Ice Bucket Challenge untuk Penelitian Penyakit ALS


                                                       sumber : www.dailymail.co
            Ice Bucket Challenge lagi heboh dimana-mana. Semua kalangan turut serta mengikuti tindakan yang menantang ini. Apa sih sebenernya Ice Bucket Challenge itu? Menyiramkan tubuh sendiri dengan air es merupakan tindakan yang disebut Ice Bucket Challenge. Tantangan ini dimaksudkan untuk menggalang dana bagi penelitian penyakit ALS (Amyotrophic Lateral Sclerosis). Belakangan, tantangan ini dilakukan oleh berbagai kalangan seperti pengusaha, selebriti, olahragawan dan orang biasa dengan tujuan mengumpulkan dana.
            Penyakit ALS adalah suatu penyakit progresif fatal dan menyebabkan kelemahan pada otot-otot volunteer. Penyakit ini mempengaruhi motor neurons, khususnya sel-sel syaraf pada bagian otak, sumsum tulang belakang dan  pada akhirnya dapat mengakibatkan tubuh tidak dapat menerima perintah otak untuk menggerakkan. Penyakit ini pengaruhi oleh faktor genetik dan lingkungan. Untuk mengetahui secara jelas tentang penyakit ini, telah diadakan penelitian tentangnya di Amerika.
        Demi menggalang dana untuk membantu penelitian tesebut, diadakanlah tantangan Ice Bucket Challenge. Cara melakukan tantangan ini adalah menyiram diri sendiri dengan air es dan didokumentasikan melalui video. Video tersebut kemudian diupload ke youtube. Sebelum menyiram diri dengan air es, peserta diharuskan menantang orang lain untuk melakukan hal yang sama. Setelah mengunggah video ke youtube, peserta diharuskan mengeluarkan sejumlah dana untuk penelitian penyakit ALS di Amerika.
            Anchi, GA Manager dari Tinker Games merupakan salah seorang yang mengikuti tantangan ini. Tinker games merupakan perusahaan pembuat games asal daerah Bandung yang mengangkat muatan-muatan unsur asli Indonesia. Anchi melakukan tantangan ini setelah sebelumnya menantang 3 orang kawannya untuk melakukan hal yang sama. Keikutsertaan Anchi dengan membawa nama Tinker Games, membuktikan bahwa perusahaan tersebut  telah turut memberikan kontribusinya untuk lingkungan sekitar.
Apakah anda tertarik untuk menyumbang dan melakukan Ice Bucket Challenge? Hati-hati ! Perlu diperhatikan, kegiatan ini tidak disarankan untuk wanita hamil, orang yang sudah lanjut usia, yang memiliki riwayat sakit jantung dan tekanan darah tinggi. Karena menurut Hongkong Medical Association, tindakan menyiramkan air dingin ke atas kepala dapat menimbulkan resiko terkena serangan jantung. Jadi kenali dulu keadaan diri anda sebelum melakukan Ice Bucket Challenge. Semoga bermanfaat.
         

           

3 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}