Wednesday, 25 March 2020

Transaksi Saat Jajan Semakin Mudah Berkat Aplikasi Kasir Online di Mesin EDC

Anak-anak saya merupakan bagian dari generasi milenial yang banyak mengandalkan teknologi dalam melakukan segala hal. Termasuk dalam hal jajan. Anak sekarang tentunya berbeda dengan zaman orang tuanya dulu, ya, kan? Sekarang mereka bisa dengan mudah beli jajanan dengan mengandalkan ojek online. Tinggal pesan lalu melakukan transaksi, maka dalam hitungan kurang dari satu jam, makanan yang mereka inginkan sudah tersedia.

Sebagai penyuka aneka kuliner, mereka senang dengan makanan di Kota Bandung yang sedang kekinian seperti, seblak ceker, pentol ceker pedas, bakso aci atau minuman kekinian seperti kopi, coklat dan yoghurt.

transaksi mudah berkat aplikasi kasir spots


Anak-anak saya sudah beberapa kali pesan Pentol Ceker dan Bakso Aci Galaks lewat layanan Go-Food. Rasa makanan yang dipesan cocok dengan ekspetasi mereka. Porsinya juga pas. Jadi tidak heran ketika anak-anak ingin makan cemilan, mereka selalu pesan lewat Go-Food.
Padahal warung yang menyediakan pentol ceker, bakso aci galaks dan ceker galaks berada tidak jauh dari rumah kami. Letaknya di perumahan seberang jalan, jaraknya sekitar 1 km saja. Dengan dalih ingin serba praktis dan tidak perlu mengeluarkan ongkos, mereka memilih pesan lewat Go-Food.

Nah, suatu waktu kami ada keperluan di perumahan tersebut. Ketika kami melintas di depan perumahan terlihat ibu penjual pentol dan bakso aci masih ada di kiosnya. Bergegas kami hampiri kios yang berada di depan mini market tesebut untuk melihat lebih dekat tempat jajan langganan anak-anak.
transaksi mudah berkat aplikasi kasir spots

Kiosnya mungil dan sederhana. Beraneka ragam menu dipampang dalam poster yang ditempel di dinding. Ketika kami sampai di sana, menu yang tersedia sudah tidak lengkap lagi. Berhubung sudah sore, menu yang tersisa hanya ada pentol ceker. Si sulung yang hobi makan makanan pedas, langsung memilih pentol ceker untuk dibawa pulang.

Sambil menanti makanan yang dipesan saya melihat-lihat kondisi gerobak yang mengolah makanan favorit anak-anak. Gerobaknya cukup bersih. Bahan-bahan olahan yang masih mentah tersusun rapi. Di bawah rak yang penuh dengan container box tempat wadah bahan racikan bakso dan ceker, saya melihat mesin EDC.

transaksi mudah berkat aplikasi kasir spots

Biasanya saya lihat mesin EDC di toko-toko besar. Namun para pedagang kecil ternyata juga menggunakan mesin untuk aplikasi kasir online.

"Wah, di sini juga ada mesin EDC juga ya, Bu?"
"Iya, ada yang bolak-balik datang nawarin ke Ibu."
"Banyak keuntungannya kalau pakai mesin itu ya, Bu?" tanya saya 
"Betul! Mesin tersebut  sangat membantu bila ada yang ingin bayar dengan kartu debit," jawab ibu penjual sambil menyerahkan sebungkus ceker galakss pesanan anak saya.

Keren yak! Pedagang kecil seperti Ibu penjual pentol dan bakso menggunakan mesin EDC.

Setelah menerima pesanan, anak bungsu saya minta dibelikan minuman kekinian yang ada di sebelah kios bakso aci. Usai menikmati makanan pedas, sepertinya minuman bercita rasa buah sangat cocok menjadi pelengkapnya.

transaksi mudah berkat aplikasi kasir spots
transaksi mudah berkat aplikasi kasir spots
Lagi-lagi saya menemukan mesin EDC di kios Disco Drink yang biasanya merupakan aplikasi kasir restoran atau aplikasi kasir coffee shop yang kekinian. Ternyata pelaku bisnis menengah pun bisa memilikinya. Pastinya memudahkan mereka menjalankan bisnis. Gojek sangat peduli dengan UMKM seperti mereka, ya. Salut, deh!

transaksi mudah berkat aplikasi kasir spots

Oh iya, saya dari tadi ngomongin soal mesin EDC ya. Jadi mesin EDC itu merupakan aplikasi kasir online (point of sale) yang berfungsi untuk mengelola pesanan dan terintegrasi dengan sistem pembayaran. Kelebihan dari mesin itu yakni harga mesinnya terjangkau. Pantas saja pedagang kecil seperti penjual pentol ceker,  bakso aci dan minuman kekinian tadi bisa menggunakan aplikasi kasir restoran dan aplikasi kasir coffee shop juga. Harganya ramah di kantong!

Untuk melakukan pendaftaran, kita cukup membayar Rp. 490.000. Harga tersebut sudah mencakup perangkat kasir. Selanjutnya kita cukup membayar sewa sejumlah Rp. 4.900 per hari saja. Cukup terjangkau, bukan?

Kelebihan Mesin EDC

Dengan memiliki mesin EDC, pedagang atau pelaku bisnis akan semakin mudah untuk memonitor usahanya. Terutama bisnis kuliner seperti pedagang pentol ceker, bakso aci dan minuman buah tadi. Untuk lebih lengkapnya, saya akan uraikan kelebihan aplikasi kasir online , mesin EDC powered by Gojek.

transaksi mudah berkat aplikasi kasir spots

Menerima Pembayaran Kartu Debit dan QRIS
Gerai-gerai yang menggunakan mesin EDC menerima pembayaran menggunakan kartu debit dari bank-bank yang ada di Indonesia. Dan dalam waktu yang tidak lama lagi, juga akan menerima pembayaran dengan kartu kredit.
Selain itu mesin EDC  juga menerima transaksi melalui QRIS dari berbagai aplikasi termasuk GoPay yang sering kami gunakan untuk memesan makanan. Seperti metode pembayaran e-money lainnya, melakukan transaksi melalui aplikasi kasir restoran atau aplikasi kasir coffee shop tersebut harus disertai dengan langkah-langkah pengamanan berupa nomer PIN dan kode otentifikasi lainnya.

