Buku Anak: Aku Ingin Tahu

Yang terdampak pandemi. Begitulah sebutan saya untuk buku anak Aku Ingin Tahu ini. Naskah buku ini sebenarnya sudah saya tulis jauh sebelum pandemi. Ya, seperti sudah jadi pengetahuan umum, kalau naskah di penerbitan itu harus melalui antrean panjang terutama naskah buku anak.

Buku anak Aku Ingin Tahu

Di saat naskah sedang menjalani masa antrean, tanpa disangka-sangka si corona datang. Alhasil antrean proses terbitnya pun bertambah panjang. Kondisi perekonomian yang gak menentu dan pemberlakuan protokol kesehatan di semua bidang, membuat semua proses di penerbit mengalami hambatan.

Syukurlah di tahun 2021 ini buku anak Aku Ingin Tahu bisa terbit dan semoga bisa bermanfaat untuk anak-anak. Eh, untuk orang tua juga, ding. Soalnya buku ini membantu orang tua saat anak mengajukan banyak pertanyaan. Seperti tagline buku tersebut yaitu Buku Pintar Menjawab Pertanyaan Anak Muslim.

Oke, sebelum membahas buku anak ini lebih lanjut kita kenali dulu bukunya, yuk!

Judul buku: Aku Ingin Tahu

Penulis: Nurul Fitri Fatkhani

Ilustrator: E. Ramdhan

Penerbit: PT Elex Media Komputindo

Jenis buku: Buku Anak

Jumlah halaman: 92 halaman

Seperti buku anak pada umumnya, Buku Aku Ingin Tahu ini dilengkapi dengan gambar yang menarik. Tujuannya supaya anak tertarik untuk membaca dan tidak cepat bosan. 

Di dalam buku ini terdapat 25 cerita menarik seputar pengetahuan untuk anak muslim. Setiap cerita dilengkapi oleh ayat dalam Al-Qur'an yang berhubungan dengan topik. So, semuanya cerita itu, landasannya Al-Qur'an. Bikin mantep, kan? 😊

Selain itu di akhir cerita diberikan mutiara hikmah, berisi kesimpulan dan makna dari setiap cerita yang disajikan. Ada juga fitur Tekadku, yang diharapkan bisa mendorong dan memotivasi anak untuk melakukan hal baik seperti yang ada dalam cerita.

Meskipun terdiri dari 25 judul cerita, kisahnya seperti bersambung, loh! Soalnya tokohnya sama, yaitu Ifa dan Rio. Buku ini menceritakan semua aktivitas kedua anak itu baik di rumah, sekolah atau tempat lainnya. Baik kita bahas sekilas isi bukunya, ya ...

Percaya Kepada Allah

Ayah dan Bunda pernah gak, sih, menghadapi pertanyaan dari anak mengenai Allah dan cara kita berterima kasih kepada-Nya? Kalau anak diterangkan menggunakan ayat Al-Qur'an dan dalil, kira-kira anak bakalan masuk, gak, ya? Apa mereka malah bengong? Hehehe

Bagaimana kalau dijelaskan dengan cerita Rio dan Ifa yang sesuai dengan keseharian mereka? Pastinya lebih pas, bukan?

Mengenal Malaikat Allah

Nah, di bagian ini, anak juga diberi pengetahuan tentang malaikat. Karena sifatnya yang gaib, tentu kita harus cermat dalam memberikan penjelasan. Saya kasih potongan kisahnya untuk cerita ini ya, monggo disimak! 

...... Betul Ifa, malaikat merupakan makhluk gaib, kita tidak bisa melihatnya. Tetapi Allah memberikan bukti keberadaan malaikat," bunda menjelaskan.

Ifa penasaran. "Apa buktinya?"

"Contohnya, turunnya hujan. Di sekitar rumah kita sedang hujan, belum tentu di tempat lain hujan juga. Hujan tidak turun merata di semua daerah. Malaikat Mikail yang mengatur pembagian musim hujan dan musim panas," lanjut bunda dengan tegas.

Ifa mengangguk tanda mengerti. Dia teringat pesan Ustaz Ali, bahwa sebagai hamba Allah Swt., kita harus percaya dengan keberadaan malaikat.

