahaan lainnya yang akan mendukung kinerja binis para pelaku bisnis di Indonesia yaitu:

1. SALTX.AI

Hadirnya SALTX.AI yang digagas oleh Salt salah satu digital agency Indonesia, merupakan solusi untuk meningkatkan pertumbuhan kinerja bisnis melalui integrasi AI. Dirancang untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi operasional, meningkatkan alur pendapatan, memacu proses pengambilan keputusan berdasarkan data, dan menambah pengalaman konsumen secara keseluruhan. Secara keseluruhan solusi ini mendukung transformasi bisnis di Indonesia melalui industri AI di era pertumbuhan teknologi.

2. INSIGNIA IQ

Begitu pula dengan Insignia sebagai jasa digital agency Jakarta yang menggagas kehadiran Insignia IQ yaitu Pusat Manajemen Data yang didukung tenaga AI. Pusat manajemen data ini dapat dengan mudah menghubungkan berbagai sumber data, memastikan kualitas data murni, mengubah format yang semua itu disempurnakan oleh AI.

Selain itu Insignia IQ mampu mengubah kumpulan data yang kompleks menjadi cerita yang mudah dipahami sehingga menghasilkan pengetahuan dalam bentuk narasi. Sistemnya dirancang untuk berbagai tingkat keahlian dan membuat pengguna merasakan pengalaman menarik dari data yang bisa berbicara dan bukan hanya angka atau data saja.

3. RED - AINSTEIN

Salah satu Agency of the Year 6 tahun berturut-turut yaitu Redcomm juga meluncurkan teknologi AI yang dikustomisasi dengan ilmu pemasaran mereka selama lebih dari 20 tahun. Lahirnya Red–AInstein ini sebagai asisten AI yang berkesinambungan mempelajari jutaan data, memadukan kecerdasan AI dengan kreatifitas tim Redcomm sebagai perusahaan agensi digital di Jakarta. Tujuannya untuk meningkatkan efektifitas digital marketing bagi pihak klien, mulai dari riset pasar, strategi menghadapi pesaing, hingga membuat konten media sosial berbasis data untuk meningkatkan performa kampanye pemasaran digital dengan ROI yang tinggi.

Red–AInstein juga secara terus menerus mempelajari data brand, pesaing usahanya, percakapan di media sosial, kinerja pemasaran selama 24 jam, 7 hari seminggu untuk menjadikannya otak pemasaran tambahan yang bisa mengungkap blindspot yang mungkin saja bisa terlewat oleh manusia.

Selain itu, Red–AInstein bekerja secara ekslusif di dalam tim Redcomm sebagai agensi digital di Indonesia untuk meningkatkan layanan tim tersebut dalam membangun ekosistem digital marketing yang efektif.

4. ASK-DEA

Redcomm yang merupakan digital agency Indonesia terpercaya juga memprakarsai Ask-Dea. Adapun Ask-Dea ini komponen penting dari RED AI for Indonesia sebagai asistensi pembelajaran pemasaran digital berbasis AI yang dapat dipakai untuk UKM dan perusahaan rintisan secara self service.

Teknologi AI Ask-Dea

Seperti solusi lainnya, Ask-Dea bisa menghasilkan ide dan strategi awal untuk pemasaran digital yang dapat dikostumisasi sesuai kebutuhan penggunanya yang masih dalam tahap merintis usaha.

Hadirnya Ask-Dea ini merupakan dukungan untuk pertumbuhan UKM di Indonesia, memberikan akses ke 100 UKM di Indonesia supaya bisa merasakan manfaat AI untuk mengoptimalkan pemasaran produk mereka.

5. REDAI-VENTURES

Berikutnya ada RedAI-Ventures yaitu dana program akselerasi khusus yang dirancang secara eksklusif untuk sektor AI yang sedang berkembang di Indonesia. Tujuannya yaitu mengidentifikasi dan membimbing startup tahap awal yang tidak hanya menunjukkan visi Al-sentris yang kuat tetapi juga mempunyai teknologi eksklusif dan kepemimpinan teknis yang kuat.

Program RedAI-Venture bukan sekedar investasi modal saja, namun juga berkomitmen untuk memajukan startup terpilih mencapai tingkat yang belum pernah dialami sebelumnya melalui akses ke jaringan strategis yang lebih luas, dukungan operasional langsung, dan binaan dari para perintis dalam industri ini.

Kini perusahaan-perusahaan di Indonesia bisa mendapat peluang untuk menikmati potensi dan keunggulan AI sebagai teknologi asistensi serta kecerdasan buatan dari Ready to Evolve and Disrupt with AI (RED AI) sehingga dapat membawa mereka ke tahap yang lebih tinggi lagi. Dengan begitu mereka bisa beradaptasi dengan persaingan di pasar global dengan teknologi yang lebih canggih.
Sehingga kehadiran pasar global bisa menjadi peluang menarik untuk memasarkan produk mereka dan dipermudah dengan teknologi AI.