Menyediakan Cetak Resi Instan
Seperti aplikasi kasir online yang besar, mesin EDC juga dilengkapi printer sehingga tidak perlu mesin tambahan untuk mencetak resi transaksi. Jadi meskipun jajan di kios kecil, kita tetap bisa menerima resi sebagai bukti pembayaran yang dicetak langsung. Mudah dan praktis, deh!

transaksi mudah berkat aplikasi kasir spots

Terintegrasi dengan GoBiz
Kelebihan mesin ini lainnya yaitu bisa terintegrasi dengan GoBiz. Sehingga pelaku usaha bisa memilih menu, menerima pesanan dari GoFood, mencatat ragam tipe pembayaran, membuat laporan harian, dan membuat promo diskon dengan aplikasi GoBiz dalam perangkat mesin EDC.

transaksi mudah berkat aplikasi kasir spots

Itulah kelebihan saat menggunakan mesin EDC bagi pembeli dan pelaku usaha. Lalu, bagaimana caranya agar semua pelaku usaha bisa mendapatkan mesin aplikasi kasir online?

Cara Mendapatkan Mesin EDC 

Gojek memperkenalkan mesin EDC untuk memudahkan transaksi pembayaran digital terutama bagi pelaku bisnis usaha miro kecil dan menengah (UMKM). Nah, berikut ini cara untuk mendapatkan mesin EDC

transaksi mudah berkat aplikasi kasir spots

Melakukan Pendaftaran
Untuk mendapatkan mesin ini cara mendaftarnya cukup mudah yaitu melalui aplikasi GoBiz. Isi data yang diperlukan seperti nama, nama usaha, email, no telepon, subject, pesan, kemudian submit.

Tahapan Survei
Setelah data kita terdokumentasi selanjutnya ada peninjauan usaha dari pihak Gojek dan permintaan kelengkapan dokumen lainnya seperti foto pemilik usaha dan foto E-KTP.

Proses Pembayaran
Tahapan terakhir yaitu melakukan pembayaran untuk mesin EDC sejumlah Rp. 490.000 selanjutnya pelaku bisnis bisa memiliki dan menggunakan mesin EDC tersebut.

Nah, mesin EDC selain banyak manfaat bagi pelaku bisnis, cara mendapatkannya pun mudah. Dan tidak hanya untuk pelaku bisnis seperti penjual bakso aci dan pentol serta disco drink tadi, keberadaan mesin EDC juga bisa memudahkan pembeli. Seperti saya yang terbiasa membawa uang tidak banyak dan mengandalkan kartu debit untuk melakukan transaksi, penggunaan mesin EDC sangat mendukung sekali.

Semoga dengan menggunakan mesin EDC, pelaku bisnis menengah ke bawah bisa lebih maju. Karena dengan alat tersebut pencatatan keuangan bisnis bisa lebih teratur dan bisa membantu dari segi pemasaran pula. Bagi siapa pun yang ingin bisnisnya meningkat, gunakan mesin EDC dari Gojek saja.

       Salam takzim

230 comments:

  1. Ternyata untuk bisa memiliki dan menggunakan mesin EDC gak susah ya, Teh..
    Di tulisan ini aku lebih fokus ke makanan-makanannya duh, bikin pengen, itu bakso acinya..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Kak, sangat mudah untuk para pemilik usaha yang mau memiliki mesin EDC

      Delete
  2. Itu sifatnya sewakah, Mak?
    Atau ntar jadi hak milik?
    Menggunakan listrik?

    Terus, kalau pas mati lampu, apakah ada baterai cadangan?

    Duh, maaf banyak tanya ya, Mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mbak, sewa sifatnya.
      Kalau yang saya lihat mesin itu gak pake listrik. Kayaknya pakai baterai

      Delete
  3. spots from gojek ini ngebantu banget para pedagang kaki lima, udah gak ribet kita yang jadi pembelipun mudah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bermanfaat banget, baik bagi pembeli maupun penjual. Dengan memanfaatkan teknologi seperti ini, warung jualannya juga jadi naik kelas

      Delete
    2. Alhamdulillah ya Mbak Uli, pedagang kaki lima jadi banyak yang terbantu berkat mesin EDC ini

      Delete
  4. Sepertinya dengan mesin kasir mini ini akan meringkas banyak pekerjaan UKM ya. Gak perlu menerbitkan invoice fisik dan uang yang masuk juga sudah terekam dengan baik. Menghitung penjualan akan lebih mudah kayaknya..Jadi pengen punya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, mesin EDC ini mendukung pekerjaan UKM. Semua transaksi bisa tercatat dengan baik

      Delete
  5. Makin simple banget ya Teh pembayarannya cashless, aku suka beli nasgor ato martabak langgananku udah pake SPOTS.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Teh, kalau malam di daerah saya juga ada martabak yang bisa pakai aplikasi dari Gojek

      Delete
  6. Sekarang pedagang kecil atau umkm pun bisa pakai mesin ini ya. Udah bermanfaat memudahkan penjual dan pembeli, terjangkau pulak biayanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju...
      Salut sama Gojek yang menciptakan mesin EDC SPOTS dengan segala kelebihan dan kepraktisannya.