Puasa Itu Sehat, Loh!

Pada umumnya anak akan merasa keberatan apabila diminta berpuasa, bukan? Mereka pikir buat apa berlapar-lapar berpuasa? Nah dengan cerita Ifa dan Rio, anak akan diberikan pemahaman bahwa puasa itu bisa juga menyehatkan. 

Dijelaskan dalam mutiara hikmah bahwa puasa juga bermanfaat untuk kesehatan. Dengan tidak makan dan minum, kita bisa memberikan kesempatan alat pencernaan kita untuk beristirahat.

Anak Saleh Selalu Mendoakan Orang tua.

Orang tua mana yang gak bahagia kalau buah hatinya selalu mendoakannya? Pastinya kita selalu berharap anak-anak mengalirkan doa terbaiknya untuk kita. 

Pada bagian ini dikisahkan Ifa dan Rio yang ditinggalkan orang tuanya tugas keluar kota. Di saat itulah kedua anak itu merasa kehilangan orang tuanya dan berniat mendoakan keduanya. Keinginan tersebut pun dituliskan dalam bagian Tekadku, bahwa mereka akan selalu menghormati orang tua, berkata baik kepada mereka serta selalu mendoakan untuk keduanya.

Itu hanya beberapa kisah saja dari 25 cerita yang ada. Selain itu ada juga cerita berbagi dengan kawan, menjadi anak mandiri, mengajak anak tidak memotong pembicaraan orang lain, menghindari mengejek teman, tidak jajan sembarangan dan kisah menarik lainnya.

Buku Aku Ingin Tahu memberikan contoh yang mudah dipahami oleh anak dan kejadiannya terjadi di kehidupan sehari-harinya. Orang tua pun bisa menjawab pertanyaan anak dengan contoh yang sederhana.

Melalui buku ini pula, anak-anak bisa menemukan sendiri semua jawaban atas pertanyaan mereka. So, menjadi anak saleh/salehah itu gak sulit, kok! Nikmati dan pahami isi ceritanya dengan cara yang menyenangkan.

Well, besar harapan saya supaya buku ini bisa bermanfaat untuk semua anak muslim. Dengan demikian pengetahuan dan keimanan mereka bisa bertambah. Karena saya pun ingin anak-anak kita semua bisa tambah saleh/salehah sehingga benar-benar menjadi penolong kita di akhirat kelak. Aamiin Ya Rabbal'allaamiin.

Salam takzim


Post a Comment

76 Comments

  1. Wahh bukunya menarik banget dan bisa memberikan efek positif kepada anak sejak dini, ditambah lagi bukunya penuh dengan ilustrasi.. Keren nih udah buat buku sendiri.. Inspirasi banget

    ReplyDelete
  2. Buku yang bagus nih buat menanamkan ilmu agama ke anak-anak lewat cerita

    ReplyDelete
  3. mba keren niih buku yang kamu tulis yaa? aku jadi penasaran sama kontennya, kira2 kalau aku bacakan untuk anakku mereka bakal suka juga kali ya :) selamat buat bukunya juga yaa mba

    ReplyDelete
  4. Buku menarik Mbak, ciri khas anak-anak suka baca buku yang bercerita dan dilengkapi gambar. Anak yang males baca, tertarik dengan gambar pelan-pelan minatnya akan timbul. Materinya juga bagus, pertanyaannya mengandung kejadian sehari-hari. Sukses ya mbak untuk bukunya

    ReplyDelete
  5. Masya Allah, Mbak. Selamat akhirnya buku ini bisa terbit meski sempat tertunda. Semoga bisa menjadi ladang amal ibadah, ya, Mbak. Aamiin. Bukunya pasti akan bermanfaat untuk anak-anak dan orang tuanya.

    ReplyDelete
  6. Bagus banget ini buat si kecil agar belajar mengenai Islam apalagi ada gambar-gambar yang menarik buat mereka

    ReplyDelete
  7. Sepertinya buku aku ingin tahu ini must have item ya. Cocok nih untuk kado, kebetulan ada ponakan mau ulang tahun di bulan september ini.