Salam takzim


Post a Comment

126 Comments

  1. Melihat perkembangan teknologi AI di bisnis, terutama dengan inisiatif RED AI for Indonesia, sungguh luar biasa! Dengan solusi SALTX.AI, Insignia IQ, RED–AINSTEIN, serta program RedAI-Ventures, tampaknya pelaku bisnis di Indonesia semakin siap menghadapi tantangan global. Keren! 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan adanya teknologi AI ini juga jadi mempermudah untuk bisnis ya mbak Rien. Jadi gak ada alasan untuk tidak mengikuti perkembangan teknologi.

      Delete
  2. Sekarang era teknologi informasi dan keberadaan artificial intelligence sangat membantu memudahkan manusia. Termasuk dalam pemasaran global. Mantap nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepakat Kak. Asala digunakan dengan bijak. teknologi AI bisa sangat membantu banyak hal dalam kehidupan kita, termasuk dunia usaha agar terus maju dan berkembang

      Delete
    2. bener banget sekarang AI banyak dimanfaatkan di berbagai bidang seperti dunia kreatif hingga ke pemasaran digital

      Delete
  3. Pertumbuhan teknologi yang pesat, jika dimanfaatkan secara positif pasti dampaknya luas sekali, ya. Seperti teknologi artificial intellegent yang sekarang bisa digunakan untuk meningkatkan bisnis, hingga menjangkau pasar global. Semoga RED AI bersama SALTX.AI dan perusahaan lainnya dapat menjadi solusi dalam pengembangan bisnis di Indonesia.

    ReplyDelete
  4. Terobosan nih teknologi AI untuk kembangkan bisnis, jadi gak hanya untuk bisnis yg udah jalan, yg masih awam akan terbantu

    ReplyDelete
  5. Tapi memang sekarang ini dengan berkembangnya teknologi, mengharuskan para pebisnis mengikutinya. Terutama dalam penggunakan teknologi AI ya, ini juga beberapa sudah banyak yang menggunakan sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teknologi AI memang menjadi sebuah terobosan baru di dunia digital yaa..
      Memang kudu dikuasai agar semakin bagus menembus pasa global.

      Delete
  6. teknologi AI ini banyak membantu pekerja digital dalam hal melakukan strategi pemasaran global ya

    ReplyDelete
  7. Dunia AI sudah merambah ke segala lini kehidupan, tak terkecuali dengan dunia usaha.
    Teman-teman yang terjun di dunia UMKM bisa sekali naik level dengan bantuan AI dari Red AI, termasuk dalam membuat strategi pemasaran global agar bisnis terus maju dan berkembang

    ReplyDelete
  8. Langsung setuju terutama di bagian ini:

    "... hal pertama yang dapat dilakukan pelaku usaha untuk bersaing di pasar global yaitu dengan melakukan segmentasi pasar dengan detil. Tentukan target pasar secara rinci untuk membantu pelaku usaha memasarkan produknya secara tepat sasaran. Dengan begitu strategi pemasaran yang disusun pun akan diterima oleh calon konsumen yang benar-benar tertarik dengan produknya!"

    Yep!
    Mengetahui target pasar is a must!

    Dengan kemampuan untuk menganalisis data secara cepat dan akurat, AI (artificial intelligence) membantu pemasar memahami perilaku pelanggan dengan lebih baik.

    Ini membantu dalam mengidentifikasi tren pasar, preferensi pelanggan, dan peluang bisnis yang dapat dimanfaatkan!

    Aku sih, Yay for AI!

    ReplyDelete
  9. AI semakin mengepakkan sayapnya ya mba. Tentu sesuai kebutuhan bisnis. Banyak ya sekarang tuh. Kalau di tempat jualan foto online jg boleh pakai AI, tersedia di web tsb.
    RED AI bisa jadi solusi teman2 yg untuk mengembangkan bisnisnya dan menghadapi tantangan global

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju kak, jadinya untuk yang memiliki bisnis bisa mengembangkan usahanya dengan pemanfaatan teknologi AI ini

      Delete
  10. Dalam hal yg sangat sederhana, seperti desain dan promosu produk, teknologi AI sangat membantu dalam dunia bisnis. Terlebih dalam skala lebih luas, teknologi AI punya andil penting. Di sisi lain, sebagai teknologi yg relatifbaru, belum semua perushaan mengusai AI. Jadi sangat penting peran perusaan agency seperti RED AI ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. "RED AI For Indonesia merekomendasikan solusi dan piranti yang bisa diakses perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya serta menjembatani kesenjangan bisnis di Indonesia dan teknologi AI. "

      Dengan rekomendas dari RED AI, perusahaan2 yang masih awam dengan AI bisa mengambil langkah yang tepat dan strategis yak...