      Delete
    2. Semoga banyak pelaku usaha yang bisa segera punya mesin EDC ini ya, dan usaha mereka bisa lebih maju

      Delete
  7. Aku bersyukuuurrr banget, sekarang tenant SPOTS tuh buanyaak di Surabaya.
    Bahkan, pedagang PKL dan warung2 kecil juga udah mulai pakai SPOTS lho.
    Soale, makin ke sini kita males bayar2 pakai duit kertas yhaa. Banyak kumannya, euy.
    Kalo cashless kan enak bin enjoy!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hadirnya SPOTS semakin caseless yah, gak perlu bawa duit lagi kalau cuma mau mampir ke PKL atay warung2 kecil

      Delete
    2. Idem mbak, apalagi masa sekarang yaaa, kalau bisa hindari transaksi yang cash dulu. Senengnya pula kadang ma tenantnya dikasi diskon hehe

      Delete
    3. Apalagi sekarang lagi pandemi dan harus jaga kebersihan, jadi kalau jajan cashless bisa bantu bangeet ya

      Delete
  8. Andalan banget dengana adanya kemudahan transaksi ini buat kita juga nggak ribet ya mba. Trus juga mudah diperoleh dimana mana ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mbak, jadi lebih mudah kalau mau jajan di mana pun

      Delete
  9. Andalan banget dengana adanya kemudahan transaksi ini buat kita juga nggak ribet ya mba. Trus juga mudah diperoleh dimana mana ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuul, sampai pedagang kecil pun menyediakan layanan yang buat kita jadi mudah bertransaksi

      Delete
  10. Buat saya yang jarang bawa uang tunai banyak memang ini menyenangkan. Apalagi sasarannya kayaknya UMKM. Asik deh pembayaran pakai mesin SPOTS ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik ya, jajan pun jadi lebih mudah, gak perlu bawa uang banyak-banyak. Pakai mesin EDC aja

      Delete
  11. alamak, bakso dan aci. Bakso aci bikin ngiler. Emang kalau pakai aplikasi kasir gini meringankan beban pencatatan dengan metode jadull ya, pembukuan jadi lebih baik dan berimbang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga jadi pengen bakso aci gara-gara baca postingan ini. Pengen yang pedes dan asem hehehe

      Delete
    2. Iya, jadi memudahkan dalam sistem pencatatannya. Bisa lebih terperinci dan gak takut salah input.

      Delete
  12. Wah canggih. Penjual gerobakan juga pake mesin EDC. Transaksi jadi semakin mudah ya. Karena kadang kan kita gak ada yang kecil di dompet, penjual pun gak ada uang kecil untuk kembalian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, kadang kita bawa uang untuk bayar, eh pedagangnya gak ada uang kecil untuk kembalian. Kalau pakai mesin EDC jadi lebih mudah kan

      Delete
  13. Ini jadi memudahkan penjual yg ukm kecil juga ya ka. Pembeli juga jadi mudah ga usah bayar pake uang tunai

    ReplyDelete
  14. Keren ya, warung-warung kecil pun sudah pakai teknologi untuk pembayarannya. Eh nggak cuma buat pembayaran aja kan ya fungsinya. Semoga dengan pemakaian mesin EDC SPOTS ini jualan mereka makin laris, pembukuannya rapi dan makin besar usahanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ... aamiin ..aamiin, semoga usahanya bisa semakin lancar berkat mesin EDC itu ya..

      Delete
  15. Pake SPOTS transaksi jadi makin mudah ya teh, di tempatku juga pada seneng sekarang mie ayam dan lomie langganan bisa pake SPOTS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iyaa,,,makan mie ayam jadi lebih praktis tanpa harus bayar pake cash ya ...

      Delete
  16. Ini penampakan jajanannya bikin lapar saya..duh enak semua kayaknya
    Keren ya mesin EDC SPOTS ini,membantu sekali para pelaku UMKM. Bikin usaha mereka makin lancar dan maju. Juga pembeli seperti kita makin terbantu. Mudah dalam hal pembayaran jadi tambah nyaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul berkat mesin EDC, gak hanya penjual yang beli juga jadi lebih diuntungkan ya ...

      Delete
  17. Wah, keren ya, bisa dipakai di pedagang kaki lima.
    Eh tapi pedagang kaki lima itu kebanyakan omzetnya bikin air liur menggenang.

    SPOT makin membantu mereka meningkatkan omzet pula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mba, kadang kita tak menyangka ya. Rejeki luar biasa yang mereka terima ini berkat kegigihan dan perjuangan ya. Makin praktis dalam hal pembayaran dan penghitungan transaksi menggunakan Spots ini.

      Delete
    2. Setau saya juga gitu, Mbak. Pedagang makanan kaki lima itu lumayan omzetnya.

      Delete
  18. Wah, SPOT sangat mempermudah transaksi, ya.
    UKM kecil dan pedagang kaki lima jadi terbantu sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, jalannya usaha mereka jadi lebih terbantu kalau pakai mesin EDC

      Delete
  19. Mesin EDC spots ini hanya dipergunakan oleh UMKM yang bergerak di bidang kuliner ya mbak?
    Beneran deh ya mesin EDC spots ini tuh membantu banget buat UMKM.
    Aduh makanannya itu menggoda banget deh. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejauh ini saya baru lihat memang banyaknya yang pakai itu usaha kulineran.

      Delete
    2. Eh, tapi saya juga pernah lihat ada yang pakai di toko-toko besar yang ada di mall. Kayaknya semua bisa pakai, deh!

      Delete
  20. Pas baca pertama kali langsung bilang ini kereen! Ngebantu banget UKM kecil biar ga segala direpotkan dengan pembukuan. Dan auto penasaran dengan gimana cara dapetinnya, eh ternyata dijelasin juga. Oh, jadi bayar pertama 499.000. Selanjutnya 4.900 sewa perharinya. Artikelnya ringkes tapi kumplit Mba!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak, cara memiliki mesin EDC mudah dan murah

      Delete
  21. emang andalan ya pakai spots ini, duit aman kalo enggak berupa cash, biasanya lebih cepat habis kan haha, keren juga ini SPOTS membantu ukm-ukm. semoga bisa lebih maju lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga para UKM bisa lebih maju usahanya ya, Mbaak

      Delete
  22. Wah ternyata lebih mudah dan praktis ya untuk jualan maupun pembeli jajanan semenjak ada mesin ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaya...mesin EDC SPOTS memang terbaik.
      memberikan kemudahan sekaligus membantu usaha akan makin maju.

