Cermat Memilih Internet Service Provider (ISP)



             Apa yang dimaksud dengan Internet Service Provider (ISP) itu ? ISP adalah perusahaan penyelenggara jaringan internet, komunikasi data serta solusi jaringan. Penggunaan internet di era globalisasi ini sudah menjadi konsumsi sehari-hari di setiap sendi kehidupan masyarakat. Untuk kalangan pebisnis, penggunaan internet merupakan syarat mutlak untuk dapat menunjang kelancaran bisnisnya.
            Menurut Assosiasi Penyelenggara  Jasa Internet Indonesia, pengguna internet di Indonesia pada tahun 2013 mencapai 71.19 juta jiwa. Angka ini naik sebesar 13% dibandingkan tahun 2012. Sedangkan penetrasi internet Indonesia sekitar 28% dari jumlah penduduk Indonesia yang berjumlah 248 juta jiwa. Ini masih jauh di bawah tuntutan Millenium Development Goal’s yang disepakati International Telcom Union (ITU) bahwa pada tahun 2015, separuh warga dunia harus melek internet.
            Demi memenuhi target tersebut, kini di Indonesia banyak bermunculan perusahaan penyelenggara jaringan internet atau ISP. Dengan banyaknya ISP yang ada, agaknya perlu lebih teliti memilih ISP yang akan kita pergunakan. Menurut Sudianto Oei dari ISP HYPERNET, inti dari bisnis ISP itu adalah pelayanan. Jadi sangatlah penting untuk mencari perusahaan yang memperhatikan kepuasan pelanggan setelah menjual produknya. Menimbang bahwa jangka pemakaian jaringan internet ini tidak memakan waktu yang sebentar.
            Pengguna ISP harus memperhatikan lokasi ISP itu sendiri. Karena biasanya, lokasi mempengaruhi kecepatan internet. Bila lokasi ISP jauh dari domisili pelanggan, maka dikhawatirkan proses pelayanan menjadi kurang lancar. Selain itu, pelu mencari informasi bagaimana kualitas perusahaan pendiri ISP tersebut. Bagaimana kualitas teknis, seperti kecepatan, kuota dan lain-lain. Pesan dari Sudianto Oei, pilihlah ISP yang mempunyai record layanan baik dan referensi pelanggan yang cukup terpercaya. Serta, memiliki team support yang siap 24 jam sehingga cepat mencari solusi bila terjadi gangguan.
Sebelum menentukan paket internet yang akan dipilih lebih baik memperhatikan sejauh mana kebutuhan akses nantinya, setelah itu mencari perkiraan data allowance yang tepat.Semoga bermanfaat.
           

                                                                    Sudianto Oei

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}