      Delete
  11. Luar biasa ya perkembangan teknologi sekarang. AI memang lagi buming dan banyak kelebihannya. Sangat membantu di berbagai bidang dan membuka peluang bisnis di dunia digital.

    ReplyDelete
  12. Di jaman yang udah canggih banget saat ini, bahkan teknologi AI makin berkembang, setiap perusahaan memang mestiengimbanginya dan menjembatani kesenjangan ini.

    RED AI For indonesia hadir untuk menjembatani pelaku bisnis dg teknologi AI saat ini. Bisa jadi solusi yg tepat guna nih.

    ReplyDelete
  13. BAnyak banget teknologi AI yang sudah dibuat manusia ya kak, masing masing bisa digunakan sesuai dengan fungsinya. tinggal disesuaikan kebutuhan apa. Semoga AI ini dapat membantu UMKM lebih maju lagi ya

    ReplyDelete
  14. Hidup di era digital memang dimudahkan ya mbak
    Dengan bantuan ai maka pemasaran global semakin efisien ya mbak

    ReplyDelete
  15. Sudah punya pengalaman lebih dari dua dekade di tanah air, kemudian kini mengembangkan strategi pengembangan bisnis untuk kliennya menggunakan Artificial Intelegence. Wah ... kalau begini ceritanya sih, para pelaku usaha yang memanfaatkan RED tentunya bisa memetakan segmen sasaran marketingnya, kemudian menghadirkan 'godaan' yang pas biar jadi pelanggan loyal. Keren ya.

    ReplyDelete
  16. Sebenarnya aku gak masalah sama artificial intelligence atau AI. Kalau digunakan dengan benar, pasti sangat bermanfaat. Cuma memang masih kudu banyak belajar soal ini biar gak disalahgunakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku setuju juga, AI memudahkan sekali ya. Memang untuk suatu teknologi kudu di tangan orang yg tepat..kalau untuk hal kayak gini kan positif, untuk mengembangkan bisnis jadi lebih mudah

      Delete
  17. Masyaallah sekarang teknologi makin canggih, persaingan makin ketat, emang harus diimbangi dengan kitanya jg yg siap bersaing ya dan terus mempelajari inovasi baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senantiasa membekali diri dengan afirmasi positif dan terus upgrade skills gitu yaa, ka Ruli. Dan teknologi AI masa kini memang terasa sekali sangat membantu membersarkan sebuah usaha.

      Delete
  18. RED AI ini memang bisa jadi solusi menaikkan omset
    Makanya UMKM penting juga tahu ini
    Lumayan mendongkrak kemampuan marketing juga

    ReplyDelete
  19. Kecerdasan buatan ini kalau teknologinya dimanfaatkan dengan benar, maka akan mendatangkan banyak manfaat ya mbak. Salah satunya bisa menjadi teknologi asistensi, dari namanya saja kyknya mempermudah hidup atau kerjaan banget :D
    Bisa juga untuk kasi bantuan modal tapi sekaligus juga membantu untuk pengembangan2 usaha khususnya yang baru merintis ya? Terima kasih infonya.

    ReplyDelete
  20. AI udah selayaknya dimanfaatkan untuk jadi tools yang membantu pekerjaan kita sehari-hari dan bukan sesuatu yang kita anggap kompetitor lagi sih Mak. Masih banyak orang, mungkin termasuk aku di beberapa waktu tertentu, menganggap ah gampang ada AI. Nyatanya output yang dihasilkan juga harus disempurnakan kembali oleh kita yang lebih ngerti gimana kebutuhan manusia lain. Malah jadi harus lebih semangat ngulik dan belajar terus menurutku.

    ReplyDelete
  21. Namanya unik-unik yaa.. Ask-Dea ini yang fiturnya aku paham. Hehehe, lainnya asa butuh banyak membaca lagi terkait digital marketing.

    ReplyDelete
  22. teknologi AI sekarang memang sudah merambah ke berbagai bidang ya. jadi memang tidak ada salahnya kalau kita juga memanfaatkannya untuk produktivitas kayak digital marketing ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju kak, karena memanfaatkannya untuk hal baik maka bisa terus dilakukan, sheingga bisnis yang dijalankan pun makin berkembang

      Delete
  23. AI makin banyak saja inovasinya ya. Semoga perkembangan AI di bidang UMKM dan bisnis ini semakin memajukan perekonomian Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih sekarang banyak sekali yang memanfaatkan AI untuk berbagai hal jadi memang seharusnya keberadaan AI ini tidak selalu buruk yaa

      Delete
  24. Wah seru banget ada promo di bulan Februari. Murah banget berdua sudah bisa menikmati makanan yang enak, hehe. Ya ampun aku ngiler lihat kue-kuenya kok lucu dan terlihat enak. Mercure memang selalu menghadirkan fasilitas terbaik, di kotaku juga ada Mercure dan servicenya memang memuaskan.