      Delete
  23. Dulu mesin ini hanya ada di mal dan toko besar, sekarang UMKM juga bisa memakainya, dengan banyak fitur yang menguntungkan ya kayak transaksi tercatat otomatis dan laibbya, keren!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang fitur-fiturnya sangat membantu para UMKM, apalagi ada fitur untuk mencatat setiap transaksi

      Delete
  24. Makin canggih aja ya era digital. Juga meminimalisir penggunaan uang fisik, apalagi pas corona gini lebih aman gak pakai uang cash

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi lebih aman ya, Mbak, meminimalisir kontak lebih banyak, berkat cashless

      Delete
  25. Jadi setiap UMKM yang ikutan Gofood pasti punya mesin EDC ya. Padahal warung kecil tapi keren ya punya mesin kasir. Keuangan jadi lebih lancar sistemnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak semua UMKM yang ikutan GoFood punya mesin EDC Mbak. Saya pernah GoFood martabak, ternyata si mamangnya belum punya mesin EDC

      Delete
  26. Wiih makin canggih ya teh. Pelaku UMKM pun sekarang bisa eksis pake pembayaran cashless. Pastinya bisa menjaring lebih banyak pelanggan dong. Palagi anak milenial gitu. Mantabs deh SPOTS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cocok sekali dengan gaya hidup anak milenial ya Mbak. Mereka serba ingin praktis dan cashless

      Delete
  27. wuish keren petol kecil juga udah pakai SPOTS pasti bisnisnya akan semakin maju tuh, karena manajemennya juga bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang kata penjualnya lebih memudahkan dalam bertransaksi dan transaksi bisa tercatat dengan baik,

      Delete
  28. generasi milenia kaya aku penting banget ini kak. Cashless adalah kemudahan yang bisa dilakukan lewat ujung jari hanya dalam beberapa langkah dan bebas bawa uang tunai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, bagi kakak yang senang jalan-jalan jadi lebih mudah jajan ya..

      Delete
  29. Dulu toko yang menerima pembayaran pakai mesin SPOTS aja jarang. Sekarang udah banyak, buat kita mudah bayarnya buat yang jualan di pinggir jalan (UMKM) lebih aman karena cashless. Semoga makin maju ya UMKM kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin .. berkat mesin EDC, semoga semakin banyak pelaku usaha yang maju ya, Mbak

      Delete
  30. Wah jaman now sekarang semua lebih dipermudah ya mba. Bayar-bayar tak perlu lgi bawa tunai. Seperti Mesin EDC Spots. Keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, mengikuti zaman yang serba praktis dan canggih. Gak perlu bawa uang banyak-banyak. Lebih aman

      Delete
  31. Iya nih, spots ini aplikasi ramah UMKM banget. Bikin enak UMKM soal pembayaran. Gak repot. Praktis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak, bikin transaksi pembayaran jadi lebih praktis

      Delete
  32. Lihat foto-fotonya jadi pengen jajan. Tadi juga aku beli pizza, kasirnya udah pakai Spots. Sangat membantu urusan perkasiran ya.

    ReplyDelete
  33. Sekarang mah mesin EDC tersedia di berbagai macam tenant makanan ya, nggak harus resto besar, jadi memudahkan banget kalau mau bertransaksi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang ada di tulisan saya juga bukan resto besar, tapi mereka sudah pakai mesin EDC. Keren ya ...

      Delete
  34. Pentol cekernya, bikin pengin mbak..
    Keren ya mbak, pedagang gak perlu jualan di mall bisa pakai mesin EDC

    ReplyDelete
  35. Spots ini memudahkan banget ya mba buat penjual n pembeli. Harapannya nih mulai warung2 udah punya ini ya supaya gak ribet. Soalnya musim corona gini paling aman kalo serba cashless ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah bener sekali, kalau serba cashless jadi lebih aman ya...

      Delete
  36. Pakai SPOTS ini memang mudah mbak. Aku pernah loh transaksi di penjual bakso yang pakai mesin SPOTS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah, asyik ya Mbak, makan bakso bayarnya bisa pakai mesin EDC

      Delete
  37. Harganya mesin EDC SPOTSnya cukup terjangkau ya Mbak apalagi ini digunakan sebagai aset atau modal usaha. Terlebih pembukuan usaha bisa rapi dengan mesin ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak pembukuan jadi lebih rapi dengan mesin ini.

      Delete
    2. Alhamdulillah ya sampai masyarakat kecil atau pedagang skala kecil pun sudah menggunakan mesin EDC SPOTS ini

      Delete
    3. Iyaa alhamdulillah banget, Mbak. Pemilik usaha kecil bisa lebih terbantu dengan mesin EDC tersebut

      Delete
  38. Mau cekeeerr, i love it :D
    Ternyata kalau mau makai mesin ini gak bisa sembarangan asal punya usaha trus pakai ya, ternyata butuh disurvei dulu ma pihak gojeknya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaa..mau ceker jugaa..auto laperrr..haha

      Delete
    2. Sekarang makin banyak ya tenant yang makai EDC spots ini. Enak sebagai pelanggan lbh gampang kalau mau transaksi cashless gtu :D

      Delete
    3. Kenapa aku kabita cekeer pulaa..
      meni ngedadahin gini teeeeh..
      Ngacaay..

      Delete
    4. Hihihi...cekernya memang nendang pedesnya Teh :))

      Delete
    5. Betul Mbak April, untuk mendapatkan mesin EDC perlu disurvei dulu

      Delete
  39. Sebenarnya pakai SPOTS begini memudahkan soal uang kembalian atau uang receh. Penjual gak perlu mikirin uang kembalian..

    Tapikan yang beli juga gak semua punya kartu debit
    Banyakan uang tunai..