    ReplyDelete
  8. Selamat untuk bukunya, Mbak Nurul. Semoga sukses
    Komplit banget ini, cerita nyambung, dilengkapi Ayat Quran dan Mutiara Hikmah. Pas buat bacaan anak-anak ini

    ReplyDelete
  9. Semoga bukunya banyak dibaca dan bermanfaat ya. Aamiin...
    Dengan adanya buku anak yang menarik semoga literasi baca pada jiwa anak terus makin bertumbuh.

    ReplyDelete
  10. Isi cerita di buku ini bagus banget ya. Anak2 bakalan suka deh. Keingintahuan anak2 dalam hal agama seperti percaya kepada Allah, puasa itu sehat dan mendoakan orang tua itu sangat berkualitas. Anak jadi praktik sehingga bukan hanya teori saja.

    ReplyDelete
  11. Selamat ya mbak atas peluncuran bukunya. Menarik banget, memberi nasihat dan pengetahuan agama dengan cerita gitu. Pasti akan memberi banyak manfaat buat orang2. Semoga lancar terus ya.

    ReplyDelete
  12. Selamat ya mba buat bukunya. Semoga best seller. Bagus tema bukunya cocok untuk mengajarkan aqidah pada anak

    ReplyDelete
  13. Recomended banget ini mak bukunya untuk mengenalkan anak lebih dekat dengan islam. Apalagi disampaikan dalam bentuk cerita, anak-anak akan membacanya dengan senang.

    ReplyDelete
  14. Gambar-gambar pada buku ini menarik sekali, anak-anak gak bakal bosen nih membacanya. Pengetahuan dan pengajaran agama yang disampaikan dalam buku ini akan lebih cepat ditangkap dan dipahami oleh anak-anak.
    Selamat ya mbak buat bukunya.

    ReplyDelete
  15. Selamat ya. Buku anak Muslim yg menarik. Anak2 nggak akan bosan dg ilustrasi yg seperti itu. Semoga banyak ibu yg terbantu dg bacaan bermutu.

    ReplyDelete
  16. Wah selamat ya mba atas bukunya. Bagus nih tema ceritanya buat anak2. Tapi btw, ini targetnya anak usia berapa mba?

    ReplyDelete
  17. selamat ya mbak buat bukunya, semoga semakin banyak yang baca dan jadi best seller, secara bukunya bagus banget :)

    ReplyDelete
  18. Bukunya keren bangeeett mbaaak. Selamat yaaaa. Aku masukin list belanja buku buat bocil ah. Sukses ya mbak Nurul, aamiin

    ReplyDelete
  19. Bukunya menarik sekali mbak...selamat ya mbak sudah terbit. Semoga makin banyak anak yang bisa mempelajari buku ini semoga menambah wawasan dan pengetahuannya dalam mempelajari agama. Kadang sulit mengajarkan dalam kehidupan nyata, namun berkat materi yang jelas dan lengkap dalam buku ini, pemahaman mereka pun akan semakin luas.

    ReplyDelete
  20. Masyaallah alhamdulillah. Selamat teh Nurul buku anaknya sudah terbit. Ini luar biasa loh, nulis cerita anak itu tidak gampang menurutku. Sebab penulis dituntut menulis tulisan yang ringkas, ringan, tetapi pesan moralnya harus sampai. Keren euy.

    ReplyDelete
  21. Dari sampul depan udah menarik, anak-anak pasti langsung pengen tau isinya. Ilustrasinya juga bagus banget apalagi isinya, pasti membawa dampak baik dan positif bagi anak-anak bahasannya juga sangat mengedukasi dan bermanfaat.

    ReplyDelete
  22. Selamat mbak Nurul atas terbirtnya buku anak ini
    aku ada langganan gramedia digital, coba nanti kucari penasaran juga biar siap jadi calon orangtua nih.