    ReplyDelete
  25. Teknologi Al ini membantu perusahaan-perusahaan untuk mampu bersaing di era digital ini ya

    ReplyDelete
  26. Luar biasa ya sekarang perkembangan teknologi bahkan bisa memudahkan pelaku bisnis. Jika tidak bisa mengimbangi maka pelaku bisnis akan tertinggal tentunya ya. Keren banget nih RED Asia Inc

    ReplyDelete
  27. UMKM kita bakal naik kelas nih kalo ada sentuhan teknologi AI dalam memasarkan produknya. Emg UMKM spt ini lah yang harus dibantu dan mereka jg perlu teknologi buat ningkatin pemasaran sekaligus penjualannya. Salut buat Red AI yang trs mengikuti perkembangan teknologi demi memajukan bisnis di Tanah Air.

    ReplyDelete
  28. Senang dengan pemanfaatan AI dalam mendukung bisnis lebih maju dan meningkatkan. Apalagi untuk pelaku usaha UMKM pasti sangat terbantu ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju. Sekarang emang banyak yang manfaatin AI karena lebih luas juga. Kan emang tujuannya ke global ya. Cuma tetap harus pakai sentuhan manusia, gak mesin aja

      Delete
  29. Wah, keren banget nih inovasi Redcomm dengan meluncurkan Red–AInstein! Asisten AI yang terus belajar dari data dan bekerja 24/7 benar-benar revolusioner. Jadi penasaran seberapa besar dampaknya dalam memajukan digital marketing di Indonesia. Semoga bisa memberikan terobosan baru dan meningkatkan efektivitas kampanye digital marketing. 👏🚀

    ReplyDelete
  30. Bisnis semakin maju dengan teknologi AI, apalagi sekarang ada RED AI For Indonesia ya yang hadir untuk memajukan bisnis sekaligus UMKM Indonesia

    ReplyDelete
  31. AI sangat berkembang pesat ya sekarang ini
    Wajib kita manfaatkan ya
    Untuk pemasaran global biar lebih berkembang bisnisnya

    ReplyDelete
  32. Kemajuan teknologi sangat cepat saat ini, bukan hanya bisa dibuat untuk membantu membuat tulisan, namun sudah lebih spesifik lagi bisa untuk membantu dunia usaha dalam memasarkan produk

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener banget tuh pak, dunia usaha pasti terbantu banget sekarang dengan adanya teknologi AI.

      Delete
  33. Wah ini beneran bisa jadi jalan level up untuk UMKM ya. Teknologi AI ini bisa jadi harapan untuk UMKM. Keren deh Red AI ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kini, semua berpusat pada data digital yaa.
      Jadi bener concern-nya UMKM dan Redcomm sejalan untuk meluaskan jaringan menggunakan fitur teknologi AI.

      Delete
    2. Iya kak, semoga biayanya lebih terjangkau agar lebih memaksimalkan untuk digunalan oleh para UMKM

      Delete
    3. Setuju nih semoga dari segi biaya juga masih bisa terjangkau untuk UMKM kecil ya kak. Soalnya potensinya besar loh

      Delete
  34. Kelima fitur AI bisa dengan signifikan menaikkan bisnis ini keren banget siih..
    Kudu dimanfaatkan maksimal agar semakin memberikan efek yang bagus untuk perkembangan bisnis dan apapun yang ada kaitannya dengan dunia digital.

    ReplyDelete
  35. Teknologi AI memang makin merakyat ya. Jangkauannya lebih luas dan dibutuhkan di dunia kerja saat ini. Gen z nih yang biasanya menguasai AI

    ReplyDelete
  36. AI ini memang banyak sekali manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Saya pun terbantu dengan kehadiran AI ini jika ingin membuat konten tanpa menampilkan wajah dan audio.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju kak,
      Pemanfaatan yang tepat, maka AI ini dapat berdampak baik untuk kemajuan bisnis kedepannya

      Delete
  37. sekarang apapun jadi lebih mudah dilakukan dengan teknologi AI, apalagi di ranah pemasaran global. dengan adanya teknologi tersebut juga kita bisa menggali lebih dalam tentang perkembangan bisnis kita.