    Tapi pakai ini membantu lah.., yang tadinya gak punya uang tunai tetap bisa beli..walau belum sempat ambil uang ke ATM..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enaknya pakai mesin EDC itu memang gak perlu mikirin uang kembalian ya ...

      Delete
  40. Langsung bisa transaksi cashless dan juga langsung dapat struk ya mbak sebagai bukti pembelian. Keren nih mesin EDCnya, moga makin banyak yang pakai supaya transaksi juga makin gampang gak ribet yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat penjual atau pemilik usaha, mesin kayak gini angat membantu memantau transaksi harian ya mbak, khususnya bjuat tahu lbh cepet nih laba ruginya

      Delete
    2. Betul Mbak, sistem pencatatannya jadi lebih mudah

      Delete
  41. Lariiiss maniis yang Ibu, jualannya.
    Aku salut sama Ibu-ibu yang sudah melek teknologi begini.
    Jadi jualan serba mudah, praktis namun tetap akuntable.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teteh beli nasi goreng pete gak ngajak-ngajak, hehehe...
      Aku suka amazing sama penjual yang uda pake SPOTS. Karena pembayaran juga jadi makin mudah.

      Delete
    2. Ternyata SPOTS banyak yang pakai salah satunya karena kemudahan meminjam mesin EDC SPOTSnya sendiri mudah sekali yaa..
      Dan harga sewanya terjangkau.

      Delete
    3. Saya juga kagum dengan ibu penjualnya. Jualan di tempat yang tidak besar tapi melek teknologi. Jadi kalau sore sedikit, jualannya udah habis

      Delete
  42. Lariiiss maniis yang Ibu, jualannya.
    Aku salut sama Ibu-ibu yang sudah melek teknologi begini.
    Jadi jualan serba mudah, praktis namun tetap akuntable.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, setiap transaksinya jadi bisa lebih teratur

      Delete
  43. Eh keren banget, sekarang istilah gesek ga cuma berlaku di mall2 aja ya, kita beli pentol sama aci di komplek sebelah juga bisa gesek kartu :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuul, mau bayar cara gesek juga bisa di pinggir jalan hihihi

      Delete
  44. UKM pinggiran pun pakai SPOTS ya. Keren banget penetrasinya dari Gojek ini. Saya sebetulnya gak ngeh loh sama SPOTS ini. Baru kemarin itu tahu kalau mesin ini ternyata multiguna baik untuk pemilik usaha maupun customer.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga salut dengan Gojek, yang peduli dengan kemajuan para pelaku usaha

      Delete
  45. DI jaman cashless kaya sekarang dengan adanya mesin kasir seperrti ini bisa membantu transaksi ya selain pakai gopay juga bisa debit. Buat pemilik usah ajuga menguntungkan bisa memantau penjualannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi semuanya bisa diuntungkan dengan penggunaan mesin EDCnya ya Mbak

      Delete
  46. Berarti mesin EDC ini pun bisa dijalankan tanpa listrik ya, Mbak? Memudahkan banget untuk para pedagang kecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yang ada di kedua kedai itu memang tidak pakai colokan listrik Mbak. Kayaknya pakai baterei

      Delete
  47. Suka terheran-heran ato ter kagum-kagum liat pedagang kecil udah melek teknogi. Baru tau sih namanya mesin EDC. Transaksi kecil2an bisa cashless juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salut ya, Bun, pedagang kecil juga menerapkan sistem yang melek teknologi

      Delete
  48. Wah, wah, wah, Mesin EDC SPOTSnya bikin pedagang kecil jd melek teknologi. Mesin EDC menjadi MAGNIT yg luar biasa buat mereka yang ydah gak sabar mau buka usaha mandiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepakat dengan ungkapan mesin EDC jadi magnit, karena bisa memudahkan penjual ya...

      Delete
  49. Wah senang sekali bisa memudahkan transaksi dengan adanya Spots ini ya mba. Aku udah pernah gunakan spots ini mba dan alhamdulillah ngebantu :)

    ReplyDelete
  50. Di zaman milkenialbini pedagang kami 5 udah bisa bermain dengan teknologi kekinian ditemani dengan Mesin EDC dari SPOTS dengan segala kemudahannya.

    ReplyDelete
  51. SPOTS bener-bener udah menjamur. Pokoknya rekanan GoJek rata-rata udah pakai SPOTS semua. Ini beneran memasyarakatkan transaksi digital kok. keren memang terobosannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gojek memang selalu keren terobosannya ya. Banyak mengerti kebutuhan masyarakat

      Delete
  52. Sering liat benda itu kl lg beli martabak yg @60,000. Ternyata itubyg namanya Medin EDC, SPOTS. Di zaman milenial ini pedagang kecil udah pada melwk teknologi. Keren ya.

    ReplyDelete
  53. Mesin Spots ini banyak banget keuntungan baik buat pedagang juga pembeli. Sukanya banyak pilihan pembayaran. Jadi bisa chasless deh

    ReplyDelete
  54. bener mbak, jaman serba digital gini kemana2 udah cashless, pas kapan hari ke warung nemu mesin EDC begini juga aku kira gesek CC hahaha taunya SPOTS

    ReplyDelete
  55. Spots aplikasi kasir yg praktis portable bisa bayar pake apa aja. Memudahkan banget buat umkm apalagi klo bisnisnya makanan langsung terhubung gofood

    ReplyDelete
  56. Dengan adanya aplikasi kasir SPOTS UKM dan UMKM jadi tampak lebih profesional dalam melayani konsumen. Transaksi jadi lebih rapi dan transparan ya.

    ReplyDelete
  57. Aduh rindu jajan diluar, pokoknya setelah Indonesia kembali pulih kuingin keliling ma dan kulineran.
    Sekarang tuh emang zaman yang sangat canggih yah kak. nggak perlu repot repot bawa uang tunai karn nyaris yang niat buanget jualan itu punya mesin EDC yang sangat membantu mereka

    ReplyDelete
  58. Duh, kalau badai corona sdh berlalu, pingin jalan-jalan dan jajan lagi.

