Investasi untuk Mempersiapkan Dana Pendidikan



Berapa biaya pendidikan anak kita beberapa tahun mendatang? Tentu saja tidak akan sama dengan biaya saat ini. Kemungkinan biayanya akan lebih besar. Mungkin saja berlipat-lipat jumlahnya. Bagaimana bunda mempersiapkan dana pendidikan untuk si kecil? Banyak alternatif yang dapat kita lakukan untuk mempersiapkan dana tersebut. Yang paling sederhana dan praktis adalah dengan membuka rekening tabungan di bank.
 Keuntungannya kita tidak terikat oleh waktu. Kapan saja kita dapat mengambil dana kita di bank. Untuk keperluan membayar SPP, uang buku, atau untuk les. Alangkah baiknya jika rekening untuk biaya pendidikan anak tersebut dipisahkan dengan rekening yang lain. Namun adakalanya kita kurang begitu ketat dengan pelaksanaannya.
Karena tidak adanya unsur paksaan, terkadang kita tidak disiplin menabung. Seperti kita ketahui pula, bunga yang berlaku di bank tidak begitu besar sehingga dikhawatirkan tidak mencukupi kebutuhan kita di masa yang akan datang.
Investasi dengan emas, juga dapat dilakukan oleh bunda. Dengan berinvestasi emas, kita dapat menjualnya disaat harga emas naik. Sesuaikan kemampuan kita di dalam menginvestasikan emas. Tidak perlu langsung membeli dalam jumlah yang banyak, bunda dapat membelinya sedikit demi sedikit. Keuntungan berinvestasi dengan emas adalah kemudahan di dalam menjualnya. Dan jika ada keperluan yang sangat penting, kita yang merasa sayang untuk menjualnya dapat membawa emas kita ke pegadaian. Di sana, kita bisa meminjam sejumlah uang yang diinginkan dan mengembalikannya dalam jangka waktu yang telah ditetapkan. Dalam hal ini, uang yang kita perlukan tersedia tanpa harus kehilangan emas.
Bagaimana dengan investasi tanah atau rumah? Tentu saja ini bisa dijadikan alternatif. Harga tanah dan rumah yang akan terus merangkak naik di masa datang, bisa membuat  orang tua tenang dalam memenuhi kebutuhan dana pendidikan anaknya. Perlu diingat bunda, rumah yang kita buat untuk investasi perlu perawatan. Dan ini memerlukan biaya tambahan yang harus diperhitungkan. Kita juga harus memikirkan, untuk memenuhi kebutuhan yang mendadak, tanah dan rumah tidak bisa dijual dalam waktu singkat.
Memiliki asuransi pendidikan bisa dijadikan alternatif untuk mempersiapkan pendidikan anak di masa yang akan datang. Pembayaran preminya sudah diatur. Jumlah dan waktunya dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan bunda. Besarnya premi yang dibayarkan bergantung pada usia anak ketika pertama kali mengikuti asuransi. Pihak asuransi akan memberikan uang pendidikan, ketika anak hendak memasuki jenjang pendidikan lebih tinggi. Keuntungan dari sistim asuransi adalah, masa depan anak tetap terjamin walaupun orang tuanya sebagai pembayar premi telah meninggal dunia.
Apapun pilihan investasinya, kita perlu mempertimbangkan keperluan dan kemampuan keuangan kita masing-masing. Disamping melihat keuntungan dan kerugian di dalam berinvestasi. Semua harus terencana dengan baik. Bunda bisa menyerahkan perhitungannya kepada perencana keuangan, Rina Dewi Lina seorang Chief Operating Officer (COO) di PT. Fokus Finansial atau menghubungi beliau di Rina.Dewi.Lina@rinadl.com . Di tangan orang yang lebih ahli, tentu saja dapat membuat kita  lebih tenang mempersiapkan dana pendidikan buah hati. Semoga bermanfaat.

2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}