    ReplyDelete
  38. di era teknologi yang semakin maju ini, kita emang ngga bisa ya menampik kemajuan teknologi. Seperti keberadaan AI ini, justru harus bisa kita manfaatkan sebaik-baiknya yaaa

    ReplyDelete
  39. semoga tersedia versi trial, agar UMKM bisa mencoba merasakan fitur yang dibutuhkan. sehingga jika tertarik pasti bakal memutuskan untuk berlangganan dengan biaya yang pastinya terjangkau

    ReplyDelete
  40. Teknologi AI jika dimanfaatkan secara tepat maka manfaatnya juga lebih luas ya. Biisa membantu membuat keputusan yang teoat, sehingga target lebih cepat tercapai..

    ReplyDelete
  41. Setuju sih zaman sekarang AI sudah sepatutnya berdampingan dengan kebutuhan manusia, terutama dalam sebuah perusahaan dalam mengidentifikasi trend pasar

    ReplyDelete
  42. Keren banget ya Kak terobosan terbaru di bidang teknologi kayak RED AI ini. Jadi bisa memudahkan para pebisnis untuk membuat bisnisnya lebih berkembang melalui pemasaran digital. Wuih Redcomm ternyata mempelopori 2 layanan dari RED AI juga ya. keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Redcomm inovasinya memang keren sih dengan adanya Red AI ini. Sepertinya akan makin banyak pelaku bisnis yang dapat terbantu dengan hadirnya teknologi AI dalam bidang pengembangan usaha

      Delete
  43. kalau mau bersaing di era kini harus mau belajar hal-hal baru termasuk AI, disesuaikan dengan kebutuhan
    RED AI penting mengembangkan bisnisnya dan menghadapi tantangan global

    ReplyDelete
  44. Kalau ingin bersaing secara global, maka mau nggak mau ya mesti beradaptasi dengan perubahan teknologi yang begitu pesat. Salah satu teknologi yang dimaksud adalah AI atau kecerdasan buatan.

    Hampir sebagian besar sektor akan terbantu berkat teknologi AI ini ya, termasuk sektor bisnis. Wah pelaku usaha perlu banget nih upgrade agar bisa bersaing secara global. Great Article!

    ReplyDelete
  45. Teknologi semakin maju dan berkembang. Kehadiran AI ini pastinya akan sengat membantu, termasuk untuk pemasaran secara global. Jadi biar hasilnya maksimal, bekerjassama saja dengan perusahan yang sudah paham AI ini.

    ReplyDelete
  46. AI ini jadi terubosan untuk kemajuan UMKM. Jadi bisa mengejar ketinggalan didunia digital. karena mau ngga mau UMKuM juga harus melebarkan sayap didunia digital . Dengan adanya RED AI dan berbagai layanannya tentu akan sangat membantu pengusaha UMKM

    ReplyDelete
  47. Teknologi sekarang sudah jauh berkembang. AI menjadi salah satu partner dalam mengembangkan bisnis. RED AI Layanan Teknologi Asistensi untuk Bisnis jadi sesuatu yang baru dan ramai dibicarakan karena memiliki banyak kemampuan asistensi yang luar biasa

    ReplyDelete
  48. Product AI dari RED AI ini lengkap banget, sangat membantu melejitkan brand di pasaran dan juga memenuhi target penjualan. Danpaling penting sangat membantu UMKM atau pengusaha yang baru untu tumbuh dan berkembang lebih cepat dan lebih baik.

    ReplyDelete
  49. Beneran, ya. Sekarang ini wes masuk dalam eranya AI. Kalau di dunia tulis menulis, wes kenal beberap AI yang bisa digunakan. Nah, kalau di dunia bisnis ini, berarti dirintis sama program RED AI ini, ya?

    ReplyDelete
  50. Berbisnis bisa menjadi lebih mudah bersama AI ya. Mau cari data ada INSIGNIA IQ. Di mana datanya bisa berbentu narasi yang lebih mudah kita pahami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jadi sekarang saat membaca data bisa lebih akurat karena ada bantuan dari AI. Jadi double gitu analisisnya. Yakni analisis oleh manusia, ada analisis dari AI.

      Delete
  51. Kebantu banget sama Redcomm yang telah meluncurkan teknologi AI dan dikustomisasi dengan ilmu pemasaran selama lebih dari 20 tahun. Ini membuktikan bahwa Redcomm bener-bener serius dan profesyenel dalam meningkatkan kepuasan klien sebagai konsumennya.

    ReplyDelete
  52. Strateri pemasaran kini bisa dilakukan dengan menggunakan AI juga ya, Kak. Pastinya ini akan lebih cepat dan lebih n]mengena sasaran ya, Kak. APalagi kalau basis datanya sudah terbaca perkembangan dari waktu ke waktunya

    ReplyDelete
  53. Penasaran sama Red AI Venturesnya ini kek gimana yaa? Apa kayak platform investasi sejenis? Jadi kepo pengen cobain hehehe

    ReplyDelete
  54. Teknologi AI ini banyak banget manfaatnya, apalagi kalo digunakan dengan tepat.