    Ke pusat perbelanjaan, nyicipin jajanan kyk gitu.

    ReplyDelete
  59. Dengn adanya mesin EDC ini jadi makin memudahkan para pedagang kecil untuk mencatat segala transasksi dan juga pembukuan.

    ReplyDelete
  60. Udah kangen jajan di luar ya Allah. Gofood aja enggak lo 3 minggu ini. Masak di rumah semua. Aku lelah & bosan, pengin jajan.

    ReplyDelete
  61. Alhamdulillah pedagang kecil bisa menikmati kemudahannya ya. Pengen nyobain buat toko ibuku

    ReplyDelete
  62. Ngak susah ya Mba, untuk mendapatkan mesin edisinya, solanya aku suka kadang nanya ada ngak mesin debet atau sejenisnya, kadang banyaklah ngak tersedinya. jadi kalo kayak spots ini moga bisa menjangkau akar rumput sekalian, moga Bnegkulu segera banyak yang pakai

    ReplyDelete
  63. Alhamdulillah ya memudahkan banget aplikasi ini, sya mah seneng selaku pecinta cashless hehe

    ReplyDelete
  64. Surga banget deh ini ya kalau jajanan kaki lima sekarang sudah bisa bayar pakai debit. Kadang aku kalau mau jajan suka inget lupa bawa cash jadi mundur cantik, kalau sekarang sih udah gak khawatir lagi ya.

    ReplyDelete
  65. Pakai ini praktis ya mak walau jajan dipinggir jalan. Asal ada spots jajan jadi deh bisa langsung bayar.ada ini wrung depan sekolahku pakr

    ReplyDelete
  66. Duh, malem-malem baca ini jadi laper... Ceker tuh makanan favorit saya,apalagi yang pedas...
    Seneng ya sekarang udah ada spots...

    ReplyDelete
  67. Gojek makin merambah ke mana-mana. Beberapa tahun lalu, nama gojek bahkan belum muncul. Tapi sekarang, bisnisnya sudah bukan sekadar ojek lagi.

    ReplyDelete
  68. Tadinya aku bingung mengenai apps kasir online ini. Pas baca ini baru ngerti. Ternyata mau transaksi jadi lebih mudah dan praktis ya :)

    ReplyDelete
  69. Mesin kasir ini membantu banget buat umkm ya mbak. Dulu kan bayangan kita yg punya mesin kasir cuman usaha besar

    ReplyDelete
  70. Alhamdulillah kini para pedagang jajanan level mikro sudah bisa menggunakan jasa Spots untuk mesin kasir sekaligus sebagai pencetak laporan penjualan. Praktis, menyenangkan bagi penjual ataupun pembeli ya karena fleksibel mau bayar pake apa aja bisa.

    ReplyDelete
  71. Alhamdulilah ya teh sekarang mah semakin mantul buat pembayarannya jadi buat yang cashless ga khawatir lagi kudu bulak balik hahhaa

    ReplyDelete
  72. Esnya seger banget mba Nurul, aku ngiler pengen pesen juga
    tapi di sini nggak ada, hiks. Kapan-kapan traktir aku ya Mba ahhaha

    ReplyDelete
  73. dr kemarin aku penasaran banegt sama SPOTs ini kak. soalnya lumayan untuk diterapin di usaha suamiku biar lebih mudah dikontrolnya

    ReplyDelete
  74. Food street sekarsng lagi nge trend yah, selain simple bagi pebisnis ini mudah dijalankan dengan modal yang ringan, apalagi skrg sdh ad aplikasi kasir online sprti SPOTS jd transaksi makin mudah

    ReplyDelete
  75. SPOTS ini memudahkan banget buat pembeli maupun penjual ya mbak, apalagi penjual yang memang belum rapi menyusun laporan keuangan dan dengan SPOTS ini semua jadi terdeteksi penjualan dalam sehari.

    ReplyDelete
  76. Salut dan keren deh sama inovasi dari gopay nih. Dengan adanya edc spot, jajan di kaki lima pun bisa cashless. Nggak cuma di mal-mal aja.

    ReplyDelete
  77. Sebagai anak milenial masa kini, mesin EDC ini beneran sangat ngebantu banget.
    1, TRansaksi lebih cepat dan ngga pake ribet
    2, Anak milenial harusnya cashless dong
    3, Ngga sibuk nari uang pas atau ngitung kembalian
    Transaksi lebih gampang dan aman terkendali sih

    ReplyDelete
  78. Saat sekarang ini mau banget deh coba Spots biar bisa chasless. Jadi gak sering pegang2 duit. Bagi Pedagang, bisa atur menu macam-macam juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makin ke sini, hidup cashless gini memang terasa praktis ya. Kita ga usah ribet bawa uang kesana kemari. Mempermudah juga bagi pedagang dalam menjalankan transaksinya.

      Delete
  79. Dengan spots ini diharapkan usaha kecil dan menengah jg bs cepat maju ya karena pembayarannya jd lebih rapi tercatat. Pelanggan jg jd lebih praktis dan tidak rempong.

    ReplyDelete
  80. Iya nih kak. Spots friendly banget. Ramah UMKM. Makanya banyak kios2 kecil yg pake spots. Membantu banget soalnya

    ReplyDelete
  81. Wah, mesin EDC dari Gojek ini membantu banget ya buat para pelaku UMKM. Harga terjangkau, fungsinya udah komplit untuk penjualan dan ngurus keuangannya. Keren, deh.

