Apa Hubungan Kelangkaan BBM dengan Manfaat Pajak?

                                                                 Zeti Arina
Baru-baru ini, masyarakat direpotkan dengan langkanya persediaan BBM. Ini juga mengakibatkan harga bensin eceran menjadi naik. Banyak kita lihat antrian kendaraan bermotor di SPBU di sejumlah wilayah Indonesia.  Ada beberapa faktor yang disinyalir menjadi penyebab langkanya BBM ini. Seorang pengamat menilai hal ini dikarenakan adanya salah perhitungan pada saat menentukan APBNP (APBN Perubahan). Selain itu, diketahui jika kelangkaan BBM juga dipacu karena dikuranginya pasokan BBM bersubsidi. Sebagian orang berpendapat jika ini terjadi juga dikarenakan manfaat pajak yang belum optimal sehingga memicu kenaikan harga BBM bersubsidi.
         Berbicara soal pajak, mungkin akan timbul pertanyaan, apa hubungan antara kenaikan BBM bersubsidi dengan manfaat pajak? Perlu diketahui, salah satu manfaat pajak adalah memberikan BBM bersubsidi. Pada tahun 2012, nilai subsidi mencapai 346,4 triliun dari belanja pemerintah pusat. Tidak kurang dari 61,17 persen dari total subsisi dialokasikan untuk BBM, ini menunjukkan bahwa sebenarnya pajak yang dipungut oleh negara akan kembali pada masyarakat dan dimanfaatkan untuk masyarakat.
         Masyarakat awan terkadang tidak memahami apa sebenarnya manfaat dan fungsi pajak bagi negara dan masyarakat. Hal ini menjadikan IKPI (Ikatan Konsultan Pajak Indonesia) bertekad untuk memberikan edukasi pajak kepada seluruh masyarakat. IKPI merupakan wadah perkumpulan para konsultan pajak seluruh Indonesia yang memiliki program untuk mengabdi kepada masyarakat.
         Menciptakan masyarakat yang paham akan kegunaan pajak membuat IKPI melakukan sosialisasi di assosiasi lain seperti asosiasi real estate, pedagang emas, KADIN, sosialisasi di kampus-kampus hingga membantu mengajukan rulling terhadap aturan yang merugikan msyarakat.
            Di wilayah Jawa Timur, IKPI Surabaya turut serta mensukseskan program IKPI pusat. Di bawah kepemimpinan Zeti Arina sebagai ketua IKPI Surabaya yang baru, berusaha meningkatkan kemampuan anggotanya agar semakin professional dan meningkatkan kerjasama dengan Universitas, Asosiasi, DJP dan pihak ketiga lainnya.
        Zeti Arina yang juga CEO Artha Raya Consultan memiliki beberapa program untuk membuat masyarakat melek terhadap manfaat dan fungsi pajak. Pertama, memperkenalkan pengurus IKPI ke Kanwil dan menawarkan kegiatan bersama dalam rangka memberikan edukasi kepada masyarakat, serta memberi masukan-masukan tentang apa yang ada di dunia usaha. Kedua, mengadakan pelatihan rutin kepada anggotanya dalam waktu dua bulan sekali dengan topik yang sudah ditentukan di depan. Ketiga, mempererat kerjasama dengan berbagai asosiasi dalam rangka mensosialisasikan peraturan perpajakan. Keempat, memasyarakatkan IKPI agar dikenal dan diketahui oleh umum di media massa dalam jangka waktu sebulan sekali. Dan yang kelima yaitu mempererat hubungan dengan universitas yang telah terjalin kerjasama. Dengan semua program kerja tersebut, diharapkan dapat mengedukasi masyarakat betapa pentingnya manfaat dan fungsi pajak untuk kesejahteraan masyakat. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}