    ReplyDelete
  55. Kehadiran RED AI ini pastinya bakal bantu banget buat para pelaku usah UMKM dan bergabungnya banyak perusahaan Indonesia pasti akan membantu menjembatani para pelaku usaha UMKM agar usahanya semakin bertumbuh, semoga kemajuan teknologi ini semakin berdampak baik bagi para pelaku bisnis, keren banget RED AI ini dengan segala programnya

    ReplyDelete
  56. RED AI For Indonesia makin mantap ya. Layanannya juga oke banget dengan teknologi AI yang membantu kerja manusia. Keren kalau tiap perusahaan bisa nerapin teknologi AI ini

    ReplyDelete
  57. jadi inget teori strategi pemasaran jaman kuliah yang masih aku terapkan di usaha yang aku jalani sekarang yaitu analisis swot dan 5P salah satunya strategi pemasaran dan segmenting. Ini penting banget sih. tapi dijaman serba digital kek sekarang, bukannya sulit sih tapi akan lebih mudah dan detail kalau dibantu oleh teknologi AI. beruntung nih udah ada RED AI yang bisa bantu usaha dan bisnis terkait digital marketing

    ReplyDelete
  58. jadi inget teori strategi pemasaran jaman kuliah yang masih aku terapkan di usaha yang aku jalani sekarang yaitu analisis swot dan 5P salah satunya strategi pemasaran dan segmenting. Ini penting banget sih. tapi dijaman serba digital kek sekarang, bukannya sulit sih tapi akan lebih mudah dan detail kalau dibantu oleh teknologi AI. beruntung nih udah ada RED AI yang bisa bantu usaha dan bisnis terkait digital marketing

    ReplyDelete
  59. Dengan teknologi yang semakin canggih, kayaknya bakal makin gampang buat para pelaku bisnis di Indonesia untuk berkembang dan menyesuaikan diri dengan tren pasar, ya. Semoga dengan adanya solusi-solusi ini, bisa menjembatani kesenjangan bisnis dan teknologi AI di Indonesia dengan lebih baik lagi. Semangat terus untuk terus berinovasi dan memajukan bisnis-bisnis di Tanah Air! 🚀👍

    ReplyDelete
  60. Cakep bener nih, pebisnis jadi bisa manfaatin fitur-fitur dari Redcomm buat bisnisnya makin maju dan berkembang.

    ReplyDelete
  61. Wah semoga bisnis-bisnis yang ada di Indonesia ini semakin melejit bahkan mendunia ya dengan hadirnya teknologi AI seperti inovasi dari Redcomm dengan RED AI-nya. Benar-benar inovasi yang keren dalam dunia bisnis dan pastinya akan sangat membantu para pelaku usaha

    ReplyDelete
  62. canggih yaa RED Ai bisa membuka peluang dan membuat potensi di pasar global lebih besar karena bisnisnya berkembang, harus terus dipelajari Ai seperti ini

    ReplyDelete
  63. Teknologi zaman sekarang udah semakin canggih ya. PR kita sebagai orang tua harus mempersiapkan anak supaya bisa beradaptasi dengan teknologi yang semakin maju termasuk dalam hal bisnis. Ya siapa tahu anak - anak rezekinya jadi pengusaha :)

    ReplyDelete
  64. Wih, menarik banget ya perkembangan AI bisa untuk mengembangkan bisnis gini. Ask Dea terlihat sangat bermanfaat untuk pebisnis pemula ya sepertinya. Bisa mengcover hal hal yang jadi kebingungan di awal bisnis.

    Semuanya sih bermanfaat, memang beda fungsinya aja. Tapi awalnya aku bingung lho, AInya tuh bisa digunakan untuk apa dan bagaimana. Ternyata macem-macem yaa

    ReplyDelete
  65. Adanya teknologi AI di dunia bisnis, seperti RED AI for Indonesia, sungguh luar biasa! Dengan solusi SALTX.AI, Insignia IQ, RED–AINSTEIN, serta program RedAI-Ventures. Semoga dunia bisnis di Indonesia semakin maju di tengah persaingan global yess....

    ReplyDelete
  66. Dengan begini ga ada alasan lagi bagi para pengusaha yang gaptek gimana menguasai pasar. Sekarang sdh ada yang menjembatani menghubungkan. Segala urusan teknologi jadi lebih mudah ya

    ReplyDelete
  67. Perkembangan teknologi berkembang luar biasa ya. Termasuk AI. Sangat membantu untuk para pebisnis ya

    ReplyDelete
  68. Kalau bisa dimanfaatkan dengan keunggulan AI sebagai teknologi asistensi serta kecerdasan buatan dari Ready to Evolve and Disrupt with AI bisa makin maju perkembangan perusahaan ya ..