    ReplyDelete
  82. Jadi setiap UMKM yang ikutan Gofood pasti punya mesin EDC bikin bisnisnya makin lancar

    ReplyDelete
  83. Sekarang enak yaa satu mesin bisa buat semuanya, jadi gak perlu banyak banyak di meja kasir hehehe

    ReplyDelete
  84. Menggoda banget sih itu baso acinya, jadi pen nyemil. Aku juga pernah jajan seblak dan mereka pakainya spots, keren juga karena bukan restoran besar atau gerobakan kecil aja. Mempermudah pemesanan sama rekap sih, di pembeli jg bisa cashless :3

    ReplyDelete
  85. Perlu juga nih ya gak antri-antri juga lama-lama di kasir. Untuk mengurangi cashless juga ini ya.

    ReplyDelete
  86. boleh juga nih adanya aplikasi ginian, konsumen jadi lebih praktis, gapakai ribet saat pembayaran

    ReplyDelete
  87. Sekarang makin banyak warung atau toko yg punya EDC ya. Jadi praktis, bayarnya bisa non tunai.

    ReplyDelete
  88. Beli pecel harga 10rb jg bs bayar pakai aplikasi ini kok. Keren kan ya kl warung kecil udah go digital

    ReplyDelete
  89. SPOTS saat ini memang menjadi sebuah keharusan dalam usaha bisnis kita. Dengan SPOTS kita bisa mendapatkan banyak sekali kemudahan dalam masalah urusan keuangan. Salah satu manfaat yang saya rasakan sebagai pelanggan di tempat yang menggunakan POS System adalah, saya gaperlu menunggu waktu lama-lama sewaktu membayar dan menunggu uang kembalian, dan juga bukti pembayaran di print secara professional. Jadi gak ada lagi tuh ceritanya pakai-pakain bon segala hihihi.

    ReplyDelete
  90. Paling enak kalau bayar pake QRis gini ya. Jadi ga perlu bawa uang fisik. Apalagi pas pandemi gini. Biar ga ribet bersihin uangnya. Jadi pake QRis aja. Tinggal bersihin hapenya aja. Simple banget

    ReplyDelete
  91. Wah gampang banget dengan SPOTS ya bisa transaksi di mana-mana tanpa khawatir apapun. Terima kasih ya Kak informasinya.

    ReplyDelete
  92. Sekarang sampai gerai-gerai gerobak dan warung juga mulai pakai SPOTS ya. Bisa menghilangkan risiko dibayar pakai uang palsu juga sih.

    ReplyDelete
  93. Sekarang makin banya gerai makanan yang pakai mesin ini ya
    Memudahkan kita banget saat belanja dan gak bawa uang cash
    Gak perlu buru-buru ke ATM deh

    ReplyDelete
  94. Sebagai pelanggan dan konsumen, paking seneng kalau tempat yang didatangi menggunakan Spot karena proses pembayaran cepat. Ada banyak pilihan pembayaran juga

    ReplyDelete
  95. betul banget, dengan kehadiran spots seller dan buyer lebih mudah bertransaksi. keren sih

    ReplyDelete
  96. Inovasi ini bagus banget buat para pelaku UMKM. Selain bisa terlihat lebih keren, juga akan membuat transaksi lebih nyaman dan aman, serta praktis.

    ReplyDelete
  97. Klo jajan di mall aku selalu bayar pake ini...
    Karena hampir semua kedai di mall pake spots

    ReplyDelete
  98. Untuk punya mesin EDC ternyata ga sulit ya kak, gampang juga cara daftarnya. Waah bahkan sekarang jajan di gerobak aja udah bisa pake cashless. Soalnya aku sering pake cashless, karena ga ribet dan lebih aman dari bayar tunai.
    Btw, baso acinya itu bikin ngiler deh kakk... jadi pengen.

    ReplyDelete
  99. sekarang makin canggih aja ya.. bahkan ukm sudah tersentuh oleh teknologi yang dulu hanya familiar di restoran.

    ReplyDelete
  100. Ternyata warung kecil seperti ini sudah paham terkait kasir online Gobiz ini ya. Alat tersebut emang bikin sistem pembayaran makin gampang. Sistem pencatatan penjualan juga makin jelas. Praktis banget.

    ReplyDelete
  101. Mesin EDC dr Gojek ini emang multifungsi banget menurutku. Sangat membantu para pelaku usaha UMKM terutama bidang kuliner untuk mengembangkan bisnisnya. Apalagi mesin kasir online GoJek yg terbaru sdh terintegrasi dgn GoBiz.

    ReplyDelete
  102. Mesin kasir spots ini sangat membantu sekali untuk para UKM yang menjalankan bisnisnya ya jadi lebih cepat dan praktis dalam pembayaran

    ReplyDelete
  103. Waah sekarang mesin EDC GoBiz udah dengan mudah ditemui di pedagang kecil.
    Dengan aplikasi GoBiz transaksi lebih mudah dan bagi pelaku UMKM pun lebih dipermudah untuk mendata barang dagangannya

    ReplyDelete
  104. Memudahkan sekali juga buat konsumen yang lebih pengin pakai cashless, jDi nggak ribet juga cari kembalian. Kalau untuk penjual banyak juga keuntungannya, partner banget buat usaha jualan tentunya :)

    ReplyDelete
  105. Kalau bisa yang non tunai sebaiknya gunakan yang non tunai.. secara penggunaan uang tunai sat ini selain dikurangi..juga merupakan sarana penyebarsn virus itu.. tapi promo promo SPOT ini belum banyak ya kak...

    ReplyDelete
  106. Ah, tukang kue aja usah punya mesin EDC, masa restoran yang udah besar gak punya sih? Hehehehe. Ini memudahkan bgt untuk merecord pembukuan. Praktis

    ReplyDelete
  107. Membantu banget untuk laporan keuangan ini. Bayar membayar juga lebih mudah, pebisnis senang pelangganpun senang jadinya

    ReplyDelete
  108. Pakai aplikasi SPOTS ini memudahkan baik bagi pembeli maupun penjual. Apalagi penjual bisa mengetahui jumlah penjualan dan pembukuan sederhana.

    ReplyDelete
  109. SPOTS ini membantu banget buat UMKM kecil yaa.. jadi bisa tetap mengelola bisnis dengan profesional dan soal pembayaran juga jadi lebih mudah.