    ReplyDelete
  23. Wah keren Teteh. Teteh kalau ga salah Penerbit PT Elex Media Komputindo itu penerbit mayor kan ya? Kasih dong teh resepnya bisa tembus di penerbit mayor gitu? Ngomong ngomong ini bukunya bagus ya. Ngajarin anak tentang agama dengan cara yang menyenangkan dan masuk ke pemahaman anak. Soalnya sebagai ortu kita suka bingung kan ya ngejelasin pertanyaan pertanyaan anak. Dari buku di atas jadi lebih mudah ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget.
      Ingin juga membaca perjuangan teteh merampungkan naskah hingga bisa dilamar sama penerbit mayor yang super kece.
      Semoga menular yaa, teh..

      Delete
  24. Aih keren banget nih... selamat ya Teh semoga bukunya best seller dan barokah. Aamiin Allohumma Aamiin :D

    ReplyDelete
  25. Recomended banget ini untuk bacaan anak. Mempermudah anak-anak mengenal islam melalui cerita.

    ReplyDelete
  26. bagus bukunya, Mba. Anak-anak memang harus diajarkan hal-hal baik sejak dini yaa

    ReplyDelete
  27. selamat ya mbak..bukunya sudah terbit. Bisa menerbitkan buku dengan penerbit mayor di masa pandemi seperti ini, sesuatu banget... Semoga bukunya laris manis, menjadi pahala jariyah utk mbak Nurul juga

    ReplyDelete
  28. MasyaAllah mbak Nurul, barakallah. Alhamdulillah ya di masa pandemi ada buku yang terbit juga. Beberapa waktu lalu sempat ada isu buku cetak akan semakin tenggelam dan diterbitkan e book. jadi sangat bergembira karena akhirnya tetap ada buku berbentuk fisik begini yang dicetak. Selamat ya mbak

    ReplyDelete
  29. Teteh...
    Barakallahu fiik~

    Senang sekali melihat buku anak yang mengedukasi dan mudah dipahami.
    Cocok banget untuk anak yang sudah mulai bisa membaca dengan ilustrasi dan pemahaman yang sederhana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang paling juara dari Buku Aku Ingin Tahu ini adalah bagian memahami perintah Allah ditilik dari sisi medis juga yaa..
      Sehingga sebenarnya Allah memerintahkan sesuatu pasti untuk kebaikan hambaNya.

      Delete
    2. Setuju banget, Mbak. Mengingatkan, tapi gak terkesan gurui banget. Jadi bakal enak bacanya

      Delete
    3. Paling suka saat ada bagian mengenai mengena malaikat. Biasanya orangtua hanya memerintahkan untuk percaya. Padahal percaya pada hal ghaib ini sulit kalau tidak ada bukti yang mampu dinalar yaa..
      Hal sederhana tetapi mudah dicerna anak-anak.

      Delete
  30. jadi semacam seri ya mba buku ini... bagus untuk menambah wawasan dan pastinya semangat untuk belajar yaa

    ReplyDelete
  31. Selamat ya, Mbak atas terbitnya buku baru

    Ini buku anak cukup menarik ya. Terus ada hikmah-hikmah juga di dalamnya

    ReplyDelete
  32. Nilai-nilaki kebaikan bisa diajarkan dari bacaan. buku Aku Ingin Tahu bisa jadi salah solusi orang tua untuk mengajarkannya pada anak. Kemasannya pun menarik melalui cerita ringan sehingga akan tersampaikan pesannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, nilai kebaikan bisa banget didapatkan anak dari buku bacaan yang dia baca. oleh karena itu bukunya mbak Nurul ini cocok banget ya untuk teman membaca anak-anak karena sarat dengan berbagai nilai kebaikan dari Al Qur'an dan hadist

      Delete
  33. Wah selamat atas kelahiran bukunya, ya, mbak. Isinya menarik sekali nih buat mengajarkan agama Islam ke anak-anak. Ntar mau cek cek di gramedia ah bukunya

    ReplyDelete
  34. Anak serba ingin tahu, gak masalah ya, tanda anak kreatif juga. Dari buku Aku Ingin Tahu Insya Allah bermanfaat buat anak juga orangtuanya yang mendampingi di rumah.
    Bagus ya isinya ada cerita menarik yang dilengkapi ayat Al Quran & mengandung mutiara hikmah