    ReplyDelete
  69. Ask-Dea ngebantu banget ya untuk yang baru merintis usaha atau bisnis. Bisa dimanfaatkan untuk cari-cari ide di awal usaha. Jadi tidak membuang waktu dan bisa fokus ke tahap selanjutnya.

    ReplyDelete
  70. Teknologi AI masuk nih ke semua lini, bahkan bisa memantau pasar apa yang sedang trend dan target2nya ya mbak.
    Aku yang penasaran dengan pendanaan itu gimana kaitannya dengan AI, apakah kyk bisa memprospek nanti bisnisnya untung atau gak, jd perusahaan berani mendanai atau gimana?

    ReplyDelete
  71. Kehadiran teknologi akan sangat membantu jika bisa memanfaatkannya dengan benar... Sudah saatnya UMKM kita maju bersama Red AI

    ReplyDelete
  72. Canggihnya teknologi banyak memberi keuntungan . Seperti dari RED AI para pebisnis banyak terbantu terutama dalam pemasaran digital ya

    ReplyDelete
  73. Sekarang semua serba AI yaaa...memang sudah waktunya memaksimalkan kecanggihn teknologi yg ada agar bisa support bisnis.

    ReplyDelete
  74. Agak ngeri ngeri tapi terbantu juga dengan AI ini. Oh sekarang malah udah merambah how to help startup? Kereeennnn!

    Ke depannya kita semua sepertinya akan menggunakan AI di segala lini ya

    ReplyDelete
  75. The power of artificial intelligence (AI) jadi membuat beberapa perusahaan bisnis yang disebut di atas, bisa berdaya saing di kancah global, mantap

    ReplyDelete
  76. Iya banget, hari gini mah dunia bisnis, apalagi startup, kudu banget deh merhatiin sisi digital marketing. Biar bisa bersaing dengan brand dan kompetitor lain. Kalo belom punya tim digital marketing sendiri, bisa ya memercayakannya ke agensi, toh banyak yang sudah profesional. Kayak Red AI ini. Semoga banyak startup yang mendapatkan manfaat dari Red AI ini.

    ReplyDelete
  77. RED AI banget dengan inovasi produknya nih. Sangat membantu siapaun yang sedang mengembangkan usahanya. terutama untukyang baru mendirikan usaha, juga UMKM.

    ReplyDelete
  78. Memang perkembangan AI ini makin lama makin canggih. Sangat membantu untuk bisnis, gak cuma perusahaan besar tp juga bisa untuk umkm

    ReplyDelete
  79. Usaha kecil menengah pasti terbantu sekali denga adanya teknologi AI satu ini. Sasaran market usaha jadi makin jelas terbaca

    ReplyDelete
  80. Bagaimanapum teknologi AI lambat laun merambah ke pelbagai bidang kehidupan kita. Cepat atau lambat. Kita wajib beradaptasi dengan hal itu.

    ReplyDelete
  81. RED Asia inc ini keren ya, ternyata lini bisnisnya banyak, saya pikir awalnya cuma Redcomm aja. Dan sekarang malah makin keren dengan program RED AI-nya. Jadi bisa ngebantu bisnis-bisnis di Indonesia bersaing secara global dengan memanfaatkan AI.

    ReplyDelete
  82. Sekarang ini AI berkembang dan mempengaruhi hampir semua lini kehidupan ya, mau tidak mau kita harus beradaptasi, dan sayapn baru baca nih marketing pun sudah bisa pakai AI sehinga bisa memaksimalkan pertumbuhan bisnis

    ReplyDelete
  83. Teknologi AI sekarang memang semakin memudahkan ya, Mbak. Apalagi untuk para pelaku usaha, dengan dukungan RED AI bakal lebih maksimal deh penggunaan AI nya.

    ReplyDelete
  84. Teknologi AI udh makin berkembang tapi aku masih kudet aja, dari beberapa teknologi AI diatas aja aku nggak tahu. Tapi semoga aja bisa sngat bermnfaat bagi pelaku bisnis.

    ReplyDelete
  85. Zaman terus berubah dengan seiring semakin maju dan berkembangnya teknologi juga. Dengan kehadiran teknologi AI memang akan sengat membantu dalam pemasaran produk lebih baik dan global.

    ReplyDelete
  86. Semoga dengan adanya teknologi untuk bisnis ini bisa menopang UMKM di Indonesia juga biar lebih maju ya. Karena sekarang kalau ga ikuti perkembangan teknologi, manusia akan kesusahan banget

    ReplyDelete
  87. Adanya AI memang sangat membantu kita untuk bantu tingkatkan produktivitasnya. Data enrichment menjadi lebih mudah dilakukan. Tertarik dengan Insignia IQ, mereka kayanya nawarkan visualisasi data model baru ya

    ReplyDelete
  88. Awalnya tahu AI tu cuma buat menggambar sama menulis, ternyata teknologinya bisa lebih komplek dari yang kukira. Bisa membantu pemasaran digital juga ya.