    ReplyDelete
  110. keren dan canggih ya mbak sekarang kedai kecil pun punya mesin kasir. Memang ya harus mengikuti perkembangan zaman sih. Suka banget kalau beli sesuatu ada mesin kasir gini enggak perlu bawa cash

    ReplyDelete
  111. Oh namanya spots ya.. aku sebelumnya ngga tau namanya, tapi mesin ini memang sangat membantu saat kita melalukan pembayaran di kasir ya.. mudah, cashless dan cepet pulak, ngga pakai lama dan kalo atree pun ngga berasa

    ReplyDelete
  112. Masya Allah makin mudah ya sekarangy, kios mungil dan sederhana pun bisa menggunakan mesin kasir EDC SPOTS.

    ReplyDelete
  113. Zaman now kita mau jajan di resto hingga kaki lima ga perlu bawa uang segambreng ya. Kan ada SPOTS 😍 Yang penting saldo tercukupi di kartu debit kita lalu tinggal bayar deh melalui mesin EDC.

    ReplyDelete
  114. keren yaaa, PKL pun udah pakai EDC ya, jadi makin mudah nih bagi yang pecinta kuliner dan cashless, pedagangnya juga jadi gak repot ya siapin kembalian segala, catatan penjualan mereka pun jadi lebih teratur ya.

    ReplyDelete
  115. beneer bangeet ya mba..makin banyak yang menggunakan mesin ini karena memang sangat membantu dan praktis banget.

    ReplyDelete
  116. SPOTS ini bentuknya mini dan simple ya. Praktis banget untuk digunakan sebagai mesin hitung di kasir.

    ReplyDelete
  117. Wah keren. Sudah saatnya ya mak pedagang kecil naik kelas dengan memanfaatkan teknologi keuangan seperti ini. Semoga kemudahan aplikasi ini mampu meningkatkan pendapatan penjual kecil!

    ReplyDelete
  118. Ampun liat makanannya mendadak jadi laper, pas bgt di luar lagi hujan. Hahaha
    btw, sekarang memang jadi serba mudah ya sejak ada kasir online ini. Makin gampang, yg punya bisnis jadi gak ribet lg.

    ReplyDelete
  119. Makin asik kalo pakai mesin GoBiz ini ya
    Kulineran makin gampil karena cashless aja

    ReplyDelete
  120. Banyak ya kelebihan mesin EDC ini. Bentuknya mungil, mudah ditaruh dan dipindahkan. Dalam kios yang relatif kecil tidak akan menyita banyak tempat. Tapi kemampuannya ya, berbanding terbalik dengan bentuknya

    ReplyDelete
  121. Keren yaah sekarang UMKM, jadi gak takut lagi gak punya duit recehan kalau belinya cuma seporsi hehehe. Duh ngiler nih lihat foto-fotonya

    ReplyDelete
  122. Jadi kangen jajan di luar nih Teh, sementara ini camilan bikin sendiri di rumah selama masa pandemi. Nanti kalau udah normal, ingin jajan lagi dan bantu pedagang, apalagi ada aplikasi SPOT seperti ini

    ReplyDelete
  123. Di beberapa tempat seperti salon, kafe dan resto di Yogya sudah ada yang pakai EDC ini, jadi nggak perlu bingung lagi kalau mau bayar pakai kartu debit, karena semua bank diterima dengan mesin EDC ini.
    Nggak perlu bawa uang tunai banyak juga.

    ReplyDelete
  124. Dengan adanya mesin kasir SPOTS, memudahkan penjual makanan UMKM untuk membuat laporan keuangannya. Selain itu juga bisa membantu untuk mengurangi pemakaian uang tunai. Karena bisa pakai debit card dan e-money.

    ReplyDelete
  125. Iya lho mba memudahkan sekali bertransaksi jajan di mana pun dengan mesin edc ini

    ReplyDelete
  126. Para pedagang kecil juga bisa pakai EDC ya. Lebih mudah lagi transaksi pembayarannya. Sudah bisa terima pembayaran pakai QRIS. Masalah pengelolaan data penjualan dan pemesanan jadi lebih memudahkan para penjual juga ya. Urusan catatan penjualan terkadang tidak tercatat soalnya.

    ReplyDelete
  127. haduuuh...salfoook sayaaah. Soalnya baca ini pas lapeerrr...alhasill makin laperr hehehe. Soal spotnya, keren ya inovasi anak bangsa ini. Memudahkan sesuatu yang semula terlihat mahal.

    ReplyDelete
  128. wohooo.... memang seharusnya begitu ya mba. senang deh baca ini, bahwa makin banyak yang bertransformasi. termasuk dalam bisnis. Apalagi sekarang musim wabah, kita pun harus berubah, minimalisir cash... Suka sama UMKM yang mau berubah..

    ReplyDelete
  129. Enak ini ya. Lagi pengen jajan pinggir jalan ga bawa cash bisa pakai spots. Aku ada di sekolah wrung kecil bakso gitu dah pake spots praktisss

    ReplyDelete
  130. Suka banget aku kalau jajan atau nongkrong di cafe yang pembayarannya udah pakai SPOTS. Sebagai generasi cashless jadi lebih praktis buat bayar-bayarnya. Nggak perlu ribet sama uang kembalian.

    ReplyDelete
  131. Jajan sekarang makin memudahkan ya mba, bisa cashless juga. Aalagi ada mesin EDC ini.

    ReplyDelete
  132. Penjual makin mudah dan pembeli pun makin nyaman yah untuk jajan mbak. Saya memang belum cobain transaksi dengan SPOTS ini tapi nanti setelah corona berakhir mulai coba deh saat jajan di luar pakai ini.

    ReplyDelete
  133. EDC GoBiz menjadi sebuah solusi untuk transkasi jaman now, Memudahkan bagi 2 belah pihak,
    Jajan? GoBiz aja hehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^