    ReplyDelete
  35. Teh Nurul, aq pingin meminang bukunya... Membaca kisah Rio dan Ifa😍

    ReplyDelete
  36. Alhamdulillah lahiran buku baru. Aku belum nih selama pandemi, hehehe. Moga tahun depan yah bisa. Masih belum mode on dari kehilangan, hiiiks. Selamat ya mak, semoga barokah bukunya

    ReplyDelete
  37. Happy for you, Teteh... Ngerasa banget gimana panjangnya proses terbit buku ya hehehe.. kalo udah brojol berasa legaaaa gitu. Semoga bukunya laris manis ya teh. Jadi berkah buat banyak orang amin amin.

    ReplyDelete
  38. Waah teteh keren banget. Aku mau beli buat ponakanku nanti kalau udah agak gedean hihi. Semoga laris bukunya dan semakin semangat berkarya ya teh. ☺️

    ReplyDelete
  39. Selamat ya mbak, bukunya sudah terbit. Insyaallah pastinya bakal membantu anak dan juga orang tua menjawab rasa penasaran anak-anak akan berbagai hal dalam kehidupannya

    ReplyDelete
  40. Selamat ya Mbk, jarang ketemu penulis buku anak juga ngeblog, makin happy deh, bukunya bagus Mbk, semoga berkah ya.

    ReplyDelete
  41. Anak-anak lihat bukunya pasti auto tertarik nih buat baca..covernya bagus..isinya juga mudah dipahami ya..

    ReplyDelete
  42. Selamat mbak untuk buku anaknya, memang iya anak kalau dijelaskan dengan cerita bisa lebih masuk, ini pengalaman anak saya sendiri. apalagi buku ini dilengkapi dengan ilustrasi yang disukai anak-anak

    ReplyDelete
  43. Menarik sekali ini mbak bukunya. Selamat buat terbitanya buku baru, semoga bukunya laris manis dan bermanfaat.. Paling suka buku anak yang ada ayat Al-Qur'annya plua ada hikmat di skahir cerita. Pingin beliin Aqla

    ReplyDelete
  44. Menarik bukunya, tentu isi bukunya bikin penasaran. Aku ingin tahu, semboyan anak keinginan tahuannya begitu besar dan sepertinya buku ini sangat membantu bagi keinginan tahuan anak dlm memaknai hari-harinya

    ReplyDelete
  45. Wah, bukunya bagus banget, cocok nih buat anakku yang banyak nanya, anak2 itu kalau dijelaskan langsung ya sulit pahamnya, beda kalau lewat cerita.. Harganya berapa Mak?

    ReplyDelete
  46. Keren nih bukunya. Selain penuh dengan cerita inspiratif juga mengajarkan anak2 kepada agamanya

    ReplyDelete
  47. Mba Nurul, selamat yahh. Akhirnya bukunya bisa terbit. Semoga menjadi pahala jariyah yah. Bukunya menarik, bisa membangun ketauhidan dan akidah anak-anak. Banyak hikmah di balik setiap cerita. Sangat bermanfaat dehhh.

    ReplyDelete
  48. Masyaallah. Selamat ya, bukunya diterbitkan penerbit mayor. Semoga aku segera menyusul.

    ReplyDelete
  49. Naahh, buku kayak gini nih yang dibutuhkan para orang tua terutama untuk anak-anaknya yang aktif bertanya. Aku rekomendasikan untuk teman2 saya yang sudah punya anak ah.

    ReplyDelete
  50. Kalau dari isinya, keliatannya cocok banget buku ini buat anak-anak muslim, banyak hal menarik yang bisa diceritakan terutama mungkin bagi orangtua yang bingung bagaimana menjelaskan tentang hal-hal yang anaknya sering tanyakan, sekaligus mengajak anak untuk suka membaca

    ReplyDelete
  51. MasyaAllah.. Tabarakallah.. selamat atas penerbitan bukunya ya mbak. temanya bagus banget, insyaAllah memberikan banyak manfaat nih.

    ReplyDelete
  52. Buku yang sangat bermanfaat nih untuk anak dan orang tua juga. Bisa untuk belajar bareng tentang pengetahuan secara islami. Beneran cocok untuk anak-anak muslim nih.