    ReplyDelete
  89. Saya jadi ingat 5P waktu kuliah dulu, segmentasi pasar dan promosi itu penting baik jaman dulu terlebih sekarang dimana teknologi AI maju dan berkembang yaa

    ReplyDelete
  90. Di era sekarang, AI emang jadi salah satu strategi yang bisa kita gunakan untuk mengembangkan bisnis. Mengingat persaingan bisnis yang cukup ketat, mau gak mau pebisnis juga mesti kreatif, ya. Untung ada RED AI ini.

    ReplyDelete
  91. teknologi di bidang AI saat ini memang sangat mencengangkan, banyak hal yang dulunya susah sekarang sangat mungkin dan bisa dilakukan. RED AI salah satu solusi yang bisa diambil sama UMKM kalau mau memajukan bisnis

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya setuju banget kak, umkm bisa banget memanfaatkan teknologi ai untuk keperluan strategi bisnis. apalagi sekarang kan semua serba onlline ya, gak sedikit juga umkm yang mengandalkan jualannya secara online

      Delete
  92. Teknologi AI ini kalau digunakan oleh orang yang tepat bener-bener sangat bermanfaat. Bisnis pun bisa lebih berkembang cepat.

    ReplyDelete
  93. Pemasaran global makin terdepan mbak kalau pakai teknologi AI. Lagi ngetrend saat ini dan memang canggih sih. Bantu bisnis makin berkembang

    ReplyDelete
  94. Waaah RED Asia Inc mewujudkan komitmen mendukung inovasi dan transformasi digital bisnis di Indonesia agar dapat bersaing di pasar global dengan meluncurkan RED AI for Indonesia ya kak. Keren banget

    ReplyDelete
  95. Wah Beruntung banget nih bagi para pelaku UMKM karena ada ASK DEA. Aplagi yang baru melek digital. Dengan ASK DEA, UMKM bisa semakin di kenal produknya dan sasarannya lebih tepat.

    ReplyDelete
  96. Perkembangan teknologi saat ini sudah berkembang dengan sangat pesat ya mbak, sekarang kita bisa memanfaatkan AI untuk membantu UMKM dalam pemasaran global.

    ReplyDelete
  97. ujung tombak kelangsungan bisnis itu memang di pemasaran ya mbak, produk bagus kalau promosi/pemasaran kurang juga nggak bakal dikenal oleh banyak orang.
    Wih keren nih, sudah ada tools AI yang mendukung untuk strategi pemasaran

    ReplyDelete
  98. wah keren ya sekarang tuh, teknologi AI jadi mempermudah pemasaran bisnis. jangan segan2 lagi harusnya untuk memulai bisnis ya, ada teknologi yang memudahkan kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener, teknologi makin canggih, kalau dimanfaatkan dg baik bisa ngebantu usaha kita banget ya

      Delete
  99. Alhamdulillah yaa sekarang pemasaran digital terbantu oleh AI. Bener2 bisa manfaatin teknologi canggih agar marketingnya juga makin maju. Jualan pun joss.

    ReplyDelete
  100. ya ampun sesuatu yang dahulu hanya terlihat seperti kisah fiksi ilmiah kini ternyata beneran ada. Kecerdasan AI bisa luas sekali penggunaannya termasuk untuk mengembangkan bisnis.

    ReplyDelete
  101. Dengan bantuan AI, strategi pemasaran global semakin efisien ya mbak
    Semakin memudahkan para pelaku bisnis untuk mempromosikan produk mereka

    ReplyDelete
  102. Memang ya AI ini sangat memudahkan saat ini. Apalagi ternyata bisa sangat bermanfaat untuk bisnis.

    ReplyDelete
  103. RED AI ini inovasinyaa bener2 ngga main2, dan ngga pernah capek yaa hhahaha.. keren2 lagi, kalo kek gini digitalisasi di Indonesia kan makin pesat kemajuannya

    ReplyDelete
  104. Inisiatif RED AI For Indonwsia ini benar-benar bisa menjadi supporting system dalam dunia usaha khusunya untuk bidang pemasaran sehingga bisa memiliki daya saing global.

    ReplyDelete
  105. Produk inovasi RED AI sangat membantu sekali ya untuk meningkatkan branding terlebih bagi para pelaku usaha baru atau UMKM

    ReplyDelete
  106. Nggak kepikiran ternyata strategi bisnis juga bisa pake AI tapi prompt nya nih yang bingung dan sebatas apa ya yang bisa diaplikasikan

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^