    Oh ya, btw, selamat atas kelahiran bukunya ini, Mbak..😍

    ReplyDelete
  53. Selamat ya, Mbak, atas terbitnya buku Aku Ingin Tahu. Semoga bermanfaat dan laris. Pas banget lagi cari kado buat ponakan, bisa nih kadoin buku ini.

    ReplyDelete
  54. Barokallah mba Nurul, semoga bukunya laris manis, dan rilis buku-bukulainnya. Di gramedia digital belum nongol nih nggak sabar pengen baca

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukunya berwana terang, jadi membuan anak2 makin tertarik untuk membacanya. Dan selamat ya mbak, laris laris :)

      Delete
  55. Bagus banget ni untuk pendidikan anak ya, mbak. Apalagi dibacakan sebelum tidur, biasanya anak-anak nggak akan mudah lupa

    ReplyDelete
  56. Asyik nih bukunya. Gambarnya bikin anak2 betah. Bagus buat mengalihkan konsentrasi biar gak kebanyakan liat gadget. Sip

    ReplyDelete
  57. Selamat atas terbitnya buku ini ya mbak, semoga laris manis dan bermanfaat untuk anak2

    ReplyDelete
  58. Selamat atas launching bukunya mbak
    semoga bukunya bisa sukses dan menebar banyak manfaat bagi sesama

    ReplyDelete
  59. Wah, selamat Mbak. Keren euy, nulis buku anak gak gampang. Semoga bukunya laris manis ya, Mbak.

    ReplyDelete
  60. Jujur saja, setelah membaca sepintas buku anak aku ingin tahu, jadi penasaran sama full bukunya.

    Menurut ku, tidak hanya untuk anak saja, Aku yang udh gede sendiri sangaaaat tertarik buku ini. Sering juga ngoleksi buku anak, karena bacaanya yg ringan dan mudah di pahami

    ReplyDelete
  61. wah keren kak. aku selalu senang tiap ada yang nerbitin buku tunggal. selamat dan semoga lancar ^_^

    ReplyDelete
  62. Congrats ya Mbak, udah lahir bukunya, buku anak pula wah pasti anaknya bangga banget punya buku bagus seperti ini karya bundanya. Btw, kalau mau beli bisa langsung dengan Mbak kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukunya bisa dibeli di toko buku atau boleh juga membeli dari saya ;))

      Delete
  63. Wahh jadi kepoo sama buku satu ini. Kebetulan anakku juga suka banget mba sama buku <3 kadang tuh ngga kerasa kalau beli2 buku buat anak ternyata udah banyak ajaaa, ada yg berkesan buat dia sampe dibawa ke kasur nemenin dia tidur wkwkw

    ReplyDelete
  64. BarokAllah mba Nurul...
    buku ini pastinya bermanfaat bgt utk anak2

    selain itu, ortu juga bakal sangat terbantu dan bisa mendidik anak lewat buku ini yak.

    ReplyDelete
  65. Anakku suka sekali dibacakan buku kalau mau tidur. Sampai hafal isi bukunya. Pertanda butuh buku baru lagi nih.

    ReplyDelete
  66. wahhhhhhhhhhh selamat, Mbak Nurul!! Duh bukunya keren banget ini. Kayaknya aku tertarik buat beliin buat ponakan ah. Pasti emaknya bakal happy punya buku ini.

    ReplyDelete
  67. Selamat Mbaaaak... wah bagus sekali bukunya. Ilustrasinya juga cakep. Tadi sempat intip harganya juga.
    Buat usia berapa nih Mbak? Penasaran.
    Sekarang saya sedang latih Gi agar tidak sobek buku, makanya tanya tuk siap2 beli buat dia.

    ReplyDelete
  68. Selamat ya Mbak Nurul atas penerbitan buku barunya. Melihat specs dan gambaran isinya, ini cocok banget buat panduan dan teman anak-anak waktu mencari informasi bermanfaat seputar agama untuk membantu pembangunan karakter. Terutama hidup mandiri dan menghargai orang lain. Semoga laris dan berjaya!

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^